Akira Toriyama Meninggal Dunia di Usia 68 Tahun

Akira Toriyama Meninggal

Mangaka, produser, pencipta Dragon Ball, dan guru bagi seluruh komikus Jepang, Akira Toriyama meninggal dunia di usia 68 tahun. Dirinya dikenal sebagai orang yang tertutup. Sehingga, kabar kematiannya sungguh mengagetkan banyak pihak.

Ia tak pernah muncul ke media. Dan bahkan, ketika kamu mencarinya di seluruh mesin pencari yang ada di dunia, tak banyak fotonya semasa hidup. Akira betul-betul menutup akses kehidupan pribadinya ke seluruh dunia, mirip pencipta anime dan seri manga One Piece, Eiichiro Oda.

Artikel ini dipersembahkan secara khusus untuk Akira Toriyama, sebagai penghormatan terakhir untuknya.

Penulis akan membahas kisah hidup Akira Toriyama, fakta-fakta yang mungkin tak pernah kamu tahu, serta berbagai macam hal menarik lainnya. Simak sampai selesai, untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Baca juga: 5 Karakter Dragon Ball Paling Ikonik Selain Goku dan Gohan!

Profil Akira Toriyama

Akira Toriyama
Akira Toriyama. (Source: Epicland/Google)

Akira Toriyama, pria kelahiran 5 April 1955 di Nagoya, telah mendunia, lewat karya yang dibuatnya, Dragon Ball.

Karirnya dimulai dengan membuat manga Dragon Ball, yang membuat namanya melambung tinggi untuk pertama kali. Tak hanya itu, dirinya memberikan banyak pengaruh untuk komikus Jepang lain. Sehingga, banyak yang menganggapnya sebagai guru.

Ia tak pernah menyukai sesi wawancara. Pribadinya dikenal sebagai seseorang yang pemalu, sehingga tak pernah mengekspos kehidupan pribadinya di manapun.

Diketahui, Akira juga menikah pada tahun 1982 silam dengan seorang mangaka atau pembuat manga Shouju, asal Jepang, Nachi Mikami. Pernikahan tersebut dikaruniai satu orang anak laki-laki dan satu orang anak perempuan.

Dikutip dari dari detikpop, Akira Toriyama mengaku bahwa dirinya menyukai berbagai macam film garapan disney. Sedikit banyak, film-film tersebut juga membawa pengaruh kepada karyanya.

Namun, di antara itu semua, Akira sangat menyukai genre film sci-fi dan juga seri film laga Bruce Lee, serta Jackie Chan yang sangat terkenal pada zamannya.

Kabar Akira Toriyama Meninggal Dunia

Akira Toriyama - Akira Toriyama Meninggal
Akira Toriyama. (Source: Epicland/Google)

Jumat (8/3), Akira Toriyama menghembuskan nafas terakhirnya di usia 68 tahun. Informasi pertama diumumkan lewat akun X Bird Studios, manajemen yang menaungi Akira semasa hidup.

“Teman-teman, kami sedang ada di posisi sedih, kami terpukul atas informasi kepergian kreator manga Akira Toriyama yang meninggal pada 1 maret, karena hematoma subdural akut yang ia derita. Akira meninggal pada usia 68 tahun,” ujar pihak Bird Studios dalam postingan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, hematoma subdural merupakan penyakit yang menyerang selaput otak, akibat penumpukan darah. Hal ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di selaput tersebut.

“Duka terdalam kami rasakan, karena dirinya masih memiliki sejumlah karya yang masih dalam tahap pengembangan. Ia mengerjakan dengan penuh semangat sampai akhir hayatnya, karena semangat hidupnya yang tinggi, dan impiannya yang ingin dicapai,” Tambah Bird Studios.

Pihak Bird Studios juga mengumumkan kepada seluruh penggemar dan penikmat karya Akira, untuk tidak mengirimkan karangan bunga, hadiah ataupun kunjungan, demi menghargai keinginan terakhirnya.

“Mengikuti keinginan Akira, dengan penuh rasa hormat, kami menyampaikan bahwa, kami (pihak Bird Studios) tak akan menerima berbagai macam bentuk hadiah belasungkawa dalam bentuk apapun. Terima kasih atas pengertiannya,” pungkas pihak Bird Studios.

Karya Semasa Hidup

Dragon Ball - Akira Toriyama Men
Dragon Ball. (Source: Dragon Ball Official Site/Google)

Akira memulai karirnya dari sebuah manga dengan judul Wonder Island, melalui kontes amatir komikus Jepang, Weekly Shonen Magazine dan Weekly Shonen Jump.

Batu lompatan karir Akira dimiulai dari rilisnya manga Dr.Slump, yang terbit sebanyak 236 bab pada periode tahun 1980 sampai 1984.

Seperti yang kita sama-sama tahu, Dragon Ball adalah karya pamungkasnya. Dragon Ball juga sukses menjadi ikon kenangan untuk generasi 80 dan 90an. Tercatat, setelah 11 tahun rilis, Dragon Ball sukses menjual 159, 9 juta kopi di Jepang.

Itulah tadi beberapa fakta dan kisah hidup Akira Toriyama.

Baca juga: 5 Fakta Unik Planet Namek Dragon Ball, Cek Yuk!

Sambut ramadhan dengan top up game kesayangan kamu hanya di VCGamers Marketplace. Dapatkan berbagai promo menarik di setiap transaksinya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!