10 Game Jadul PC Penuh Kenangan, Seru!

Game jadul PC - Counter Strike

Semakin zaman berkembang, game PC saat ini sudah memiliki banyak peningkatan. Mulai dari grafis mulus sampai masuk dalam dunia game lewat teknologi VR, serba lengkap! kira-kira, game jadul PC dulu seperti apa ya?

Kualitas visual dan audio boleh kalah jauh dengan game PC baru-baru ini. Tapi zaman dulu, game-game sudah terasa asik banget untuk dimainkan. Intip daftar 10 game jadul PC yang penuh kenangan dalam artikel dibawah ini.

Baca jug: Rekomendasi Game Open World PC Multiplayer Paling Seru 2023

Feeding Frenzy

Game jadul PC
Feeding Frenzy level Shark Reef. Source: ToughGamingGuy/Youtube

Feeding Frenzy adalah game arcade single player yang dirilis oleh PopCap Games pada tahun 2004. Ada 5 stage permainan yang harus kamu lewati untuk menamatkan game yaitu Angel Reef, Lion Pass, Angler Cave, Dory Isle, dan Shark Reef.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai seekor ikan yang harus bertahan hidup dengan memakan ikan yang lebih kecil lainnya. Semakin banyak kamu makan ikan, maka levelmu akan meningkat dan bisa memakan ikan yang lebih besar.

Kamu harus melewati berbagai rintangan seperti ranjau laut, menghindari lumba-lumba dan ubur-ubur, serta ikan lain yang lebih besar sebelum kamu naik level.

Zuma Deluxe

Game jadul PC - Zuma Deluxe
Zuma Deluxe. Source: ToughGamingGuy/Youtube

Game jadul PC selanjutnya adalah Zuma Deluxe. Untuk memenangkan setiap levelnya, kamu harus menembakkan bola warna-warni kearah rangkaian bola yang sedang menuju tengkorak dengan mengklik layar.

Warna bola yang kamu tembakkan harus berwarna sama dengan target, jika tidak menemukan warna yang sama dalam jangkauan terdekat kamu bisa mengganti bola di mulut kodok dengan mengklik kanan mouse.

Permainan ini cukup menantang karna berkaitan dengan kecepatan dan kejelian dari pemain untuk menemukan bola berwarna senada dan memutus rantai berjalannya bola.

Farm Mania

Game jadul PC - Farm Mania
Gameplay Farm Mania. Source: sipason/Youtube

Jika saat ini orang-orang lebih familiar dengan Hay Day, dulu ada game jadul bernama Farm Mania yang tidak kalah seru!

Game ini bercerita tentang seorang perempuan muda yang mengurus lahan pertanian bersama kakeknya.

Kamu bisa menanam berbagai sayuran, memelihara hewan, mengawasi lebah hingga memanggang kue yang enak.

Kamu bisa menjual hasil dari peternakanmu untuk membuka level baru dengan variasi tanaman dan hewan yang lebih banyak.

World of Warcraft

Game jadul World of Warcraft
Gameplay World of Warcraft. Source: Let’s Play Games of History/Youtube

World of Warcraft merupakan game MMORPG yang dirilis Blizzard Entertainment pada 2024.

Di dalam game ini, kamu akan menjelajahi sebuah dunia fantasi bernama Azeroth.

Kemudian, nantinya kamu bakal berhadapan dengan berbagai monster, menyelesaikan quest dan berinteraksi dengan NPC dan pemain lainnya.

Untuk meningkatkan level, kamu bisa mengumpulkan exp point atau membeli item dan equipment yang lebih kuat.

Stronghold Crusader

Stronghold Crusader
Suasana perang dalam Stronghold Crusader. Source: Kryschnack Longplay/Youtube

Untuk kamu para penggemar game strategi perang, Stronghold Crusader wajib ada dalam list game PC jadul yang harus dicoba. Berbeda dengan sebelumnya, game yang dirilis tahun 2002 ini sekarang berlatar di Timur Tengah.

Karena lahan pertanian hanya bisa dibangun diatas rumput, kamu harus berebut dengan musuh untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas.

Game ini memiliki 50 level dimana kamu harus mengalahkan satu hingga beberapa kerajaan di setiap levelnya.

Counter Strike

Game PC jadul - Counter Strike
Misi menggagalkan bom. Source: HeadShotMagnetMatt/Youtube

Counter Strike adalah salah satu game jadul PC yang paling populer dimasanya. Kamu bisa memilih bermain sebagai tim teroris atau anti teroris dalam game ini.

Kamu akan diberikan tantangan untuk mengeliminasi musuh atau mengerjakan berbagai misi objektif seperti mencegah bom dari tim teroris meledak, menyelamatkan sandera, membunuh VIP lawan sebelum mencapai spot tertentu dan lain sebagainya.

Sebelumnya permainan dimulai, kamu akan diberikan “Freeze Time” untuk bersiap dan memilih equipment karena kamu tidak bisa melakukannya nanti saat bergerak dan menyerang lawan.

Plant vs Zombie

Game Jadul Plants vs Zombie
Mode pertarungan malam di Plants vs Zombie. Source: Long n’ Play/Youtube

Pertempuran tumbuhan melawan berbagai jenis Zombie dengan kemampuan berbeda? terdengar aneh, tapi nyatanya game ini jadi sangat populer hingga saat ini.

Kamu akan melindungi rumah Dave dari serangan para Zombie dengan menanam berbagai tumbuhan di pekarangan rumah.

Setiap tumbuhan memiliki kemampuan berbeda yang bisa digunakan untuk mengcounter Zombie yang juga bervariatif.

Setelah menyelesaikan mode Adventure, game ini akan memberikan 3 mode game tambahan yaitu Puzzle, Survival, dan Mini Games.

Baca juga: 5 Game PC Ringan Terbaik untuk RAM 2 GB

Hamster Ball

Hamsterball
Gameplay Hamsterball. Source: xTimelessGaming/Youtube

Kunci utama memenangkan game ini adalah untuk menyelesaikan 15 balapan dalam waktu yang sesingkat mungkin sambil menghindari rintangan-rintangan yang menghadang.

Pada game yang dirilis tahun 2004 ini, kamu akan bermain sebagai seekor hamster dalam bola plastik bening. Kamu harus berhati-hati agar tidak jatuh apalagi sampai terguling jauh dari lintasan.

Insaniquarium

Insaniquarium
Alien di game Insaniquarium. Source: ToughGamingGuy/Youtube

Mirip seperti Feeding Frenzy, game yang satu ini juga berkaitan dengan ikan dan mahluk laut lainnya. Bedanya, kamu tidak akan memakan ikan-ikan tersebut melainkan memelihara mereka dalam akuarium.

Yang membuat game ini semakin seru, beberapa alien akan muncul dalam akuarium dan berusaha mengincar ikanmu. Disinilah kamu harus melindungi mereka agar tidak mati terkena serangan alien tadi.

Farm Frenzy

Farm Frenzy
Menangkap beruang di Farm Frenzy. Source: Berry Games/Youtube

Game jadul PC terakhir dalam daftar ini adalah Farm Frenzy. Kembali ke genre pertanian, Farm Frenzy memiliki tampilan yang lebih sederhana dari Farm Mania.

Kamu bisa memelihara berbagai hewan seperti bebek dan kucing, menjual hasil peternakanmu, hingga menangkap beruang yang masuk ke peternakan dan menjualnya dengan harga mahal.

Baca juga: Rekomendasi Games PS5 Terbaik 2023, Yuk Mainkan!

Nah itulah daftar 10 game jadul PC yang penuh kenangan. Game-game tersebut masih bisa kamu unduh di internet dari berbagai situs seperti GameHouse. Dari 10 game diatas, mana yang sudah pernah kamu mainkan?


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!