10 Game Flash Klasik Terbaik yang Pernah Dibuat 

Terdapat 10 game Flash yang saat ini masih bisa dimainkan menggunakan emulator di ponsel maupun menggunakan komputer
Adobe Flash Player
Adobe Flash Player. Sumber: YouTube Joeseppi

Game Flash adalah permainan yang dibuat menggunakan Adobe Flash Player. Game ini sempat viral pada era tahun 1990-an hingga pertengahan tahun 2010-an. 

Selain menawarkan jenis game yang beragam dan gameplay yang menarik. Flash Game yang bisa dimainkan menggunakan browser menjadi daya tarik tersendiri. 

Gamenya sederhana, tentu tidak sebanding jika membandingkannya dengan God of War Ragnarok. Tapi 10 Game Flash yang akan kami ulas ini akan membawa memori nostalgia kamu kembali ke masa-masa indah saat internet masih menggunakan modem. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: 5 Daftar Game Bola Offline untuk Mobile Terbaik 2024!

Who Wants to Be Millionaire Indonesia

Who Wants to Be Millionaire Indo
Who Wants to Be Millionaire Indonesia. Sumber: YouTube

Game ini merupakan bentuk adaptasi dari acara TV yang populer pada tahun 2000-an. Sama seperti acara TVnya game ini mengharuskan pemain untuk menebak pertanyaan. 

Semakin banyak jawaban benar maka hadiah yang diperoleh pemain semakin banyak. Pemain juga bisa menggunakan fitur bantuan seperti jawaban 50:50, telepon, dan menggunakan jajak pendapat. 

Meskipun hadiah dari game ini tidak bisa dicairkan, berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di game menjadi daya tarik sendiri. 

Cat vs Dog

Cat vs Dog
Cat vs Dog. Sumber: YouTube G-For”Games”

Game adu lempar antara seekor kucing jalanan melawan anjing rumahan ini sangat menarik pada masanya. Pemain bisa bermain sendiri melawan AI atau multiplayer melawan teman sendiri. 

Gameplay Cat vs Dog mengharuskan para pemain saling melempar satu sama lain. Pemain harus menyesuaikan kekuatan dan kecepatan angin untuk menghasilkan lemparan yang tepat sasaran. 

Super Smash Flash

Super Smash Flash 
Super Smash Flash. Sumber: YouTube

 Super Smash Flash (SSF) adalah game pertarungan platform 2D yang terinspirasi dari game Super Smash Bros. Game ini dikembangkan oleh McLeodGaming dan dirilis pada tahun 2006. 

Game ini dirilis kembali pada tahun 2007 dan tahun 2023 kemarin baru saja mendapat update besar. Mirip game yang ada di Nintendo, Super Smash Flash merupakan game pertarungan platform dengan elemen aksi dan party  game.

SSF menawarkan banyak metode permainan mulai dari single player hingga multiplayer. Saat memilih mode single player pemain akan berhadapan dengan karakter yang dikendalikan komputer. Sedangkan mode multiplayer memungkinkan pemain bertarung secara online. 

Super Smash Flash menawarkan gameplay yang cepat dan intens dengan karakter ikonik khas Nintendo. Meskipun sederhana game ini tak kalah seru dengan Super Smash Bros. 

Max Dirt Bike 

Max Dirt Bike
Max Dirt Bike. Sumber: YouTube

Game ini cukup memacu adrenalin, pemain akan diajak untuk mengendalikan seorang pengendara motor trail. Tujuan utama game ini adalah mencapai garis finish secepat mungkin tanpa terjatuh. 

Max Dirt Bike dirilis pada tahun 2008 oleh Addicting Games. Sebuah perusahaan pengembang yang terkenal dengan karya game Flash legendaris.

Meskipun tujuan utama adalah mencapai garis finish, pemain tidak bisa asal pencet untuk memacu kendaraan bergerak cepat. Pemain haru bergerak cepat namun tetap menjaga keeseimbangan agar tidak terjatuh. 

Medan yang dihadapi pada setiap level permainan juga berbeda-beda. Pemain bisa melakukan wheelies dan backflips untuk melalui rintangan-rintangan tersebut. 

Seiring bertambahnya level permainan akan semakin sulit. Hal itu yang membuat game sederhana ini tetap menarik untuk dimainkan. 

Baca juga: Kumpulan Game Terbaru yang Rilis Bulan Juni 2024 

FarmVille

FarmVille
FarmVille. Sumber: India TV News

FarmVIlle adalah game simulasi pertanian yang dirilis tahun 2009 oleh Zynga, perusahaan game yang berbasis di San Fransisco. Game ini pertama kali muncul di Facebook dan berhasil meraih popularitas. 

Pemain akan berperan sebagai seorang petani yang mengolah lahan pertanian. Gameplay FarmVille berpusat pada kegiatan pertanian yang dilakukan oleh karakter. 

Kamu akan diajak untuk bertanam, merawat hingga memanen buah, sayuran, hingga bunga. Game ini tersedia di Facebook sejak Juni 2009, iOS sejak Juni 2010, dan Android sejak Mei 2011. 

Mekanisme permainan yang ditawarkan game ini sangat sederhana. Berkat hal tersebut FarmVille sangat ramah untuk dinikmati oleh pemain dari berbagai kalangan usia. 

Ninja Saga

Flash Game Ninja Saga
Ninja Saga. Sumber: YouTube

Ninja Saga adalah game RPG berbasis giliran yang dikembangkan oleh Emagist Entertainment Limited yang berpusat di Hong Kong. Game ini pertama kali dirilis pada 21 Juli 2009 untuk platform Facebook. 

Gameplay Ninja Saga berpusat pada seorang ninja yang sedang menjalankan berbagai misi. Adapun misi yang akan dilalui oleh para ninja tersebut berupa pertempuran, pengumpulan item, atau penyelesaian tugas tertentu. 

Terdapat konten Ninjutsu yang terdiri dari elemen api, air, petir, dan tanah yang bisa dikuasai oleh ninja. Selain itu para ninja juga dilengkapi dengan berbagai senjata dan peralatan tempur seperti di dunia Naruto. 

Baca juga: Rekomendasi Pilihan 10 Poki Games Terbaik 2024

Happy Wheels

Happy Wheels
Happy Wheels. Sumber: YouTube/D4VE

Happy Wheels merupakan game Flash yang yang dikembangkan oleh Jim Bonacci dan populer pada tahun 2010. Sekarang game ini masih bisa dimainkan menggunakan browser modern dan versi mobile menggunakan ponsel android. 

Happy Wheels adalah game yang berbasis fisika ragdoll yang memungkinkan pemain untuk mengendalikan karakter yang mengendarai kendaraan unik. 

Kendaraan tersebut bisa jadi kursi roda, sepeda satu roda, atau gerobak belanja di supermarket. Tujuan utama game ini adalah mencapai garis finish. 

Namun, perjalanan untuk mencapai garis finish tidak semudah yang dibayangkan. Pemain Akan melalui berbagai rintangan yang mematikan, jebakan berbahaya, dan masih banyak elemen lainnya. 

Sulit untuk mendefinisikan genre game ini, bisa dibilang Happy Wheels adalah game dengan genre dark jokes. 

Bloons Tower Defense 

Bloons Tower Defense 
Bloons Tower Defense. Sumber: YouTube/No Commentary Gameplays

Bloons Tower Defens merupakan gam bergenre strategi  yang dikembagkan ole Ninja Kiwi pada tahun 2007. 

Tujuan utama dalam game ini adalah mencegah balon-balon mencapai akhir jalur. Untuk mencegahnya pemain harus membangun berbagai menara monyet di sepanjang lintasan. 

Setiap menara yang dibangun mempunyai berbagai jenis senjata yang berbeda-beda. Mulai dari panah, bumerang, hingga bom. Pemain harus meletakan jenis-jenis menara tersebut dengan tepat untuk menghadapi gelombang balon yang cenderung semakin sulit. 

Pico School

game flash Pico School
Pico School. Sumber: YouTube

Pico School adalah sebuah game yang rilis pada tahun 1999 di situs Newgrounds dan dirilis ulang pada tahun 2006 dengan kualitas yang lebih baik. Game ini populer pada masanya karena terinspirasi dari peristiwa tragis di Columbine. 

Game bergenre point-and-click adventure dengan elemen shooter ini sangat menarik untuk dicoba. Nantinya kamu akan berperan sebagai Pico seorang murid yang melawan sekelompok murid yang melakukan penembakan di sekolah. 

Pemain akan diajak untuk menjelajahi seisi sekolah untuk mengumpulkan senjata dan amunisi dan melawan musuh-musuh dalam pertempuran. 

Kamu yang tumbuh di era game Flash akan sangat menikmati permainan ini. Gameplay Pico’s School memang sederhana tetapi adiktif dan grafis pixel art yang unik menjadikannya game yang tak terlupakan. 

QWOP 

Game Flash QWOP
QWOP. Sumber: YouTube TheStaticProductions

Seperti judulnya saat bermain game ini kamu harus mengendalikan karakter menggunakan tombol Q, W, O, dan P. Tombol tersebut berguna untuk mengontrol paha dan betis atlet untuk menghasilkan gerakan lari yang stabil.

Game ini dirilis tahun 2008 oleh Bernett Foffy seorang pengembang game indie. QWOP termasuk game bergenre olahraga yang mempunyai genre lumayan realistis pada zamannya. 

Tujuan utama game ini adalah membawa seorang atlet lari berlari sejauh mungkin tanpa terjatuh. Terkesan sepele tapi mengendalikan karakter agar tidak terjatuh sangat sulit. 

Pemain harus bisa memencet tombol O dan untuk menggerakan betis kemudian menekan tombol Q dan W untuk menggerakan paha atlet. Tapi memainkannya tidak semudah yang dibayangkan, satu kesalahan dapat menyebabkan atlet tersungkur. 

Baca juga: Video Game Paling Populer di Tahun 2010-an

Top Up game favoritmu dan beli produk digital lainnya dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!