10 Cara Melindungi Privasi saat Bermain Game Online

Game Online

Hacker dan perusahaan terus berusaha mengakses informasi pribadi pemain untuk keuntungan mereka seiring dengan meningkatnya popularitas game online. Jangan berasumsi bahwa keamanan game terjamin dan di luar kendali. Pada tahun 2021, EA menjadi korban peretasan. Tidak ada game yang kebal dari hal ini. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, gamer dapat menikmati semua keuntungan dari petualangan virtual tanpa khawatir akan pelanggaran privasi.

Baca juga: Cara Menjadi Streamer Populer di Game World of Warcraft

Perhatikan Kata Sandi

Untuk melindungi diri dari ancaman, disarankan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda dan diacak, dengan minimal 16 karakter, untuk setiap akun game. Mengingat semua kata sandi unik merupakan tantangan yang hampir tidak dapat diatasi. Oleh karena itu, kami merekomendasikan penggunaan pengelola kata sandi untuk menangani tugas mengingat kata sandi. Pengelola kata sandi menggunakan brankas terenkripsi untuk membuat dan menyimpan kata sandi dengan aman, yang semuanya dilindungi oleh kata sandi utama yang dipilih oleh pengguna – satu-satunya kata sandi yang perlu kamu ingat.

Baca juga: Warzone 2: Gameplay, Fitur dan Cara Download

Gunakan VPN

Untuk membuat koneksi yang aman dan privat ke internet, kamu dapat mengunduh VPN. Koneksi terenkripsi ini memperlakukan akses internet seolah-olah berada di jaringan area lokal, melindungi data dari pengintai. Lalu lintas jaringan kamu juga tampak seolah-olah berasal dari alamat IP server VPN game, padahal bukan dari alamat IP sendiri. Namun, sangat penting untuk memilih penyedia VPN yang memiliki reputasi baik dan menghindari penggunaan VPN perusahaan atau layanan lainnya yang dapat membahayakan privasi. Untuk bermain game yang aman dan menjaga privasi online, para ahli sering kali merekomendasikan penggunaan VeePN. VPN ini memiliki teknologi keamanan yang tangguh, server berkecepatan tinggi, dan harga yang terjangkau.

Pilih Nama Pengguna Secara Acak

PII mencakup informasi pribadi seperti hari ulang tahun, nama (termasuk nama tengah), usia, dan lainnya. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, setiap potongan informasi yang sangat kecil dapat dieksploitasi oleh para pelaku ancaman untuk menargetkan kamu secara online. Pilihlah nama pengguna yang memastikan anonimitas sepenuhnya, mencegah pemain game online menautkan akunmu ke jejak digital yang terhubung dengan nama kamu yang sebenarnya.

Blokir Pengumpulan Data

Tahukah kamu bahwa saat bermain video game favorit untuk bersantai, beberapa di antaranya diam-diam menginstal layanan tersembunyi di latar belakang, mengumpulkan data tentang kamu. Kendalikan dan blokir program-program invasif ini agar tidak menguras informasi pribadi dengan menyesuaikan file host Windows kamu. Cukup tambahkan alamat IP (0.0.0.0) dan nama host yang terkait dengan layanan tersebut, lalu lihat bagaimana mereka dialihkan dari server jarak jauh yang merepotkan!

Pilihan lainnya adalah memasang VPN, mengelabui sistem dan mencegah game mengumpulkan data pengguna yang sebenarnya. Dengan cara yang sama, untuk proteksi data selama bermain game seluler, kamu bisa menggunakan VPN iOS; memasangnya bahkan lebih mudah. Ulasan merupakan sumber yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang menyambung ke VPN dan perannya dalam kehidupan seorang gamer – sumber utama yang terus diperbarui untuk informasi yang benar.

Mengaktifkan Autentikasi Multi-Faktor

MFA meningkatkan keamanan akun kamu dengan mengharuskan peretas memiliki sesuatu yang kamu miliki (seperti token hardware atau ponsel) atau sesuatu yang kamu miliki (seperti sidik jari), selain sesuatu yang kamu ketahui (seperti kata sandi) untuk mengakses detail akun kamu.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara

Jangan Membagikan PII

Terkadang, pemain game online menjadi teman atau terlibat dalam percakapan saat bekerja sama untuk mencapai tujuan game. Namun, penting untuk diingat bahwa menaklukkan benteng digital dengan seseorang tidak secara otomatis berarti mereka dapat dipercaya dengan informasi pribadi.

Dianjurkan untuk tidak membagikan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi (PII), seperti lokasi, meskipun respons kamu tidak jelas. Jika perlu, menggunakan strategi memberikan informasi palsu saat dihadapkan pada pertanyaan semacam itu bisa menjadi taktik yang efektif untuk menggagalkan pelaku ancaman yang berusaha mengumpulkan detail tentang identitas dan keberadaanmu.

Baca Kebijakan Privasi

Kapanpun kamu mengunjungi situs game asli atau menggunakan layanan MMO, pastikan mereka memiliki kebijakan privasi yang tersedia yang menguraikan data yang dikumpulkan, penggunaannya, dan langkah-langkah keamanan yang diterapkan. Disarankan untuk memilih perusahaan yang tidak mengumpulkan data pribadi atau memberi kamu kemampuan untuk menolak. Jika kamu memiliki beberapa pilihan untuk ISP di daerahmu, pertimbangkan untuk memilih salah satu yang memberikan perlindungan privasi maksimum.

Hindari Menggunakan Aplikasi Cheat

Sebagian besar dari kita ingin menang saat bermain game, tetapi harus berhati-hati dalam hal menggunakan cheat. Mengunduh aplikasi tertentu yang memberikan kemampuan super kepada karaktermu dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat luas dan berbahaya, tidak hanya berdampak pada pengalaman bermain game para pemain lain, tetapi juga membahayakan keamananmu. Aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan peluang bagi peretas untuk mencuri informasi pribadi atau mengeksploitasi komputermu untuk menambang mata uang kripto tanpa izin. Selain itu, mereka mungkin memeras uang tebusan darimu, yang menyebabkan kamu terisolasi sepenuhnya dari permainan. Jadi, sebelum memilih jalan pintas dengan mengunduh cheat, evaluasi apakah layak mempertaruhkan segalanya hanya untuk memenangkan satu pertempuran.

Memutuskan Tautan Akun Media Sosial

Perusahaan game, termasuk yang disebutkan sebelumnya, secara aktif melacak semua komunikasi dalam game dan kadang-kadang memperluas pemantauan mereka ke postingan media sosial. Misalnya, Riot Games mengumpulkan data sosial dari pengguna yang menautkan akun Facebook mereka ke akun Riot Games, sebagaimana dikonfirmasi oleh kebijakan privasi mereka.

Belajar Mengenali Penipuan Umum

Serangan phishing, spoofing, dan malware yang umum sering kali menargetkan komunitas game online. Tetap terinformasi tentang kemunculannya dengan mengikuti sumber-sumber terpercaya seperti perusahaan game terpercaya atau situs web berita game. Dengan mengetahui penipuan terbaru dapat membantu kamu menghindari menjadi korban.

Baca juga: Cara Melihat Password Email dengan Mudah

Semakin sedikit informasi yang diketahui oleh game dan pengembangnya tentang kamu, semakin kecil kemungkinan konsekuensi negatif bagi kamu jika terjadi peretasan. Dalam 90% kasus, pelakunya adalah pemain itu sendiri. menggunakan kata sandi standar atau kata sandi yang sama di mana-mana. Namun, jika itu terjadi ketika game itu sendiri diretas, maka tindakan untuk melindungi dari pengungkapan informasi pribadi yang kamu lakukan sebelumnya akan sangat berguna.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]