Cara Melihat Password Email dengan Mudah

Password email adalah salah satu hal yang paling penting untuk diingat. Tanpa password, kamu tidak bisa mengakses akun email sendiri. Namun, apa jadinya jika Vicigers tidak tahu cara melihat password email?

Password juga adalah kunci untuk mengakses berbagai akun penting. Jika kamu lupa password, kamu mungkin akan kesulitan untuk mengakses akun-akun tersebut

Apakah Vicigers pernah lupa password email? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk melihat password email sendiri.

Baca juga: Cara Menghapus Email di HP dengan Mudah dan Cepat

Cara Melihat Password Email

Kamu nggak perlu meminta bantuan orang lain untuk mengetahui password email sendiri. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Yuk, simak cara melihat password email sendiri berikut ini!

Melalui Browser

Email di HP
Email. Source: Youtube.

Cara ini bisa Vicigers lakukan jika kamu pernah menyimpan password email di browser. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser yang kamu gunakan.
  2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Pilih Settings.
  4. Klik Passwords.
  5. Cari akun email yang ingin kamu lihat password-nya.
  6. Klik ikon mata di sebelah password.
  7. Masukkan kunci layar, PIN, atau sidik jari kamu (jika diperlukan).
  8. Password email kamu akan terlihat.
  9. Selesai.
Baca juga: Simak! Cara Membuat Label Email di Gmail untuk lebih Efisien

Melalui Google Account

Password Manager. Source: YouTube, Cara Melihat Password Email
Password Manager. Source: YouTube.

Cara ini bisa Vicigers lakukan jika kamu sudah mengaktifkan Password Manager di Google Account. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Account.
  2. Klik Data & privasi.
  3. Klik Password Manager.
  4. Cari akun email yang ingin kamu lihat password-nya.
  5. Klik Show.
  6. Password email akan terlihat.
  7. Selesai.

Tips Menjaga Password Email

Cara Melihat Password Email
Email. Source: Youtube.

Email merupakan salah satu sarana komunikasi yang paling penting di era digital saat ini. Email digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan, sekolah, hingga urusan pribadi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keamanan password email agar tidak mudah diretas oleh orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga password email.

Buat Password yang Kuat dan Unik

Password yang kuat dan unik adalah kunci utama untuk menjaga keamanan email. Password yang kuat setidaknya harus terdiri dari 12 karakter, menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Hindari menggunakan password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama, atau nomor telepon.

Jangan Gunakan Password yang Sama untuk Semua Akun

Jika kamu menggunakan password yang sama untuk semua akun, maka jika satu akun diretas, maka akun lainnya juga akan rentan diretas. Oleh karena itu, buatlah password yang unik untuk setiap akun yang kamu miliki.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA)

2FA adalah fitur keamanan yang menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke akun kamu. Saat 2FA diaktifkan, Vicigers akan diminta untuk memasukkan kode OTP (one-time password) yang dikirim ke perangkat seluler kamu saat ingin masuk ke akun.

Baca juga: Cara Melacak HP Hilang dengan Email

Hindari Login di Perangkat Umum

Jika kamu harus login ke email di perangkat umum, seperti di warnet atau perpustakaan, pastikan kamu telah keluar dari akun setelah selesai menggunakan perangkat tersebut. Hal ini untuk mencegah orang lain menggunakan akun kamu tanpa izin.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat membantu menjaga keamanan email kamu dan mencegahnya dari peretasan.

Itulah dua cara untuk melihat password email sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Vicigers yang pernah lupa password email-mu.

Baca juga: Cara Menghapus Email di HP dengan Mudah dan Cepat

Buat kamu yang ingin berlangganan produk digital atau top up game murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!