Unreal Engine 5 Resmi Rilis, Dapat Diunduh Secara Gratis!

unreal engine 5 rilis

Unreal Engine 5 akhirnya telah dirilis secara oleh Epic Games pada tanggal 5 Maret 2022.

Setelah 8 tahun perilisan Unreal Engine 4, Epic Games membawa sistem engine terbaru dari perusahaan mereka ini ke tingkat yang lebih keren dan lebih berkualitas.

3D Engine yang sudah diuji coba pada game Fortnite dan Matrix ini diluncurkan secara open access, dan bisa diunduh secara cuma-cuma alias gratis.

Epic Games juga merilis Lyra Starter Game dan City Samples yang memudahkan para pengembang game untuk mendapatkan gambar penggunaan engine terbaru mereka ini. 

Sambutan yang sangat baik diberikan untuk Unreal Engine 5 mengingat banyak game baru seperti The Witcher dan Kingdom Hearts seri terbaru akan menggunakan engine ini.

Seperti apa perilisannya? Artikel ini akan membahas terkait perilisan mengenai Unreal Engine 5.

Perilisan Unreal Engine 5

unreal engine 5 lyra starter game dirilis bersamaan
Lyra Starter Game Diluncurkan Bersamaan Dengan Unreal Engine 5

Epic Games mencuri perhatian denganmengumumkan Unreal Engine 5 pada tahun 2020 dan mulai menawarkan teknologinya dalam bentuk demo pada awal tahun 2021. 

Sweeney, CEO Epic Games mengatakan bahwa Unreal Engine 5 dikembangkan dengan mempertimbangkan kompatibilitas ke depan. Hal ini berarti pengembang akan dapat membangun game mereka di Unreal 4 dan memindahkannya ke engine terbaru nanti.

Seperti yang dilakukan Kingdom Hearts 4  yang menggunakan UE4 di teaser dan game akan menggunakan UE5.

Epic mengumumkan peluncuran Unreal Engine 5 dengan streaming langsung Twitch dan Youtube dengan jargon State of Unreal. Bagi kamu yang belum sempat menonton bisa tonton disini.

Pada demo Unreal Engine 5 di stream tesebut menampilkan menampilkan visual berkinerja tinggi.

Diketahui bahwa Unreal Engine 5 juga akan menggunakan sistem World Partition baru yang, menurut Epic Games untuk mengubah membagi dunia game dan stream pada bagian kecil sehingga terasa nyata. 

Lebih menariknya lagi, Unreal Engine 5 ini dapat diunduh secara gratis melalui website Unreal Engine.

Dikatakan pada demo State of Unreal tanggal 5 April lalu hal tersebut bertujuan untuk mendukung seluruh pengembang game baik itu secara indie maupun masif untuk memajukan industri game.

Unreal Engine 5 tersedia untuk melakukan game di konsol generasi saat ini dan generasi sebelumnya, serta Android, iOS, Mac, dan Windows PC.

Baca Juga: Buruan Download! Ini Daftar Game Gratis di Epic Games Store

Fitur Terbaru yang Ditawarkan Unreal Engine 5

unreal engine 5 lumen sistem baru
Contoh Model Lumen Unreal Engine 5

Pada Unreal Engine 5 dikenalkan sebuah teknologi bernama Lumen dan Nanite. Lumen akan berfungsi untuk sistem pencahayaan dan Naninte berkaitan dengan sistem geometri.

Lumen adalah sistem pencahayaan iluminasi dan refleksi global yang sepenuhnya dinamis. 

Sistem Lumen ini  memungkinkan pencahayaan pada model 3D di game atau desain yang menggunakan Unreal Engine 5 ini tidak langsung beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pencahayaan langsung atau geometri.

Misalnya, di sebuah film atau game ketika pengembang harus mengubah sudut matahari dengan waktu, dengan menggunakan engine ini akan lebih mudah dan memberikan kesan lebih realistis.

Epic Games menjanjikan dengan adanya Lumen ini, para pengguna tidak lagi harus membuat UV lightmap atau menempatkan tangkapan pantulan apa yang kamu lihat. 

Semua pencahayaan yang kamu desain di Unreal Editor adalah apa yang nanti akan  ditampilkan di konsol, game, atau media lainnya.

Nanite adalah sistem geometri mikropoligon ter virtualisasi yang akan memberikan detail geometri 3D yang lebih detail dan lebih nyata.

Nanite tentunya memberikan sistem geometris yang ringan sehingga dapat memperhankan frame rate real time tanpa kehilangan fidelitas yang nyata.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Glitch Game? Ini Pengertiannya!

Perilisan Lyra Starter Game dan City Sample

unreal engine 5 city sample
City Sample Menggunakan Unreal Engine 5 yang Bisa Didownload

Bagi kamu, para desainer, dan pengembang game yang tertarik memgembangkan dengan menggunakan Unreal Engine ini bisa mencoba Lyra Starter dan City Sample.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran seperti apa penggunaan Unreal Engine 5 atau disingkat UE5 ini pada penerapan desain.

Lyra Starter Game adalah contoh proyek gameplay baru yang dirilis dengan UE5 untuk gambaran shooter game secara sederhana.

Meskipun set fitur yang dirilis hanyalah basis inti, game ini masih dimaksudkan untuk menjadi titik awal yang sangat baik bagi pengembang game untuk membuat proyek baru, serta sumber pembelajaran langsung untuk pengembang game.

Lyra Starter Game akan mengambil alih peran yang dimainkan ShooterGame di UE4 menunjukkan skalabilitas penggunaan UE5 ini untuk basis game seluler, PC biasa hingga high spec, dan game multipemain menggunakan Epic Online Services (EOS).

Lyra Starter Game ini juga menampilkan pilihan dua mode permainan yang berbeda: Expanse (team deathmatch) dan Convolution (titik kontrol).

The Lyra Starter Game juga mengungkapkan Manekin UE5 baru bernama Manny dan Quinn, sebagai karakter yang dapat dimainkan. 

Manekin ini berbagi hierarki kerangka inti yang sama dengan MetaHumans, dengan sistem animasi yang kompatibel.

The City Sample adalah proyek sampel yang dapat diunduh gratis yang merilis bagaimana pemandangan kota dari The Matrix Awakens: An Unreal Engine 5 Experience dibangun. 

Terdiri dari kota, lengkap dengan bangunan, kendaraan, dan kerumunan karakter MetaHuman. 

Proyek ini menunjukkan bagaimana contoh penggunaan engine ini dengan sistem baru dan lebih baik.

Desainer dan pengembang game dapat menggunakan City Sample ini untuk menjelajahi cara menggunakan Unreal Engine 5 untuk menciptakan lingkungan yang luas dan menarik.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!