Tugas dan 3 Tipe Hero Roamer ML

Baik itu roamer damage, defense, maupun healing tugas utama hero roam adalah bekerja ikhlas. Roamer harus rela melakukan apapun untuk menang
Mobile Legends Bang Bang New Logo
Mobile Legends Bang Bang New Logo. (Source: Moonton Official Website/Google)

Roam adalah posisi hero dalam game Mobile Legends yang memiliki tugas untuk membantu rekan satu tim di setiap lane. Saat bermain sebagai roamer, pemain dituntut harus berotasi dari satu lane ke lane yang lainnya. 

Hero Tank dan Support biasanya yang mengisi posisi ini. Namun, belakangan ada inovasi unik yang dilakukan oleh para pro player dimana mereka menggunakan hero assassin seperti Helcurt untuk roam.

Nah pada pembahasan ini kami akan mengulas tugas hero roam, hingga merekomendasikan hero roam yang relevan digunakan season ini. Untuk informasi lebih lanjut simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Babak Playoff MPL ID S13

Pengertian dan Jenis Hero Roam 

Tugas Roam
Logo Lane Roaming dan Contoh Hero. Sumber: VCGamers.

Roam berasal dari bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti “Berkeliaran”. Berdasarkan hal itu dapat diartikan hero roam adalah karakter yang mempunyai tugas untuk menjelajahi peta guna membantu rekan satu tim di lane lain. 

Selain membantu musuh di setiap lane roam juga punya tugas untuk membantu melakukan gank, mengamankan objektif penting seperti lord dan turtle serta mendeteksi keberadaan musuh. 

Secara spesifik hero roam terbagi kedalam beberapa tipe. Penjelasan lebih lanjut mengenai macam jenis hero roam dapat kamu lihat di bawah ini: 

Damage Roamer

Tugas Roam Damage
Smber: VCGamers

Damage roamer adalah peran hero roam yang saat ini sedang populer. Salah satu karakter Mobile Legends yang sering digunakan sebagai damage roam adalah Helcurt, Natalia, dan Saber. 

Ketiga hero tersebut pada dasarnya adalah hero assassin yang lebih cocok untuk menjadi jungler. Namun, saat ini ketiga hero tersebut sering digunakan untuk menjadi roamer. 

Sebagai damage roamer ketiga hero ini tentu punya daya tahan yang jauh lebih lemah dari defense roamer. Ketiga hero seperti yang disebutkan di atas lebih cocok dimainkan untuk gameplay ciduk kill. 

Sebab jika berada di pertempuran yang intens, ketiga hero tersebut tidak punya daya tahan sebagus hero tank. Oleh karena itu, gunakan damage roamer untuk menakuti musuh. 

Penggunaan skill set hero damage roamer harus tepat waktu dan tepat sasaran. Saat menggunakan damage roamer kamu tidak perlu terlalu menggebu untuk membunuh musuh. Tugas utama pengguna damage roam adalah membuat darah musuh tipis dan mencuri tower lawan. 

Defense Roamer 

Tugas Roam Defense
Sumber: MLBB

Berbeda dengan tujuan menggunakan hero damage roamer yang ingin split tower dan mendapat banyak kill. Saat menggunakan defense roamer, tujuan utama permainan adalah memperkuat pertahanan tim. 

Tugas hero defense roam adalah memberikan ruang bagi rekan tim untuk mengganggu rotasi musuh, melakukan zoning, dan membantu tim untuk farming dengan nyaman. 

Selain bersifat defensif, defense roam juga harus punya keterampilan untuk mencari kesempatan melancarkan counter attack. Umumnya hero defense roam punya kemampuan crowd control. Sebagai contoh adalah Tigreal, Akai, Atlas, Johnson, dan masih banyak lainnya.

Healing Roamer

Healing Roamer
Sumber: VCGamers

Healing roamer adalah hero yang mempunyai kemampuan roaming sekaligus kemampuan untuk menyembuhkan HP rekan satu tim. Penggunaan Healing Roamer menjadikan rekan tim bertahan lebih lama saat bertempur. 

Selain itu keberadaan Healing Roamer juga membuat rekan satu tim dapat bermain dengan lebih agresif. Meskipun Healing Roamer sudah dilengkapi dengan item defense terkadang mereka juga masih cukup empuk saat terkena gank. Bermain Healing Roamer membutuhkan positioning yang baik agar tidak mudah terciduk hero lawan. 

Baca juga: Build Harith Gold Lane Tersakit

Tugas Hero Roam di Game Mobile Legends

Tugas Hero Roam di Game Mobile Legends
Rute Roaming. Sumber: YouTube/Charles Studio

Menjalankan tugas hero roam bukan hal yang mudah. Bisa dibilang menjadi roamer membutuhkan ketulusan dan keikhlasan yang tinggi. 

Bagaimana tidak kita harus rela berdiri paling depan, mati demi rekan, dan mendapat cemooh saat tidak sengaja mendapat kill. 

Jadi bisa dikatakan tugas seorang roamer secara general adalah ikhlas dan tabah. Namun, secara khusus setidaknya ada 10 tugas penting roamer yang perlu kamu tahu, berikut penjelasan lengkapnya: 

Open Map dan Memberikan Visi

Seperti arti kata roam, saat menjajal role ini kamu haru aktif menjelajah map, membuka semak-semak, dan memberikan informasi posisi musuh kepada rekan satu tim.

Cara ini memungkinkan tim dapat mengambil keputusan dengan lebih baik. Titik penting yang harus dijelajah roam pada fase early adalah semak-semak sekitar buff. Pastikan jungler bisa mendapat dua buff dengan aman. Setelahnya roamer bisa pergi ke mid atau ke gold lane.

Melindungi dan Membantu Rekan Satu Tim 

Apapun jenis hero roam yang dipakai tugas utama seorang roamer adalah melindungi rekan satu tim. Roamer harus melihat map setiap saat agar bisa mengambil keputusan tepat. 

Keputusan tersebut berkaitan dengan kapan waktu yang tepat untuk membantu rekan yang terdesak atau mencari peluang untuk menyergap musuh yang empuk. 

Berotasi Antar Lane 

Tugas ketiga ini mengharuskan roamer berpindah lane dengan cepat. Cara tersebut penting dilakukan seorang roamer untuk mencegah dominasi musuh atas satu lane. 

Mengamankan Objektif 

Tugas ini berkaitan dengan pengamanan Turtle dan Lord yang bertujuan agar musuh tidak mendapatkan gold dan buff lebih unggul. Selain mengamankan tank juga harus membantu jungler saat momentum kontes Lord maupun Turtle. 

Mencuri Buff Musuh

Mencuri buff musuh menjadi salah satu tugas seorang roamer. Selain memastikan kondisi sekitar buff yang aman roamer juga bisa memulai dahulu proses pencarian buff. Dengan demikian saat jungler satu tim datang hanya tinggal mencurinya saja dengan battle spell. 

Baca juga: 6 Hero Mobile Legends Terbaik dan Terkuat

Menginisiasi dan Mengatur Tema Fight

Roamer harus bisa menjadi inisiator dalam teamfight. Apalagi jika hero roam yang kamu gunakan berjenis defense roamer. Apabila menggunakan hero damage roamer sebaiknya tidak melakukan inisiasi teamfight, sebab kamu akan mudah mati saat menghampiri kerumunan musuh. Lakukan inisiasi saat kamu menggunakan hero roamer yang punya skill crowd control dan disable. 

Melakukan Zoning Musuh 

Tugas ini bisa kamu lakukan dalam banyak momen. Misalnya ketika membantu hero marksman di gold lane, saat jungler mengambil buff, saat kontes turtle maupun lord. 

Saat menjalankan tugas ini kamu tidak perlu menggunakan skill atau memukul musuh. Kamu yang mondar-mandir di sekitar rekan satu tim sudah cukup membuat lawan takut. Zoning sangat membantu rekan satu tim untuk menjadi kaya, terutama hero gold laner.

Melakukan Feeder

Maksudnya bukan bunuh diri sembarangan di tower musuh. Melakukan feeder harus kamu lakukan pada saat momen yang tepat. Jangan sampai sembarangan melakukan ini karena bisa saja kamu mendapat hukuman dari Moonton. Lakukan feeder saat rekan satu tim terdesak, relakan dirimu untuk mati demi temanmu yang lemah itu hidup.

Feeder juga bisa kamu lakukan saat momen split tower. Namun, perlu kamu tahu saat melakukan feeder di tower sebaiknya rekan satu tim sudah paham. Karena terkadang saat bermain solo rank rekan satu tim ada yang tidak menyadari pengorbananmu. 

Menjadi Support Tambahan di Dalam dan Luar Game 

Banyak yang berfikir jungler adalah sosok yang layak disebut pemimpin. Namun sebenarnya roamer adalah sosok pemimpin sejati. 

Pengguna hero roam harus mengemban tugas kepemimpinan baik di dalam maupun di luar game. Roamer harus memberikan arahan dan strategi kepada tim terutama saat teamfight berlangsung. 

Selain itu roamer juga bisa menggunakan blessing tambahan seperti encourage, conceal, dan lain sebagainya untuk mendukung hero satu tim di dalam permainan. 

Demikian ulasan singkat mengenai tugas hero roam dan macam-macam jenis roamer yang ada di Mobile Legends.

Baca juga: Bocoran Hero Baru MLBB Ke 126, Assassin yang Bisa Susanoo!

Top Up diamond Mobile Legends murah dan cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!