Stranded Deep: Gameplay, Tips Bermain, dan Spesifikasi PC

Stranded Deep

Siapa yang suka game bergenre survival craft dengan konsep open world? Jika kamu adalah salah satunya, jangan lewatkan Stranded Deep! Game buatan Beam Team Games ini telah dirilis untuk berbagai konsol game termasuk PC sejak 2022.

Stranded Deep bercerita tentang penyintas dari pesawat yang terjatuh di Laut Pasifik. Disini pemain harus berusaha bertahan hidup ditengah situasi yang tidak menentu.

Untuk kamu yang penasaran dengan game yang satu ini, yuk simak gameplay, tips bermain, dan spesifikasi PC-nya dalam artikel di bawah ini!

Baca juga: Gameplay Persona 5 Tactica PC, RPG Strategi Baru Dari SEGA!

Gameplay Stranded Deep

Stranded Deep - Gameplay
Gameplay Stranded Deep. Source: Steam

Dalam game ini, kamu akan berusaha bertahan di sebuah pulau sambil membangun sebuah shelter atau membuat berbagai peralatan seperti rakit untuk mengeksplor lautan.

Sesuai genrenya, game ini menganut sistem crafting. Kamu akan berkeliling untuk mencari sumber daya berupa makanan atau item yang nantinya bisa digabungkan untuk membuat sebuah peralatan.

Stranded Deep menampilkan pergantian cuaca yang dinamis serta adanya pergantian siang dan malam seperti yang terjadi di dunia nyata.

Stranded Deep - Perubahan siang dan malam di Stranded Deep
Tampilan malam hari di Stranded Deep. Source: Steam

Untuk membuat kesan bertahan hidup menjadi lebih terasa, sumber daya yang ada akan terbatas sehingga kamu perlu untuk mengaturnya sebaik mungkin.

Selain itu, kamu juga tidak dapat mengangkut banyak item dalam satu waktu. Jadi, kamu harus memprioritaskan mana yang terpenting untuk dibawa.

Sama dengan kebanyakan game bergenre survival, pemain perlu mengatur kesehatan dan kebutuhan dasar mereka seperti makan, minum, dan tidur.

Rasa haus adalah salah satu komponen penting yang harus dijaga jika ingin bertahan hidup. Kamu tidak akan bertahan lama jika mengalami dehidrasi. Jadi, manfaatkan sumber air sebaik mungkin.

Untuk makanan, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai sumber di pulau termasuk dengan memancing atau berburu hewan.

Di sini kamu diberi kebebasan untuk mencari kapal yang sudah karam atau pulau lain untuk mendapatkan item yang menarik dan langka.

Baca juga: 5 Game Tembak-tembakan PC yang Wajib Kamu Coba

Tips Bermain Stranded Deep Untuk Pemula

Tips bermain Stranded Deep
Tips bermain Stranded Deep. Source: Steam

Apabila kamu adalah pemula dalam game survival, maka kemungkinan perlu banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan Stranded Deep. Bagaimana tips bermain Stranded Deep untuk pemula?

Pertama, sangat disarankan untuk membangun shelter terlebih dahulu sebelum kamu mulai mengeksplor game ini lebih jauh.

Kamu bisa mulai untuk membuat shelter yang kecil namun dengan sumber air yang memadai. Setelah itu, mulailah untuk mengumpulkan sumber daya disekitarmu.

Stranded Deep - Membangun Shelter
Membangun Shelter. Source: Steam

Kedua, cobalah menyusuri bibir pantai untuk menemukan item yang tidak bisa dihasilkan secara natural dipulau. Misalnya kain yang terbawa ombak.

Mengumpulkan sumber daya seperti kayu atau tumbuhan mungkin bisa dengan mudah kamu lakukan karena mereka tersedia dengan natural. Tapi akan sulit untuk menemukan kain serbaguna, bukan?

Tips ketiga adalah untuk mengawasi lingkungan sekitarmu. Beberapa hewan yang ada dalam game ini sangat berbahaya dan bahkan bisa menyeret karaktermu dalam kematian.

Hewan-hewan yang harus kamu hindari saat mengeksplor pulau atau pantai adalah ular, bintang laut, dan Lionfish karena mereka bisa meracunimu.

Stranded Deep - Hewan beracun
Ular, salah satu hewan beracun di Stranded Deep. Source: Steam

Keempat, jika kamu membutuhkan dedaunan untuk sebagai salah satu bahan membuat peralatan, ambillah dari tanaman Yucca dan anakan pohon Palem.

Pepohonan yang ada dipulau tidak akan kembali tumbuh begitu kamu memotong mereka. Jadi manfaatkan dua tumbuhan tadi sebagai sumber daya selama awal game.

Tips selanjutnya adalah jangan membuang-buang kelapa. Selain kelapa dapat menjadi penambal dahaga yang paling cepat, dia juga bisa digunakan untuk membuat item seperti Coconut Flask.

Stranded Deep
Pohon kelapa yang serbaguna. Source: Steam

Coconut Flask dapat kamu gunakan untuk menampung air sehingga kamu bisa menjelajah pulau dan patati sambil tetap terhidrasi.

Tips bermain Stranded Deep yang terakhir adalah jangan lupa menyimpan progres game di shelter secara berkala. Hal ini karena game ini tidak memiliki autosave.

Baca juga: Storyline, Gameplay dan Spesifikasi PC Mount and Blade 2

Rekomendasi Spesifikasi PC Untuk Stranded Deep

Rekomendasi spesifikasi PC
Rekomendasi spesifikasi PC Stranded Deep. Source: Steam

Tertarik dengan game yang satu ini? Stranded Deep ternyata memiliki spesifikasi PC yang tidak terlalu berat. Berikut adalah spesifikasi PC minimum dari game ini:

  • OS: Windows 7
  • Prosesor: X64 Quad Core CPU 2.0GHz+
  • Grafik: 2 GB VRAM
  • DirectX: Versi 11
  • Penyimpanan: 8 GB RAM
  • Memori Kosong: 4 GB

Untuk kamu yang ingin permainan dengan performa yang lebih maksimal, berikut adalah rekomendasi spesifikasi PC nya:

  • OS: Windows 10 (64-bit)
  • Prosesor: X64 Quad Core CPU 3.0GHz+
  • Grafik: 4 GB VRAM
  • DirectX: Versi 11
  • Penyimpanan: 8 GB RAM
  • Memori Kosong: 4 GB

Nah, itulah uraian singkat tentang gameplay, tips bermain, dan spesifikasi PC dari Stranded Deep. Bagaimana, tertarik memainkan game ini?

Untuk kamu yang tertarik untuk membeli game-game menarik di Steam, yuk isi voucher Steam kamu di VCGamers Marketplace sekarang!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!