Gameplay Persona 5 Tactica PC, RPG Strategi Baru Dari SEGA!

Persona 5 Tacticals

SEGA baru saja meluncurkan spin-off dari seri game Persona pada 17 November 2023 dengan judul Persona 5 Tactica.

Game bergenre RPG Strategi dirilis untuk berbagai platform game yaitu Nintendo Switch, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S dan Windows.

Apakah kamu salah satu penggemar game-game Persona? Yuk simak gameplay dari Persona 5 Tactica dalam uraian di bawah ini!

Baca juga: Monster Hunter Rise, Game Action RPG Terbaik?

Plot Cerita Persona 5 Tactica

Persona 5 Tacticals
Phantom of Thieves. Source: Steam

Cerita dalam game ini terjadi setelah Persona 5 (2016), di mana Phantom of Thieves Hearts mengalami sebuah insiden aneh.

Para Phantom Thieves kaget karena menemukan dirinya berpindah ke sebuah dunia alternatif yang mirip dengan Eropa pada abad pertengahan.

Mereka kemudian terjebak bahaya, dikepung oleh sebuah kelompok militer bernama Legionnaires. Untungnya seseorang bernama Erina berhasil menyelamatkan mereka.

Persona 5 Tacticals - Erina
Erina. Source: Steam

Erina merupakan pemimpin dari pejuang kebebasan, Rebel Corps. Sebagai ganti pertolongannya, dia menawarkan sebuah kerjasama dan membentuk aliansi dengannya.

Phantom Thieves berjanji untuk membantu Erina untuk membebaskan dunia dari pemerintahan Legionnaires sambil mengungkapkan kebeneran dari asal muasal mereka yang penuh misteri.

Baca juga: Atlas Fallen: Game Action RPG Open-World Terbaru 2023

Gameplay Persona 5 Tactica

Gameplay Persona 5 Tacticals
Gameplay Persona 5 Tactica. Source: Steam

Dalam game ini, kamu akan mengendalikan satu tim yang terdiri tiga karakter dalam sebuah map yang dihuni oleh unit lawan.

Persona 5 Tactica memiliki lima tingkatan kesulitan yaitu Safe, Easy, Normal, Hard, dan Merciless yang bisa kamu ubah kapanpun.

Persona 5 Tacticals
Tingkat kesulitan game Persona 5 Tactica. Source: Steam

Kamu akan melawan tim musuh dengan sistem turnbased dimana kamu akan mendapatkan giliran secara bergantian untuk melancarkan serangan.

Selain itu, kamu juga dapat mengambil beberapa tindakan termasuk mengakhiri giliran lebih awal untuk mendapatkan efek yang menguntungkan pada giliran selanjutnya.

Para karakter dapat berlindung saat pertarungan berlangsung untuk mengurangi jumlah damage yang didapatkan atau mencoba memblokir serangan tersebut.

Persona 5 Tacticals - Berlindung dari serangan lawan
Melindungi diri dari serangan lawan. Source: Steam

Untuk menyerang musuh, kamu bisa melancarkan serangan jarak dekat untuk mendorong mereka ke sekitar grid.

Serangan”Gun” dari karaktermu bisa mengenai musuh dalam jarak jauh dan beberapa karakter bisa mengenai beberapa musuh sekaligus dalam sekali tembak.

Phantom Thieves bisa memanggil Persona yang memungkinkan mereka untuk menggunakan beberapa jenis Skill dengan mengurangi Skill Points (SP).

Persona 5 Tacticals
Memanggil Persona kedalam medan pertempuran. Source: Steam

Skills memiliki keterampilan elemen berbeda. Namun, dalam Tactica, setiap elemen bisa memaksa musuh untuk bergerak dalam area dengan cara berbeda.

Saat seorang karakter menyerang lawan yang tidak memiliki perlindungan, lawan akan dikalahkan dan karakter mendapatkan satu giliran tambahan.

Giliran tambahan
Giliran tambahan setelah menyerang lawan. Source: Steam

Ketika setidaknya ada satu unit lawan yang tumbang dalam grid dan dikelilingi oleh unit sekutu dengan formasi segitiga, maka kamu akan mendapatkan satu serangan spesial.

Serangan spesial tersebut adalah “Triple Threat” yang bisa memberikan damage yang signifikan terhadap seluruh musuh yang berada dalam segitiga.

Triple Threat
Triple Threat. Source: Steam

Kamu dapat mengoleksi Persona tambahan dan menggunakan mereka kepada karakter apapun sebagai Sub-Persona untuk memberikan kemampuan tambahan.

Untuk mengoleksi Persona, kamu bisa mendapatkan mereka sebagai hadiah dari sebuah pertarungan atau dengan menggabungkan beberapa Persona sekaligus.

Rekomendasi Spesifikasi PC

Persona 5 Tacticals - Spesifikasi PC Persona 5 Tacticals
Spesifikasi PC Persona 5 Tactica. Source: Steam

Untuk bisa memainkan game ini dengan lancar di PC kesayanganmu, berikut apakah minimal spesifikasi PC dari Persona 5 Tactica:

  • OS: Windows 10
  • Prosesor: Intel Core i3-2100 atau AMD Phenom II X4 965
  • Memori: 6 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GT 730, 2 GB atau AMD Radeon HD 7570, 1GB atau Intel HD Graphics 630
  • DirectX: Versi 11
  • Penyimpanan Kosong: 20 GB
  • Catatan Tambahan: Low 720p @ 30 FPS
Baca juga: Rekomendasi Daftar Game Steam Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Nah itulah uraian tentang gameplay dari Persona Tacticals 5. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memainkan game ini?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game yang aman dan terpercaya, yuk top up kebutuhanmu di VCGamers Marketplace sekarang!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!