Spesifikasi IQOO Z9 Series , 3 Jutaan Spek Dewa

IQOO Z9 Series terdiri dari dua jenis HP, yaitu IQOO Z9 dan IQOO Z9X yang masing-masing membawa spesifikasi yang mumpuni diharganya.
IQOO Z9 Series
IQOO Z9 Series. Source: IQOO

IQOO, sub-brand dari Vivo mulai menambah ranah smartphone mereka dengan membawa Z9 series ke pasar Indonesia. Adapun smartphone yang siap menggempur pasar gaming phone diantaranya, Z9 dan Z9x.

Memang, IQOO sendiri ditujukan untuk pasar gamers kelas menengah yang menginginkan performa gaming yang lancar dengan harga yang terjangkau. Menjawab kebutuhan pasar diatas, Vivo selaku pemilik dari sub-brand IQOO meluncurkan smartphone IQOO.

Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang signifikan diantara Z9 dengan Z9x terlebih secara desain terlihat sangat mirip. Meskipun keduanya mirip rupanya terdapat sedikit perbedaan diantara kedua unit smartphone ini.

Yuk dibahas sampai selesai mulai dari spesifikasi hingga harga yang tersedia. Dibaca sampai selesai untuk menjadi pertimbanganmu dalam memilih smartphone.

Baca juga: Tawarkan Kamera Depan 50 MP, Begini Spesifikasi Honor 200 Lite

Overview IQOO Z9

Spesifikasi singkat IQOO Z9
Spesifikasi IQOO Z9. Source: IQOO

Pertama, kita bahas dari segi bodi desain. IQOO Z9 hadir dengan desain yang berbentuk kotak lurus layaknya smartphone premium yang kita kenal seperti Samsung. Dengan bobotnya yang hanya 194 gram dan tebal 7,98 mm membuat ponsel ini pas ditempatkan di kantong kamu.

Selain itu, bahannya yang terbuat dari plastik di bagian belakang tidak membuatnya berat. IQOO Z9 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Kemudian layarnya, IQOO Z9 mengadopsi layar AMOLED dengan ukuran 6,78 inci serta refresh rate 144Hz, kecerahan layar 4500 nits, gamut warna P3, densitas 452 piksel, resolusi layar 2800 x 1260 piksel.

Dengan kecerahan layar 4500 nits membuat kamu bermain games dengan nyaman dimanapun tanpa terganggu cahaya matahari sedikitpun.

Selain itu, IQOO Z9 juga dilengkapi dengan pemancar cahaya C8 dan layar LTPS yang telah dilengkapi dengan sertifikat SGS. Membuatmu terlindungi dari cahaya yang mengganggu mata kamu.

Sementara pada dapur pacu, IQOO Z9 hadir dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3, salah satu chipset flagship killer yang siap menggempur brand saingan. 

Dengan peningkatan mesin AI sebesar 60 persen, membuat performa lebih responsif. Terlebih, skor Antutu yang didapatkan sebesar 824 ribuan. Tentunya lebih ngebut saat kamu bermain games mulai dari ringan bahkan berat sekalipun.

Hal ini dibuktikan dengan teknologi gaming yang diusungnya. Adanya 4D Game vibration, pengeras suara ganda, serta algoritma yang menyesuaikan suara ini tentunya membuat pengalaman gaming kamu semakin hidup.

Untuk mengurangi overheat yang mengakibatkan Throttling, IQOO Z9 ini juga dilengkapi fitur pendingin alami Vapor Over Chamber yang menjangkau sisi belakang ponsel kamu. Pendingin ini juga mengalami peningkatan hingga 200 persen. Sehingga tak perlu khawatir bila ponselmu panas.

Hal ini juga didukung dengan kapasitas baterai yang badak, 6000mAh sehingga tak perlu khawatir. Dibandingkan dengan keluaran sebelumnya, yakni terbuat dari grafit yang telah diperbarui serta supertipis.

IQOO Z9 juga dilengkapi dengan pengisian cepat 80 watt, menjanjikan baterai terisi penuh dengan cepat kurang dari 1 jam saja. 

Terakhir kamera, IQOO Z9 mengusung kamera utama dengan resolusi 50 megapiksel yang dilengkapi dengan tambahan di bagian sekunder sebesar 2 megapiksel.

Sementara di bagian depan untuk berswafoto, IQOO Z9 mengusung kamera depan sebesar 16 megapiksel.

Baca juga: 5 Smartphone Flagship yang Menggunakan Snapdragon 8s Gen 3

Overview IQOO Z9x

Spesifikasi IQOO Z9x
Spesifikasi IQOO Z9x . Source: IQOO

Kamu yang menginginkan ponsel dengan performa jempolan namun budget pas-pasan, IQOO Z9x adalah jawabannya.

HP ini merupakan versi kena tanggung atau kerap disebut kentang dari kakaknya, Z9. Meskipun kentang, performa yang dibawanya tak tanggung-tanggung lho.

Secara keseluruhan, ada sedikit perbedaan pada spesifikasi dari Z9x ini diantaranya layar yang mengadopsi jenis IPS berukuran 6,72 inci dengan refresh rate 120Hz, kecerahan layar 1000 nits, saturasi NSTC sebesar 83 persen, densitas 393 PPI, sayangnya Z9x tidak mendukung gamut warna P3 layaknya sang kakak.

Selain itu performa yang dibawakannya juga berbeda, IQOO Z9x mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 6 gen 1. Meskipun demikian, chipset ini masih mumpuni untuk mengangkat game, namun dengan performa ringan – sedang saja.

Perbedaan terakhir, IQOO Z9x mengusung kamera depan 8 megapiksel serta pengisian cepat 44 watt. Walaupun demikian, spesifikasi diatas cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

Baca juga: Harga dan Spek Vivo Pad 3 Pro, Mewah Dan Ciamik

Harga dan ketersediaan

IQOO Z9 series ini hadir dengan warna hitam dan hijau. Untuk harga, berikut daftarnya dibawah ini.

IQOO Z9

Harga IQOO Z9
Harga IQOO Z9. Source: IQOO
  • 8GB/128GB : Rp3.999.000
  • 8GB/256GB : Rp4.299.000
  • 12GB/256GB : Rp4.699.000

IQOO Z9x

Harga IQOO Z9X
Harga IQOO Z9X. Source: IQOO
  • 8GB/128GB : Rp2.999.000
  • 8GB/256GB : Rp3.299.000
  • 12GB/256GB : Rp3.699.000
Baca juga: Harga dan Spesifikasi Vivo X100s Series

Demikian harga dan spesifikasi IQOO Z9 series ini. Jangan lupa tetap ikuti terus VCGamers News untuk update lainnya mengenai games, tech and gadget, hingga anime.

Yuk top up game favoritmu sekarang juga hanya di VCGamers Marketplace, karena dijamin mudah, aman, cepat, dan pastinya termurah.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!