Spesifikasi IQOO 13 Series, Bawakan Snapdragon 8 Gen 4

IQOO 13

IQOO setelah mengeluarkan jejeran 12 Seriesnya, dan kini IQOO kembali meneruskannya dengan menunjukkan lineup mereka yang baru, IQOO 13 series.

Sebelumnya, sub brand dari Vivo ini meluncurkan 12 Series dengan spesifikasi andalannya, Snapdragon 8 Gen 3. Buat kamu yang penasaran dengan spesifikasi generasi terbarunya, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Baca juga: 5 Smartphone Flagship yang Menggunakan Snapdragon 8s Gen 3

Spesifikasi Singkat IQOO 13 Series, Bocor di Weibo

Spesifikasi IQOO 13
Spesifikasi IQOO 13 Series. Source: Gizchina

Baru-baru ini, melansir dari Giz China, Mobile China melalui Weibo kembali membocorkan spesifikasi mengenai IQOO 13 Series ini. 

“ Informasi mengenai bocoran IQOO 13 telah keluar. Diperkirakan IQOO 13 akan mengadopsi layar tegak 1.5K dan layar lengkung 2K.

Serta menggunakan komponen domestik dan Samsung. Sementara itu, HP ini nantinya akan  ditenagai dapur pacu Snapdragon 8 Gen 4 dan baterai berkapasitas besar.

Dua model yang akan datang ini mengadopsi CPU yang digunakan pada ponsel Esport, serta peningkatan pada pengisian daya. “ Demikian yang tertulis dalam akun sang pembocor tersebut.

Baca juga: Lolos TKDN, Vivo X Fold 3 Series Siap Masuki Pasar Indonesia

IQOO 13 Series Usung Dapur Pacu Snapdragon 8 Gen 4

Snapdragon 8 Gen 4
Snapdragon 8 Gen 4. Source: X/ negativeonehero

Melalui bocoran yang tersebar di Weibo tersebut, IQOO 13 Series akan mengusung dapur pacu termutakhir, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4. 

Melansir Wff Tech, dapur pacu yang akan diluncurkan pada bulan Oktober 2024 mendatang ini akan bersaing dengan chipset tercepat saat ini, Apple M3 yang dipasang di Macbook 14 Pro.

Seorang pengguna X bernama Negative One Hero, membandingkan ketiga dapur pacu yang diantaranya, Snapdragon 8 Gen 4, Apple M3, dan Dimensity 9400 melalui postnya. 

Berdasarkan hasil uji coba, Snapdragon 8 Gen 4 mendapatkan hasil yang begitu mengagumkan. Dapur pacu tersebut secara keseluruhan mendapatkan nilai Benchmark sebesar 3.133.570 dengan skor single core 2.845 dan multi core 10.628.

Walaupun demikian, Snapdragon 8 Gen 4 masih kalah unggul dengan Apple M3 dengan skor single core 2.985 dan multi core 10.762, dan Dimensity 9.400 dengan skor 3.449.366 secara keseluruhan dan sedikit unggul di segi multi core dengan skor 11.739.

Dengan disandingkannya Snapdragon 8 Gen 4 dan kedua chipset unggulan di kelasnya ini, mengindikasikan bahwa IQOO 13 series ini digadang-gadang menjadi smartphone flagship yang cukup bersaing.

Jadi Salah Satu HP yang Mendapatkan Snapdragon 8 Gen 4 untuk Pertama Kalinya

Snapdragon 8 Gen 4
IQOO Menjadi Salah Satu Brand Pertama yang Menggunakan Snapdragon 8 Gen 4. Source: X/heyitsyogesh

Bersama dengan Xiaomi dan Oneplus, IQOO juga menjadi brand smartphone yang akan mendapatkan performa dapur pacu terbaru dari Qualcomm ini.

Hal ini berhasil diungkap oleh pembocor asal India Yogesh Brar. “Xiaomi secara eksklusif masih menjadi brand yang pertama kali mendapatkan dapur pacu Snapdragon 8 Gen 4, diikuti dengan One Plus dan IQOO.

Adapun jejeran yang mendapatkan Snapdragon 8 Gen 4 diantaranya, Xiaomi 15/ 15 Pro, One Plus 13, dan IQOO 13. “

Terlebih lagi ketiga brand ini juga mendapatkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 pada perilisan sebelumnya. Tak mengherankan, mereka kembali mendapatkan hak eksklusifnya. 

Snapdragon 8 Gen 4 juga dilengkapi dengan GPU Adreno 830 yang dipercaya meningkat secara signifikan dalam CPU. Selain itu, chipset ini juga akan dilengkapi dengan fitur Fast Connect 7900 serta terintegrasi UWB.

Seperti pada keterangan pembocor di Weibo bahwa IQOO 13 Series mendapatkan perbaikan yang signifikan pada segi pengisian daya. 

Baca juga: Harga dan Spek Vivo Pad 3 Pro, Mewah Dan Ciamik

Kapan IQOO 13 Series Resmi Diluncurkan?

Meskipun tanda-tanda kemunculan smartphone ini telah tersebar di jagad maya, IQOO sampai saat ini belum memberikan waktu yang pasti kapan smartphone ini dirilis. Namun, diperkirakan tak lama setelah dapur pacu ini diluncurkan di bulan Oktober 2024 nanti.

Sebelumnya pada IQOO 12 series, smartphone ini bakal menyasar para Gamers lantaran spesifikasi bersaing dengan spesifikasi dapur pacu yang canggih, Snapdragon 8 Gen 3, refresh rate 144HZ serta kecepatan isi daya yang luar biasa cepat, yakni 120 Watt.

Melihat pendahulunya, kemungkinan besar HP ini bakal hadir dengan spesifikasi yang serupa, namun mendapatkan improvisasi yang jauh lebih baik.

Jadi tunggu apa lagi, bagi Vicigers yang baru saja mendapatkan THR, lebih baik disimpan untuk membawa pulang smartphone satu ini.

Baca juga: 5 Smartphone Flagship yang Menggunakan Snapdragon 8s Gen 3

Yuk top up game favortimu dengan mudah, cepat, aman, dan pastinya termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Selena Chan

Daripada mondar - mandir keliling sekolah, guwe bahas gadget aja deh