Semua yang Perlu Diketahui Tentang Diablo 4 Cross Platform

Akankah Diablo 4 Cross Platform

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya akankah Diablo 4 cross-platform. Bukan tanpa sebab, tapi pasti karena ingin memainkannya di platform lain.

Selain itu, karena pionir game isometrik yang satu ini sudah begitu melegenda dan memiki fanbase yang luas.

Nah, kali ini penulis akan mengulas tentang hal tersebut ya, yuk simak ulasan lengkapnya!

Baca juga: Lokasi Altar Lilith Diablo 4 di Map Fractured Peak, Harus Tahu!

Diablo dan Warisannya

Gameplay Diablo Banyak Ditiru Game Lain
Gameplay Diablo Banyak Ditiru Game Lain. Sumber: Official Site

Jika masih ada penikmat game yang belum paham empu dari genre Action RPG (ARPG) ini, tandanya ketinggalan jaman banget deh.

Yap, lineup yang kental akan nuansa gore-nya tersebut sudah menjadi salah satu fondasi dari industri gaming modern.

Dengan inovasinya yang khas, Diablo sukses memperkaya khasanah gaming: judul pertama yang mempopulerkan tema dungeon.

Tidak sedikit judul game yang akhirnya lantas terinspirasi dengan gaya tersebut dan membuat judul ARPG mereka sendiri.

Namun sesuai dengan peribahasa barat yang berbunyi: “The OG is always the best”, mereka yang paling orisinil-lah yang terbaik.

Dan ini dibuktikan dengan mampunya Blizzard selaku developer, mempertahankan eksistensi game ini hingga sekuel keempatnya.

Tentu ini semua bukan tanpa sebab, melainkan karena waralaba Diablo merupakan salah satu lineup tersukses sepanjang sejarah gaming modern. Sejak perilisan pertamanya di tahun 1997, terhitung sebanyak 100 juta kopi total semua titelnya telah terjual.

Dan perlu diingat bahwa ini hanya laporan hingga tahun 2020 (Diablo 1-3) saja lho! Besar kemungkinan angka ini akan melonjak lebih jauh jika akumulasi penjualan terbaru (termasuk Diablo 4) sudah dihitung!

Baca juga: Update Diablo IV Patch Notes Versi 1.3.2, Apa yang Baru?

Diablo Multiplatform

Karakter Diablo 4
Karakter Diablo 4. Sumber: Official Site

Angka yang fantastis itu merupakan imbas keberhasilan sang developer dalam melakukan porting ke banyak platform.

Yap, Diablo merupakan anak emas Blizzard yang enggan untuk mengeksklusifkan diri di satu platform, bahkan dari awal “kelahirannya”.

Hingga instalasi terbarunya, total sudah lebih dari 10 platform yang dapat mengakses kesemua lineup-nya.

Di mulai dari on-desk setup (PC – Windows, Classic Mac OS, macOS), konsol ( 1, 3, 4, & 5; Xbox 360, One & Series S/X), handheld (Nintendo Switch), bahkan hingga mobile (Diablo Immortal – Android dan iOS).

Melihat keberadaannya yang dapat diakses banyak (multi) platform, akan jadi lebih seru bila game ini juga dilengkapi dengan fitur lintas (cross) platform/progresi. Lantas, akankah Diablo 4 Cross Platform?

Baca juga: Tertarik Main Diablo 4? Yuk Cek Spesifikasi PC nya!

Diablo 4 Cross Platform

Gameplay Diablo 4 Multi dan Cross Platform
Gameplay Diablo 4 Multi dan Cross Platform. Sumber: Official Site

Yang perlu digarisbawahi terlebih dahulu adalah perbedaan antara konsep ‘multi’ dan ‘cross’ platform.

Selayaknya judul-judul Diablo diatas, kesemuanya merupakan game ‘multi’ platform karena bisa tidak hanya disatu platform (eksklusif) semata.

Namun, tidak semua lineup Diablo merupakan game ‘cross’ platform. Seperti yang kita tahu, fitur ini memberikan kesempatan bagi para pemain untuk dapat melanjutkan permainan mereka dari konsol manapun yang mereka pilih dikarenakan keberadaan saving-nya yang mengandalkan fasilitas cloud.

Walhasil, pemain bisa bergonta-ganti platform sesuai dengan preferensi dan kenyamanannya! Ini merupakan salah satu fitur wajib dikarenakan tuntutan industri saat ini.

Lantas pertanyaan yang tersisa, akankah fitur ini diakusisi Blizzard dan diterapkan pada lineup terbaru Diablo? Jawabannya: tentu saja!

Dilansir dan dialihbahasakan dari laman resmi Blizzard, mereka menyatakan bahwa “Diablo 4 merupakan game yang didukung fitur cross-progression, jadi setiap item yang terbuka pada satu platform (misal: PC) juga nantinya dapat tersedia di platform lainnya (Contoh: Xbox dan/atau Playstation)”.

Tentu fitur ini merupakan gebrakan dan inovasi Blizzard, yang sekaligus menjadi kabar baik bagi penggemar Diablo dimanapun mereka berada. Berkaca dari pengalaman mereka pada Blizzcon 2018, sang developer sudah belajar mendengar permintaan para fanbase garis kerasnya.

Salut deh sama Blizzard! Dengan begitu gamers Diablo bisa lebih leluasa memainkan game favorit mereka ini dari platform manapun!

Baca juga: Tanggal Rilis Diablo 4 Patch 1.1.1: Buff, Nerf Hingga Revamp

Nah itulah tadi pembahasan mengenai fitur cross platform Diablo 4. Buat Vicigers yang belum punya game ini, bisa banget beli di Steam.

Jika kalian butuh top up Steam Wallet murah dan cepat, langsung aja VCGamers Marketplace tentu tempat yang terbaik!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!