Realme Note 50: Smartphone Berkualitas, Harga Entry-Level

Realme Note 50 RAM 4 ROM 64

Realme Indonesia baru saja merilis smartphone terbarunya yaitu Realme Note 50 pada 22 Februari 2024 kemarin. Ponsel baru Realme ini bermain di kelas entry-level. 

Realme Note 50 menjadi ponsel seri note pertama yang dikeluarkan oleh Realme Indonesia. Ponsel ini terbilang unik karena umumnya perusahaan smartphone merilis produk seri note untuk mid-range ke atas. 

Realme Note 50 diris dalam dengan dua varian RAM/ROM 3/64 dengan harga Rp 1.299.000 dan 4/128 dengan harga Rp1.499.000.

Kalau kamu membelinya di marketplace kemungkinan bisa mendapat harga yang lebih murah lagi. 

Bisa jadi kamu berkesempatan untuk mendapat harga termurah Realme Note 50 dengan harga Rp 1,1 jutaan. 

Dengan harga jualnya yang sangat murah ini Realme Note 50 menjadi smartphone termurah saat ini. Agak mengherankan memang, baru pertama kali ini ada ponsel seri note yang justru harganya murah. 

Jika kamu bertanya-tanya apakah smartphone ini layak untuk dibeli, kamu bisa melihat ulasan singkat kami berikut ini. 

Baca juga: Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi

Kelebihan Smartphone Realme Note 50

Realme Note 50
Realme Note 50. Sumber: Youtube

Berikut ini kami telah merangkum 5 kelebihan yang akan kamu dapatkan jika membeli Realme Note 50: 

Cocok untuk Bermain Game

Dengan harganya yang hanya Rp 1 jutaan smartphone ini sudah menjanjikan performa yang cukup mumpuni. Smartphone ini dibekali dengan chipset Unisoc Tiger T612.

Hasil benchmark skor AnTuTu Realme Note 50 adalah 245.343. Sehingga ponsel ini lumayan cocok untuk digunakan bermain game.

Jika bermain game PUBG dengan ponsel ini kamu bisa mendapat kualitas grafis smooth high. Performa yang lumayan untuk kelas ponsel satu jutaan.

Sedangkan jika bermain game Mobile Legends kamu bisa menggunakan setelan grafis super ultra dengan performa bermain yang baik.

Body Tahan Air dan Anti Debu

Meskipun murah ponsel ini tidak bisa disepelekan. Selain punya desain tata letak kamera yang menyerupai iPhone. Realme Note 50 sudah punya fitur tahan air dan anti debu. 

Berbekal rating IP54 smartphone entry-level ini sudah punya fitur tahan debu dan cipratan air. 

Ponsel ini sudah cukup baik untuk menahan percikan gerimis, sehingga cocok untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Namun, tetap tidak bisa menggunakannya untuk berenang karena 

Akan tetapi kamu tidak bisa membawa ponsel ini berenang. Karena ponsel yang bisa dibawa berenang rata-rata mempunyai IP67-68.

Layar Luas dengan Visual Memukau

Realme Note 50 dibekali dengan layar luas yaitu 6,78 inci dengan resolusi HD Plus. Mungkin itu terkesan biasa saja karena tampak mirip dengan ponsel entry-level pada umumnya. 

Akan tetapi saat menggunakan ponsel ini pengguna akan dimanjakan dengan tampilan visual yang kaya warna.

Transisi grafik ponsel ini juga terasa lebih halus karena dibekali dengan refresh rate 90Hz. Ini jauh lebih tinggi daripada ponsel entry-level kebanyakan.

Umumnya ponsel entry-level punya fitur yang lebih sedikit karena harus menekan ongkos pembuatan.

Hal itu tidak berlaku pada ponsel ini karena kamu masih bisa menikmati berbagai fitur menarik di dalamnya. 

Salah satu fitur menarik yang ada di layar ponsel ini adalah Mini Kapsul. Sebuah fitur yang menampilkan notifikasi pesan, panggilan, baterai hingga jumlah langkah harian pengguna di sekitar kamera depan. 

Dengan harganya yang hanya sejutaan dan fitur futuristik semacam ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi Realme Note 50. 

Punya Sensor Lengkap 

Seperti telah disinggung sebelumnya, kebanyakan ponsel kelas entry-level pasti tidak punya fitur lengkap modern seperti ponsel kelas atas. 

Bukan tanpa alasan beberapa ponsel entry-level memang tidak mempunyai sensor yang cukup memadai. 

Namun di ponsel ini hal ini tidak berlaku karena kamu masih bisa menikmati fitur seperti sensor cahaya, sensor kompas hingga sensor gyroscope. 

Punya Aksesoris Lengkap 

Meskipun dibandrol dengan harga yang murah, pnsel ini dibekali dengan aksesoris yang lengkap. Sebagai perbandingan banyak ponsel-ponsel kelas atas yang justru menjual aksesoris secara terpisah. 

Ketika membeli ponsel ini kamu sudah mendapat soft case, anti gores yang sudah terpasang hingga kabel charger lengkap bersama dengan adaptor.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Safesearch Google di Browser PC dan HP

Kekurangan Smartphone Realme Note 50

Realme Note 50 Black
Realme Note 50 Black. Sumber: YouTube/Mr Churra

Meskipun punya banyak kelebihan yang memanjakan pengguna, ponsel ini juga tak lepas dari kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang penting kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini: 

Fitur UI yang Terlalu Sederhana 

Sebenarnya smartphone Realme dengan kelas lebih tinggi menggunakan UI standar yang lebih bagus daripada yang ada di Realme Note 50. 

Nah pada ponsel ini pihak developer memberikan UI versi ringan mengingat Realme Note 50 merupakan ponsel entry-level. Dalam ponsel ini kamu juga tidak bisa menemukan toko tema dan galeri. 

Sehingga penampilan dasar ponsel tidak bisa kamu ubah dan untuk mengakses galeri kamu harus menggunakan Google Photo.

Belum Support Fast Charging

Ponsel ini membutuhkan waktu untuk mengisi daya dari 0-100% selama tiga jam. Hal itu disebabkan charger bawaannya yang hanya 10 watt dan kapasitas baterai yang besar. 

Banyak ponsel entry-level kompetitor Realme Note 50 yang sudah support untuk menggunakan adaptor 18 watt. Seharusnya ponsel ini sudah mendukung fast charging mengingat kapasitas baterai yang besar. 

Varian Memori Ponsel yang Terlalu Kecil

Kompetitor Realme banyak yang menjual ponsel entry-level mereka dengan varian memori yang lebih besar. Sedangkan ponsel ini dijual dengan varian termurah 64 GB.

Sehingga tidak banyak alternatif pilihan saat orang akan membeli ponsel ini. Dengan keunggulan dan spesifikasi yang dimiliki oleh Realme Note 50 yang lumayan nyaman untuk bermain game.

Varian 64GB ponsel ini saat ini dirasa terlalu kecil apalagi jika menginstal PUBG Mobile yang akan memakan ruang penyimpanan hingga belasan GB.

Sebenarnya terkait memori bisa disiasati dengan membeli micro SD, ponsel ini juga mendukung hingga 1TB. Namun itu menambah biaya dan data aplikasi yang besar juga tidak bisa disimpan di sana. 

Kemudian RAM 4 GB varian termurah ponsel ini juga termasuk standar. Sedangkan varian termahal dari ponsel ini juga hanya dilengkapi dengan RAM 4GB juga. 

Padahal ada banyak ponsel entry-level sekelas Realme Note 50 yang sudah dibekali RAM 6 hingga 8 GB. Meskipun ponsel ini dibekali dengan fitur virtual RAM yang bisa menambah performa menjadi 8GB. Akan tetapi performa virtual RAM tidak sebaik RAM asli.

Resolusi Kamera Rendah

Berbicara urusan kamera ponsel ini agak tertinggal dengan ponsel kompetitor di kelas entry-level yang sudah dibekali kamera 50MP.

Kamera belakang ponsel ini hanya punya resolusi 13MP sedangkan kamera depan 5MP. Tinggi rendah  resolusi ini sebenarnya hanya berpengaruh terhadap kualitas foto saat dicetak.

Jadi kalau kamu hanya menggunakan ponsel ini untuk mengabadikan momen dan menyimpannya secara digital, itu tidak masalah. Kualitas foto tidak terlalu buruk meskipun hanya 13MP dan 5MP. 

Demikian ulasan singkat terkait kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel Realme Note 50. Ponsel ini sangat menarik, lahir di kelas entry-level tidak membuatnya menjadi ponsel yang biasa-biasa saja. 

Smartphone ini lebih punya banyak kelebihan daripada kekurangan. Ada banyak kelebihan unik yang bisa kamu dapatkan dalam ponsel ini. Namun, ponsel ini belum bisa dinobatkan menjadi yang terbaik di kelas entry-level. 

Meskipun begitu ponsel ini tetap direkomendasikan untukmu yang sering beraktivitas di luar ruangan berkat rating IP54 yang dimiliki. 

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Password WiFi Hanya Lewat HP

Top Up kebutuhan game dan berlangganan produk digital lain hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!