5 Perguruan Tinggi Desain Video Game Di Indonesia

perguruan tinggi desain video game

Dunia game saat ini semakin berkembang pesat, sehingga banyak anak muda ingin belajar menjadi pembuat game. Untuk itu, ada beberapa perguruan tinggi desain video game terbaik yang ada di Indonesia.

Sekarang bermain game bukan hanya sekedar hobi. Bermain game saat ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan dengan benar. Kamu bisa mendapatkan banyak uang dengan bermain game.

Perkembangan dunia eSports juga menjadi salah satu faktor untuk masa depan kegiatan game. Bahkan di Indonesia, sebuah organisasi telah didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan lingkungan eSports.

Oleh karena itu, tidak sedikit dari anak muda yang sangat tertarik untuk terjun di dunia eSports dan berkarir di dalamnya. Pesatnya perkembangan dunia game di Indonesia membuat banyak perguruan tinggi desain video game semakin diminati.

Saat ini sudah banyak perguruan tinggi desain video game yang menyelenggarakan jurusan atau program gelar yang mempelajari eSport secara mendalam. Berikut adalah daftar perguruan tinggi desain video game yang menawarkan jurusan game terbaik di Indonesia.

Daftar Perguruan Tinggi Desain Video Game Indonesia 

Berikut adalah beberapa perguruan tinggi desain video game di Indonesia dengan konsen untuk mengembangkan dunia eSport. 

Institut Teknologi 10 November (ITS)

Institut Teknologi 10 November (ITS)
Institut Teknologi 10 November (ITS)

ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November merupakan lembaga yang fokus pada dunia rekayasa dan teknologi. Sekolah ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Jurusan game atau eSport yang dibuka hanya untuk program magister.

Program magister teknologi game ini juga merupakan hasil kerja sama dengan Kantor Urusan Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan Nasional. Program ini merupakan gabungan dari bidang desain grafis dan teknik komputer.

Tujuan utama dari program pendidikan teknologi game ini adalah agar guru sekolah menengah yang dilatih menjadi Magister Teknik dapat mempresentasikan modul pembelajaran dalam bentuk game software komputer dan presentasi.

Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Institut Teknologi Bandung (ITB) 
Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB atau Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu kampus yang masih fokus pada teknologi. Tak mau ketinggalan dengan banyak sekolah lain, ITB juga membuka jurusan game khusus untuk program magister.

Bidang ini disebut Media Digital dan Teknologi Informasi. Program ini merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Komputer. Institut Teknologi Bandung telah menghasilkan tenaga ahli di bidang teknologi.

Departemen game yang dibuka di universitas adalah untuk master yang disebut Media Digital dan Teknologi Game. Program ini merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro dan Komputer.

Kalau boleh dibilang kota bandung adalah tempat berkembang biaknya para developer game diantaranya Nightspade ama studio Agate, Arsanesia, Digital Happiness, dan lainnya. 

Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta (STMM)

Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta (STMM)
Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta (STMM)

STMM atau Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta adalah sebuah universitas di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika. STMM memiliki departemen game bernama Game Technology Design.

Melalui program studi teknik teknologi olahraga, STMM “MMTC” Yogyakarta bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan manajemen yang profesional untuk kepentingan akademik, bisnis atau umum. 

Sekolah ini ingin melatih orang untuk menggunakan alat media, dan membuat kemitraan berbasis penelitian. Salah satu kursus menyenangkan yang ditawarkan adalah pembinaan mengenai dunia game dan eSport. 

Melalui program pelatihan teknis olahraga, STMM “MMTC” Yogyakarta bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan keterampilan manajemen profesional untuk keperluan akademik, bisnis atau umum.

Sekolah ini ingin melatih orang untuk menggunakan alat media, dan membuat kemitraan berbasis penelitian. Salah satu kursus menyenangkan yang ditawarkan adalah pembinaan dunia eSport. 

Baca juga: 5 Game PC Keren Tapi Ringan, Seru Banget!

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara (Binus)
Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara telah meluncurkan developer game sukses Toge Production yang terkenal dengan game-game ringannya. Binus membuka program sarjana yaitu program olahraga dan teknologi yang diluncurkan pada Agustus 2011.

Program ini berfokus pada desain game, desain game, dan pemrograman game. Setelah lulus dari program ini, kamu akan bekerja sebagai game engineer, game designer, game designer, game developer, game supervisor, penyedia konten game, pengusaha, manajer olahraga, multimedia dan ahli olahraga (pendidik, pelatih, peneliti). 

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) 

perguruan tinggi desain video game
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) adalah perguruan tinggi desain video game

Universitas Multimedia Nusantara yang berbasis di Serpong, Tangerang, merupakan universitas milik Kompas Gramedia. Laporan dari triangle.net, dengan konsen Komunikasi Visual (DKV). DKV dan UMN fokus pada olahraga.

Selain itu, ada peminat jurusan teknik komputer UMN yang tertarik dengan pengembangan game yang berjalan selama dua tahun. Kampus UMN juga menawarkan peluang kolaborasi dan inkubator bagi startup dari UMN sendiri dan luar negeri, yang disebut Skystar Ventures. 

Baca juga: 5 Game Keren di Steam Summer Sale 2022, Wajib Beli!

Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan pengembangan game, kamu dapat mendaftar di perguruan tinggi desain video game yang disebutkan di atas. 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!