Roam ML: Pengertian, Item yang Digunakan, dan Jenisnya

Roam ML

Di dalam game Mobile Legends terdapat banyak istilah-istilah yang sering digunakan oleh para pemainnya. Dan salah satu istilah yang cukup sering digunakan adalah roam ML atau roaming Mobile Legends.

Jika diartikan secara harfiah, roam ML bisa diartikan sebagai berpindah dari satu lane ke lane yang lainnya untuk membantu rekan satu tim.

Dengan menjadi hero yang harus membantu lane lain, tentu saja roaming memiliki peran yang penting dalam pertandingan Mobile Legends.

Nah, untuk lebih mengenal lebih jauh lagi mengenai roam ML, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu Roam ML?

Roam ML
Rafaela Hero Roamer. Source: Mobile Legends

Dalam Mobile Legends roam memiliki arti sebagai hero yang melakukan rotasi dari satu lane ke lane lainnya. Biasanya hero yang memiliki tugas sebagai roam disebut juga sebagai roamer.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh hero roamer adalah kemampuan untuk bergerak dengan cepat dan efektif dari satu lane ke lane yang lainnya.

Selain itu, hero roamer tidak selalu berpindah-pindah setiap saat. Sebab ada kalanya hero roam harus stay di satu lane beberapa waktu untuk membantu hero satu tim supaya tidak terkena gank.

Baca juga: Cara Buat Akun ML Baru, Tak Perlu Bingung

Item untuk Hero Roam ML

Roam ML
Item Roam. Source: Mobile Legends

Untuk memudahkanmu dalam menjalani peran sebagai hero roamer, kamu harus memilih item yang tepat. Nah, saat ini Mobile Legends menyediakan 4 item roamer yang bisa kamu gunakan. 

Berikut adalah rincian penjelasannya:

Aktif – Conceal

Ketika kamu menggunakan item Conceal akan membuatmu dan hero satu tim yang ada di sekitarmu akan berada di mode camouflage. Dan akan memberikan efek movement speed tambahan sebesar 30% – 75% selama 5 detik.

Hero yang cocok untuk menggunakan item ini adalah hero yang memiliki kemampuan lock target dan memiliki crowd control. Heronya antara lain seperti Tigreal, Franco, Atlas, hingga Jawhead.

Pasif – Encourage

Ketika kamu menggunakan Encourage akan membuatmu dan hero satu tim di sekitarmu mengalami peningkatan physical attack dan magic power sebesar 15-38 poin. Selain itu Attack speed juga akan mengalami meningkat sebesar 15%.

Item Encourage sangat cocok digunakan oleh hero-hero yang memiliki darah tebal seperti Belerick, Diggie, dan Khufra.

Pasif – Favor

Item Favor memiliki kemampuan dalam memulihkan 480 -1200 HP hero satu tim yang berada di sekitarnya ketika kamu menggunakan skill healing atau shield. Namun, skill yang hanya mempengaruhi hero milikmu saja tidak bisa mengaktifkan efek ini.

Hero yang cocok menggunakan item Favor adalah hero yang memiliki skill healing, seperti Estes, Rafaela, Minotaur, dan Angela.

Pasif – Dire Hit

Dire Hit akan memberikan damage tambahan kepada musuh hingga 35% HP, selain itu item ini juga memberikan damage tambahan setara dengan 7%-18% dari max HP lawan.

Hero yang cocok menggunakan item ini adalah hero yang memiliki skill poke atau hero yang bisa memberikan damage secara berkala kepada musuh. Heronya seperti Popol dan Kupa, Kaja, Hylos, dan Jawehead.

Baca juga: Rekomendasi Build Item Saber Tersakit 2023

Jenis Roam ML

Roam ML
Angela Hero Healer Roam. Source: Mobile Legends

Roam sendiri terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

Defense Roam

Defense roamer merupakan hero yang memiliki durabilitas yang sangat tinggi. Defense roam memiliki fungsi sebagai pelindung core tim ketika sedang terjadi war.

Beberapa hero defense roamer yang sering digunakan ketika bermain adalah Jawhead, Akai, dan Khufra.

Healer Roam

Healer Roamer merupakan hero yang memiliki skill untuk ngeheal heal rekan satu tim. Healer roam harus mengikuti hero jungler dan marksman.

Beberapa healer roam yang efektif untuk kamu gunakan adalah Estes, Rafaela, Angela, dan Floryn.

Damage Roam

Tugas utama dari damage roamer yaitu untuk mengganggu core musuh saat sedang farming. Dengan cara melakukan poke damage sehingga core lawan akan tertinggal dalam gold dan exp.

Selain itu, damage roamer harus memiliki damage yang cukup sakit sejak early game.

Beberapa hero yang bisa digunakan sebagai damage roamer adalah Popol Kupa, Kagura, Natalia, dan Franco.

Baca juga: Build Tersakit Saber Roam 2023 – Cocok Buat Yang Suka Nyulik

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini. Jangan lupa untuk top up diamond Mobile Legends dengan mudah, cepat, dan aman hanya di VCGamers Marketplace!

Dan tetap update dengan info terkini mengenai dunia games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!