Mengenal Serial Blue Exorcist Lebih Dekat Lagi

Blue Exorcist

Blue Exorcist adalah sebuah seri manga dark fantasy Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kazue Kato. Ceritanya berkisar pada Rin Okumura, seorang remaja yang menemukan bahwa ia dan saudara kembar Yukio adalah putra-putra Satan, lahir dari seorang wanita manusia, dan bahwa ia adalah pewaris kekuatan Satan. Ketika Satan membunuh wali mereka, Rin mendaftar di True Cross Academy untuk menjadi seorang eksorsis di bawah bimbingan Yukio agar bisa mengalahkan Satan.

Manga ini telah diserialkan di majalah manga shōnen Jump Square milik Shueisha sejak April 2009, dengan bab-bab individu dikumpulkan dalam 30 volume tankōbon per Januari 2024.

Viz Media telah melisensi manga ini untuk produksi di Amerika Utara, dengan volume pertama dirilis pada April 2011. Aniplex of America juga merilis DVD anime ini di wilayah berbahasa Inggris. Seri ini diadaptasi menjadi seri televisi anime oleh A-1 Pictures, ditayangkan dari April hingga Oktober 2011.

Film anime, Blue Exorcist: The Movie, tayang perdana pada Desember 2012. Musim kedua, berjudul Kyoto Saga, ditayangkan dari Januari hingga Maret 2017. Musim ketiga diproduksi oleh Studio VOLN, berjudul Shimane Illuminati Saga, tayang perdana pada Januari 2024.

Hingga Desember 2022, Blue Exorcist memiliki lebih dari 25 juta kopi beredar, menjadikannya salah satu seri manga terlaris. Manga ini mendapat sambutan baik dari pembaca, dengan penjualannya mendapatkan dorongan berkat rilis anime.

Baca juga: Mengenal Serial The Dangers In My Heart

Mengenal Blue Exorcist

Blue Exorcist
Blue Exorcist. Source: Kompas

Cerita berpusat pada Rin Okumura, yang bersama saudara kembar lebih muda, Yukio Okumura, dibesarkan oleh Ayah Shiro Fujimoto, seorang Eksorsis. Suatu hari, Rin mengetahui bahwa ia dan Yukio adalah putra-putra Satan. Melihat Shiro mati untuk melindunginya, Rin menarik pedang pembunuh iblis, Kurikara (倶 利 伽 羅), yang menahan kekuatan iblisnya.

Sejak saat itu, Rin tidak hanya mendapatkan fitur iblis seperti taring dan ekor, tetapi juga kekuatan untuk terbakar dalam api biru yang menghancurkan hampir apa pun yang disentuhnya. Rin ingin menjadi seorang Eksorsis seperti wali asuhnya untuk menjadi lebih kuat dan mengalahkan Satan.

Ia mendaftar di True Cross Academy yang bergengsi, sebuah sekolah eksorsis, yang sebenarnya adalah cabang Jepang dari True Cross Order, sebuah organisasi internasional yang bertujuan melindungi Assiah (dunia manusia) dari Gehenna (dunia iblis).

Dengan kejutan besar, Rin menemukan bahwa Yukio sudah menjadi seorang Eksorsis berpengalaman dan menjadi salah satu gurunya. Dengan demikian dimulailah perjalanan Rin untuk menjadi seorang Eksorsis, ditemani oleh saudaranya dan teman-teman sekelasnya yang dengan cepat menjadi teman dekatnya.

Baca juga: Mengenal Serial Ragna Crimson

Mengenal Rin Okumura

Rin Okumura
Rin Okumura. Source: Ao no Exorcist Wiki – Fandom

Rin Okumura (奥村 燐 Okumura Rin) adalah protagonis utama dalam seri Blue Exorcist. Ia adalah putra Satan dan saudara kembar tertua dari Yukio Okumura. Mengikuti studi sebagai Exwire di True Cross Academy, Rin bercita-cita menjadi Knight Meister dan mengalahkan ayah kandungnya.

Rin memiliki kepribadian yang sangat penyayang, serta hati yang baik. Ia mendukung teman-temannya dan berusaha mendorong serta membantu mereka dengan cara apa pun. Rin juga sangat protektif terhadap Yukio dan bertujuan untuk melampauinya suatu hari nanti.

Namun, Yukio sering merasa terganggu oleh Rin karena sifat impulsif dan kebodohannya, sikapnya yang santai membuat Yukio meremehkan Rin sekaligus membuatnya kagum, sehingga sulit bagi Rin untuk dianggap serius oleh Yukio dan sesama eksorsis lainnya.

Hal ini membuat Rin berusaha keras untuk mendapatkan pengakuan dari saudaranya. Ia merasa tersinggung ketika Yukio menuduhnya membunuh ayah mereka dan mengarahkan senjata padanya, RIN yang naik pitam langsung memperingatkannya untuk tidak menghina dan mengatakan bahwa ia tidak akan melawan saudaranya.

Rin juga memiliki watak yang emosional ketika Yukio mulai menunjukkan tanda-tanda kegilaan dan Rin tidak dapat menemukan cara untuk membantunya. Hal ini semakin parah ketika ia mengetahui keadaan kelahirannya dan diam-diam percaya bahwa seharusnya ia tidak pernah dilahirkan.

Meskipun umumnya ia menyembunyikannya, Rin sangat mencintai ayah angkatnya dan hanya memiliki kata-kata baik untuknya.

Ia sangat menyesal bahwa hal terakhir yang mereka lakukan adalah bertengkar, yang berakhir dengan Satan mengambil alih tubuhnya. Seperti Yukio, ia menganggap serius setiap hinaan terhadapnya dan sangat marah ketika Shura mengklaim bahwa ia mati seperti pengecut.

Ia juga tidak suka orang yang menghina Yukio, yang ia cintai dan hormati. Namun, selain itu, Rin menunjukkan sifat yang mengejutkan tenang dan santai serta jarang marah tanpa alasan yang baik.

Rin sering ditunjukkan mampu berhubungan dengan orang dengan mudah dan menghubungkan perasaan mereka dengan perasaannya sendiri, seperti kesedihan Shiemi Moriyama atas kematian neneknya dan ambisi Ryūji Suguro untuk mengalahkan Satan.

Ia juga dapat memahami keinginan putus asa Shiemi untuk memiliki teman, karena ia tumbuh tanpa teman karena sering diintimidasi oleh pengganggu, anak-anak, dan orang dewasa yang kasar.

Secara umum, ia sering menjadi orang pertama yang mencoba membuat orang merasa lebih baik jika mereka sedang sedih. Meskipun bukan tipe orang yang suka sekolah atau belajar, ia berhasil mendapatkan diploma SMP dan menjadi Exwire.

Baca juga: Mengenal Serial The Apothecary Diaries

Demikian pembahasan mengenai blue exorcist atau yang lebih dikenal sebagai Ao no Exorcist, untuk artikel dengan topik anime, game, teknologi dan tiop up game bisa kunjungi website VCGamers News ya!

Yuk top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman dan termurah di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!