Mantra Hogwarts Legacy Alohomora: Bisa Buka Pintu Apa Saja!

Hogwarts Legacy Alohomora

Hayo, siapa nih Vicigers di sini yang merupakan member komunitas The Wizarding World? Pasti mereka yang tergabung di dalamnya sudah begitu familiar dengan mantra Hogwarts Legacy Alohomora.

Yap, tidak hanya ini tampil di film dan novelnya, tapi mantra tersebut juga hadir di game-nya, lho!

Demam Hogwarts Legacy memang seperti tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, game ini memang impian para pecinta lore Harry Potter sejak lama.

Sebagai informasi, Hogwarts Legacy bukanlah game pertama dari franchise ini – ada begitu banyak game Harry Potter sebelumnya. Namun konsep yang di usung game ini adalah yang pertama dan paling diidamkan banyak orang.

Jika sebelumnya berbagai game Harry Potter hanya berupaya mereplikasi alur cerita (baik film maupun novelnya) ke dalam platform gaming, namun Hogwarts Legacy tidaklah begitu.

Pemain nantinya tidak lagi mengendalikan karakter Harry beserta kawannya-kawannya, melainkan membuat karakter avatar mereka sendiri. Benar, kalian bisa merasakan bagaimana rasanya bersekolah di Hogwarts dan memiliki cerita kalian sendiri.

Serunya lagi, detail-detail yang dihadirkan juga tetap mempertahankan orisinalitas dari versi original-nya termasuk keberadaan berbagai mantra sihir, di mana salah satunya adalah Alohomora. Nah buat yang penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

Baca juga: Hogwarts Legacy Bakal Rilis di Nintendo Switch, Ini Jadwalnya

Mantra Hogwarts Legacy Alohomora

Alohomora Di Film
Alohomora Di Film. Sumber: VCGamers

Sebelum masuk kebahasan inti, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai mantra yang satu ini.

Alohomora merupakan jenis mantra yang bersifat ‘solutif’: jenis mantra yang digunakan untuk memberikan solusi terhadap suatu problem.

Mantra yang bersifat solutif biasanya tidak dapat digunakan dalam berduel, baik untuk menyerang dan bertahan. Khusus untuk Alohomora, efek yang diberikannya dapat membuka suatu pintu atau penutup yang terkunci/tak dapat dibuka.

Melihat efek tersebut, wajar jika Alohomora juga sering disebut sebagai ‘mantra pembuka’. Akan keluar efek cahaya (bisa berwarna biru, ungu, atau kuning) dari ujung tongkat penggunanya bila mantra ini digunakan – meski efek ini tidak selalu terjadi di setiap kasus.

Jika dilihat dari lore-nya, mantra ini didesas-desuskan berasal dari para penyihir Afrika kuno. Sedangkan penggunaannya di Eropa (Hogwarts merupakan pusat pengembangan akademik sihir di Benua Biru), pertama kali dilakukan oleh penyihir bernama Eldon Elsrickle pada tahun 1600-an.

Sejarah mengatakan, bahwa Eldon menggunakannya untuk mencuri dari rumah-rumah para penyihir dan Muggle untuk kepentingan pribadinya. Ini terus berlangsung sampai akhirnya mantra anti-Alohomora diciptakan.

Dan baru ketika menjelang kematiannyalah, Eldon membagikan cara menggunakan mantra tersebut ke orang lain, hingga akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Ada yang mengatakan bahwa apabila mantra ini digunakan untuk membuka lubang kunci atau gembok (bukan kunci selot di balik pintu), maka mantra ini akan merusak mekanisme kunci/gembook tersebut: yang mana nantinya gembok atau kunci tersebut tidak dapat dipakai untuk mengunci lagi.

Baca juga: Hogwarts Legacy, Hadirkan Game Harry Potter RPG Open World!

Kiat-kiat Mantra Hogwarts Legacy Alohomora

Casting Hogwarts Legacy Alohomora
Casting Hogwarts Legacy Alohomora. Sumber: VCGamers

Sekarang kita akan beranjak ke kiat-kiat mengenai mantra tersebut. Di sini VCGamers akan memberikan dua hal: (1) cara mendapatkan mantra tersebut; dan, (2) cara menggunakannya. Berikut adalah paparannya.

Cara Mendapatkan

Untuk mendapatkan Alohomora, kalian hanya perlu menyelesaikan dua misi utama: ‘Percival Rackham’s Trial’ dan ‘ The Caretaker’s Lunar Lament’.

Pada misi yang kedua, kalian akan secara otomatis diajarkan menggunakan Alohomora untuk kelangsungan misinya.

Perlu diingat, bahwa Alohomora memiliki tingkatan antara I hingga III. Semakin tinggi tingkatannya, maka akan semakin efektif juga mantra tersebut digunakan untuk membuka kunci.

Untuk mencapai level tertinggi, kalian cukup menyelesaikan quest ‘The Man Behind The Moons’.

Cara Menggunakan

Menggunakannya-pun cukup mudah. Kalian hanya harus mendekati kunci/pintu yang terkunci, lalu meng-casting spell Alohomora tersebut. Bukti apabila kalian berhasil adalah dengan keluarnya sebuah minigame membuka kunci.

Selaku minigame, gameplay-nya juga tidak sulit. Bagi kalian yang sudah terbiasa memainkan minigame seperti ini pada berbagai lineup industri gaming, pasti sudah terbiasa dan menjadi keasyikan tersendiri.

Jika sudah berhasil, pintu/tutup-pun akan langsung terbuka.

Mantra Alohomora
Mantra Alohomora. Sumber: VCGamers
Baca juga: Hogwarts Legacy, Hadirkan Game Harry Potter RPG Open World!

Top Up Game Murah, Cepat dan Aman di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!