Kelemahan Pokemon Rock dan Counternya yang Paling Ampuh!

Pokemon Rock

Sama seperti tipe lainnya. Pokemon Rock juga memiliki kelemahan terhadap Pokemon dengan tipe tertentu seperti Grass dan Ground.

Hingga Pokemon Generasi IX, terdapat 76 Pokemon dengan tipe Rock atau setara dengan 7.45% dari jumlah Pokemon secara keseluruhan.

Dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan beberapa tipe lainnya, Pokemon tipe Rock menjadi tipe paling langka ke-7 setelah Steel dan sebelum Ground.

Artikel kali ini akan membahas karakteristik dan kelemahan Pokemon Rock yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan peluang memenangkan pertarungan.

Apa saja tipe Pokemon yang bisa menjadi counter terbaik untuk Pokemon Rock? Simak selengkapnya dalam artikel dibawah ini!

Baca juga: Beast Boost: Pokemon Terbaik untuk Manfaatkan Kemampuan Ini!

Karakteristik Pokemon Rock Dalam Pertarungan

Karakteristik Pokemon Rock
Karakteristik Pokemon Rock. Source: Tom Salazar/Youtube

Sebelum mengetahui rekomendasi counter untuk Pokemon Rock, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana karakteristik serangan dan pertahanannya terlebih dahulu.

Seperti Pokemon Grass, tipe Rock memiliki kelemahan yang paling banyak dibandingkan tipe Pokemon lainnya. Ada dua kelemahan dalam Pokemon tipe Rock sangat mudah untuk ditemui.

Sejak Generasi IV, Pokemon tipe Rock mendapatkan peningkatan pada statistik Special Defense sebanyak 50% saat terjadi badai pasir dan menjadi kebal terhadap damage yang diberikan olehnya.

Rata-rata Pokemon Rock memiliki kecepatan yang paling lambat dari seluruh Pokemon, termasuk ketika mereka berada evolusi yang sempurna.

Meskipun lebih lambat, Pokemon yang satu ini biasanya memiliki statistik Defense tertinggi dengan Special Defensi diatas rata-rata.

Kelebihan lainnya dari Pokemon ini adalah ketahanan terhadap empat tipe Pokemon yang termasuk dalam kategori mudah ditemui.

Untuk karakteristik pertahanan, secara khusus Pokemon Rock memiliki kecocokan apabila dipasangkan dengan tipe Ground.

Kebanyakan tipe Rock dapat mempelajari move Earthquake. Namun sayangnya, kelemahan terbesar dari tipe Rock memiliki akurasi move kurang dari 100%.

Baca juga: Panduan Cetoddle Pokemon Scarlet and Violet

Counter Untuk Pokemon Rock

Pokemon Rock sangat efektif untuk melawan tipe Bug, Fire, Flying, dan Ice. Disisi lain, mereka lemah apabila berhadapan dengan tipe Fighting, Grass, Ground, Steel dan Water.

Tipe Fighting

Kelemahan Pokemon Rock - Toxicroak
Pokemon Toxicroak. Source: Techno Trainer/Youtube

Pokemon dengan tipe Fighting memiliki tingkat Physical Attack yang paling tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya.

Selain sangat efektif terhadap tipe Rock, tipe Fighting juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengalahkan tipe Ice, Normal, dan Dark.

Kamu bisa memasukkan Sirfetch’d, Pangoro, Toxicroak dan Hawluca dalam daftar Pokemon yang akan bertanding di medan pertarungan.

Tipe Grass

Kelemahan Pokemon Rock - Sceptile
Pokemon Sceptile. Source: Light Yagami5/Youtube

Sama seperti tipe Rock, Pokemon dengan tipe Grass memiliki kelemahan yang paling banyak diantara tipe Pokemon yang lainnya.

Sejak Generasi I, Pokemon tipe Grass memiliki kelebihan khusus sebagai satu-satunya tipe yang kebal terhadap Leech Seed.

Pada Generasi VI, tipe Grass memiliki kekebalan terhadap serangan beragam serangan tipe powder dan spore seperti Sleep Powder dan Stun Spore.

Selain efektif melawan Pokemon tipe Rock, tipe Grass juga sangat efektif melawan tipe Ground dan Water. Kamu bisa menggunakan Pokemon Grass seperti Celebi dan Sceptile.

Tipe Ground

Kelemahan Pokemon Rock - Steelix
Pokemon Steelix. Source: Tom Salazar/Youtube

Pokemon tipe Ground adalah salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk melawan tipe Rock. Tipe yang satu ini juga sangat efektif untuk menghadapi tipe Electric, Fire, Poison, dan Steel.

Pokemon Ground tidak akan mendapatkan damage dari badai pasir dan mereka juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan dari tipe Electric.

Mereka dapat menjadi salah satu pilihan dalam line-up pertandingan karena mereka bisa memberikan perlindungan yang baik saat digabungkan dengan serangan tipe lainnya.

Saat terjadi badai pasir, serangan tipe Ground yang dikombinasikan dengan Sand Force akan meningkatkan kekuatan mereka sebanyak 30%. Contoh Pokemon dengan tipe Ground adalah Groudon dan Steelix.

Tipe Steel

Scizor
Pokemon Scizor. Source: POKENITE BUNNY/Youtube

Pokemon tipe Steel pertama kali diperkenalkan sejak Generasi II. Pokemon yang satu ini termasuk kedalam tipe defensif yang kuat dimana terdapat 10 tipe Pokemon yang tidak efektif untuk digunakan melawan tipe Steel.

Sejak game Pokemon X/Y, ketahanan terhadap Pokemon dengan tipe Dark dan Ghost dihilangkan. Namun, tipe Steel tetap menjadi Pokemon dengan rata-rata Defense tertinggi. Contoh dari Pokemon Steel adalah Scizor.

Tipe Water

Toxapex
Toxapex. Source: PokeEmu Guides/Youtube

Pilihan terakhir yang sangat efektif untuk digunakan melawan Pokemon tipe Rock adalah tipe Water. Tipe Water memiliki pertahanan yang baik dan hanya lemah terhadap dua tipe yaitu Electric dan Grass.

Cuaca dapat memberikan pengaruh terhadap move yang digunakan oleh Pokemon tipe Water. Hujan dapat membantu meningkatkan kekuatan dari Pokemon ini.

Cahaya matahari yang terlalu terang dapat mengurangi kekuatan dari Pokemon tipe Water bahkan membuat serangan mereka gagal apabila sinar mataharinya terlalu ekstrim.

Hampir seluruh tipe Water dapat mempelajari Rin Dande untuk meningkatkan serangan-serangan mereka dan menambah bonus terhadap tipe serangan yang sama.

Untuk melawan Pokemon tipe Rock, kamu dapat memilih Greninja, Toxapex, dan Primal Kyogre dalam line-up pertandinganmu.

Baca juga: Toxapex, Pokemon dengan Pertahanan Tinggi!

Nah, itulah artikel tentang kelemahan dan counter terbaik untuk Pokemon tipe Rock. Apakah kamu sudah memiliki salah satu Pokemon dengan tipe yang disebutkan di atas?

Buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace ya!

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]