Kekuatan dan Kelemahan Tyranitar dan Cara Counternya!

Pokemon Tyranitar

Tyranitar adalah Pokemon dengan dua tipe yaitu bebatuan dan kegelapan. Apa saja kekuatan dan kelemahan dari Pokemon ini?

Tyranitar terdaftar dengan nomer 0248 di Pokedex dan merupakan bentuk evolusi terakhir dari Larvitar yang merupakan tipe bebatuan dan tanah.

Untuk kamu yang belum tahu tentang kekuatan dan kelemahan dari Pokemon yang satu ini, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Serba-serbi Pokemon Go Ditto dan Cara Menangkapnya

Profil Tyranitar

Tyranitar
Tyranitar. Source: PokeEmu Guides/Youtube

Tyranitar adalah Pokemon dinosaurus berukuran raksasa dengan lapisan berwarna hijau mirip seperti baju zirah yang menyelimuti tubuhnya.

Dia memiliki dua pasang gigi runcing pada bagian atas dan bawah rahangnya. Pokemon ini juga memiliki beberapa duri dengan berbagai ukuran di belakang kepala hingga punggung.

Tyranitar adalah Pokemon yang kuat dengan sifat alami yang kasar dan tidak peduli dengan hal lain. Dengan kulitnya yang tebal dan berbatu, Pokemon ini memiliki ketahanan yang baik untuk menghadapi semua serangan.

Karena hal tersebut, dia selalu mencari lawan untuk bertarung dan tidak takut pada apapun. Dengan kekuatan yang besar, Tyranitar dapat menghancurkan apapun hanya menggunakan salah satu tangannya.

Jika Pokemon ini marah, dia bisa membuat gempa bumi yang bisa mengubah seluruh landskape, menghancurkan rumah dan gunung bahkan membuat para pembuat peta harus menggambar peta baru.

Biasanya dia hidup disebuah sarang yang terbuat dari pegunungan yang hancur. Pada wilayah Galar, Pokemon ini adalah saingan dari Duraludon yang tinggal dihabitat yang sama. Mereka sering bertarung di area pegunungan.

Karena Tyranitar tidak bisa ditemukan di alam liar seperti Pokemon lainnya, kamu harus menangkap Larvitar terlebih dahulu dan membuatnya berevolusi menjadi Pupitar.

Pupitar
Pupitar. Source: PokeEmu Guides/Youtube

Setelah mendapatkan Pupitar, kamu harus mencapai level 50 agar Pokemon yang satu ini bisa berevolusi menjadi Tyranitar.

Untuk mempercepat peningkatan level, kamu dapat memberikan Pupitar makanan-makanan yang disukainya seperti permen.

Bentuk Mega Evolusi Tyranitar

Mega Tyranitar
Mega Tyranitar. Source: Ace Trainer Liam/Youtube

Tyranitar ternyata memiliki bentuk lain yang disebut sebagai Mega Evolve, yaitu Mega Tyranitar. Dibanding dengan bentuk normalnya, bentuk Mega Tyranitar memiliki lebih banyak jarak pada armornya.

Duri yang ada dibagian belakang lehernya tumbuh lebih pendek sedangkan yang ada di kepalanya tumbuh memanjang dengan tonjolan dialisnya.

Pada bagian tengah dari duri yang ada di kepalanya menjadi berbentuk tanduk yang panjang. Dada Mega Tyranitar menjadi lebih lebar dan melengkung melewati bahunya dan membentuk tiga duri panjang disamping badannya.

Dalam bentuk ini, insting yang dimiliki oleh Tyranitar lebih bersifat destruktif hingga mereka tidak dapat mendengar perintah dari Trainernya.

Baca juga: Mengenal Clodsire, Pokemon Berbentuk Ikan yang Lucu

Kekuatan dan Kelemahan Tyranitar

Kekuatan dan kelemahan Tyranitar
Kekuatan dan kelemahan Tyranitar. Source: Ace Trainer Liam/Youtube

Pupitar akan berevolusi menjadi Tyranitar saat mereka mencapai level 55. Hal ini berarti kebanyakan Tyranitar akan berada di level yang tinggi saat Trainer pertama kali mendapatkannya.

Pokemon dua tipe ini memiliki satu kemampuan utama yaitu Sand Stream dan satu kemampuan tersembunyi yaitu Unnerve.

Sandstorm akan meniupkan badai pasir saat Pokemon ini memasuki pertarungan. Pada X & Y, Sandstorm bisa terus terjadi hingga 5 putaran.

Sedangkan Unnerve membuat Pokemon lawan tidak dapat menggunakan Berry yang mereka miliki saat berada dalam pertarungan. Lawan yang berada dalam pertarungan S.O.S kemungkinan akan memanggil bantuan.

Untuk mengetahui cara mengalahkan Pokemon yang satu ini, kamu perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan Tyranitar dari data efektivitas pertarungannya sebagai berikut.

  • Mendapatkan damage normal dari Pokemon tipe Rock, Electric, Ice dan Dragon
  • Lemah terhadap Pokemon tipe Fighting, Ground, Bug, Steel, Water, Grass, dan Fairy
  • Kebal terhadap Pokemon tipe Psychic
  • Tahan terhadap Pokemon tipe Normal, Flying, Poison, Ghost, Fire, dan Dark

Untuk bisa meningkatkan peluang melawan Tyranitar, kamu harus memilih Pokemon yang merupakan gabungan dari dua tipe yang kuat terhadap Tyranitar.

Contohnya adalah menggunakan Pokemon Steelix yang merupakan gabungan dari tipe Steel dan Ground yang merupakan kelemahan dari Tyranitar.

Selain Steelix, kamu juga dapat menggunakan Pokemon lainnya seperti Kubfu, Grapploct, Passimian, dan Poliwrath untuk mengalahkannya.

Nah, itulah artikel tentang profil serta kekuatan dan kelemahan dari Tyranitar. Bagaimana, apakah kamu memiliki salah satu Pokemon yang kuat terhadap Tyranitar?

Buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!