Kelas Baldur’s Gate 3, Ada Apa Saja?

Kelas Baldur's Gate 3

Baldur’s Gate 3 Game yang satu ini masih menjadi topik hangat dimana-mana. Apalagi jika membicarakan mengenai macam-macam kelas Baldur’s Gate 3.

Banyak gamers yang masih penasaran dengan gameplay maupun downloadable content (DLC) di dalam game ini.

Namun, kali ini kita akan mengulas tentang kelas Apalagi jika membicarakan mengenai macam-macam kelas Baldur’s Gate 3. Nah, buat yang penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Baldurs Gate 3: Game Terbaru Larian Studios yang Rilis di Stream

Kebangkitan Baldur’s Gate 3

Larian Studios Developer Baldur's Gate
Larian Studios Developer Baldur’s Gate. Sumber: Official Site

Setelah sukses menggaet industri gaming dewasa ini dengan sekuel terbarunya, seri Baldur’s Gate telah berhasil menjadi fenomena gaming terbaru.

Kesuksesan mereka sampai pada titik klimaksnya ketika seri ketiga game ini berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi di jagat gaming dunia: Game of the Year 2023.

Seiring dengan keberhasilan mereka dalam meraih gelar paling bergengsi tersebut, tentu ini juga menjadi tonggak tersendiri bagi genre RPG dungeon and dragons (D&D). Pasalnya, Baldur’s Gate-lah game yang pertama kali mempopulerkan genre tersebut.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game RPG dengan Cerita Terbaik untuk Hiburan

Kelas Baldur’s Gate 3

Kelas-Kelas Baldur's Gate 3
Kelas-Kelas Baldur’s Gate 3. Sumber: Official Site

Nah sekarang beranjak ke pembahasan mengenai kelas Baldur’s Gate 3. Sebagai game RPG dengan kapasitas character creation paling kompleks di industri saat ini, sekuel ketiga ini tentu juga dilengkapi dengan fitur pemilihan kelas.

Yap, ini tentu menjadi salah satu kekhasan game D&D: memberikan kesempatan bagi pemainnya untuk berimajinasi, merubah ras mereka selayaknya di dunia fantasi.

Secara keseluruhan, Baldur’s Gate 3 memiliki 12 kelas yang dibagi lagi menjadi 46 subkelas berbeda.

Nah, berikut adalah ulasannya buat Vicigers yang masih bingung dengan opsi-opsinya:

Barbar

Kelas ini adalah ahli dalam pertarungan jarak dekat, yang mengandalkan kekuatan fisik, ketahanan, dan kemarahan untuk mengalahkan musuh. Barbar dapat memilih subkelas Berserker, Wildheart, atau Wild Magic, yang memberikan bonus dan efek khusus saat mereka mengamuk.

Bard

Kelas ini adalah seniman serba bisa, yang menggunakan musik, sihir, dan karisma untuk membantu sekutu dan mengganggu lawan.

Bard dapat memilih subkelas Lore, Valor, atau Swords, yang memberikan keahlian, mantra, dan kemampuan tambahan.

Cleric

Kelas ini adalah pendeta yang melayani dewa tertentu, yang memberikan mereka kekuatan sihir dan penyembuhan. Cleric dapat memilih subkelas Life, Light, Trickery, Knowledge, Nature, Tempest, atau War. Masing-masing memberikan keuntungan dan kewajiban sesuai dengan “keyakinan” mereka.

Druid

Kelas ini adalah pengikut alam, yang dapat menggunakan sihir untuk mengendalikan unsur-unsur, penyembuhan bumi, atau berubah bentuk menjadi binatang. Druid dapat memilih subkelas (Circle): Land, Moon, atau Spores. Ini akan memberikan akses ke jenis sihir dan bentuk binatang yang berbeda.

Fighter

Kelas ini adalah ahli dalam senjata dan baju besi, yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi pertempuran. Fighter dapat memilih subkelas Champion, Battle Master, atau Eldritch Knight. Subkelas berbeda juga memiliki skill, manuver, atau sihir tambahan yang juga berbeda.

Monk

Kelas ini adalah pejuang yang mengandalkan kecepatan, kelincahan, dan energi batin (atau Ki) untuk mengalahkan lawan. Monk dapat memilih subkelas (Way) Open Hand, Shadow, atau Four Elements, yang memberikan teknik, kemampuan menyusup, atau sihir elemen tambahan.

Paladin

Kelas ini adalah pejuang yang berdedikasi untuk sumpah tertentu, yang memberikan mereka kekuatan sihir, penyembuhan, dan aura. Paladin dapat memilih subkelas (Oath) Devotion, Ancients, atau Vengeance. Dengan memilih Oath berbeda, Vicigers juga bisa mendapatkan mantra, dan kemampuan khusus berbeda.

Ranger

Kelas ini adalah pemburu yang ahli dalam bertahan hidup, melacak, dan mengeksplorasi. Ranger dapat memilih subkelas Hunter, Beast Master, atau Swarmkeeper, yang memberikan keahlian, hewan peliharaan, atau efek sihir tambahan.

Rogue

Kelas ini adalah spesialis yang ahli dalam keterampilan, penyamaran, dan keterampilan-keterampilan eksotis.

Rogue dapat memilih subkelas (Beast Master, Gloom Stalker, atau Hunter), yang memberikan keahlian, sihir, atau kemampuan membunuh tambahan.

Sorcerer

Kelas ini adalah pengguna sihir yang memiliki sumber kekuatan bawaan, yang memberikan mereka fleksibilitas dan keunikan.

Sorcerer dapat memilih tiga subkelas: Draconic Bloodline, Wild Magic, atau Storm Sorcery. Pastikan Vicigers memilih subkelas yang tepat karena masing-masingnya akan memiliki build skill spesifik.

Warlock

Kelas ini adalah pengguna sihir yang membuat perjanjian dengan makhluk kuat, yang memberikan mereka kekuatan dan harga.

Warlock dapat memilih subkelas (Patron) The Fiend, The Great Old One, atau The Archfey. Kesemuanya memberikan bonus, mantra, dan kemampuan khusus tambahan spesial.

Wizard

Dan yang terakhir adalah Wizard: pengguna sihir yang belajar dari buku – memberikan mereka keragaman pengetahuan sihir hitam! Wizard dapat memilih 8 subkelas (Tradition): Abjuration, Conjuration, Divination, Enchantment, Evocation, Illusion, Necromancy, atau Transmutation.

Baca juga: 5 Game RPG yang Layak untuk Dibeli di Steam Summer Sale

Jangan lupa, buat kamu yang mau top up game murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!