Kapan Free Fire Tutup? Simak Ulasannya

kapan free fire tutup

Beberapa saat yang lalu pertanyaan mengenai kapan Free Fire tutup sering terdengar di antara pemain.

Kabar mengenai penutupan Free Fire sebenarnya sudah cukup lama tersebar. Tahun 2021 lalu beberapa kalangan masyarakat meminta pemerintah untuk menutup dan memblokir berbagai game online seperti Free Fire.

Mereka berdalih bahwa game online memberikan dampak yang buruk pada anak-anak dan remaja Indonesia.

Beberapa berita tadi memang mengancam game yang pengembangnya masih satu atap dengan Shopee ini untuk tutup server bukan hanya Indonesia namun di dunia.

Namun jika kapan Free Fire tutup mungkin masih lama sekali bahkan sulit diprediksi mengingat game ini masih sangat populer.

Baca juga : Berita dan Update Terkini India blokir Free Fire

Kapan Free Fire Tutup?

Tahun ini pun Garena sedang cukup sial lantaran Free Fire terkena banned di server India akibat adanya ikatan saham dengan Cina.

Garena pun terlibat perseteruan dengan Krafton dimana Krafton menuntut Free Fire meniru game besutan mereka yaitu PUBG.

Informasi tersebut memang cukup membuat khawatir bagi pemain. Kecemasan para pemain tentang kapan Free Fire akan tutup mungkin tidak bisa dihindari.

Meskipun banyak berita yang membuat banyak orang memprediksi kapan Free Fire tutup server di Indonesia, namun nampaknya game Free Fire nyatanya  masih tetap bertahan sampai sekarang.

Berikut ini adalah beberapa alasan Free Fire masih tetap bertahan dan kapan Free Fire tutup masih sangat tidak mungkin.

Masih Dihadirkan Kolaborasi dengan Artis Papan Atas

kapan free fire tutup kolaborasi DJ Alox
Karakter Hasil Kolaborasi Free Fire x DJ Alok (source: Free Fire)

Pertanyaan kapan Free Fire tutup tampaknya mustahil dalam waktu dekat ini. Terbukti game ini masih tetap melakukan kegiatan seperti biasanya.

Free Fire Advanced Server baru saja diadakan dan tentunya update OB33 baru saja dilakukan pada 23 Maret 2022.

Free Fire diketahui banyak berkolaborasi dengan artis terkenal seperti DJ Alok, DJ KSHMR, aktor Bollywood Hrithik Roshan, pemain sepak bola Cristiano Ronaldo, penyanyi Vietnam, dan Son Tung M-TP.

Acara Netflix yaitu Money Heist dan anime Attack on Titan pun juga pernah berkolaborasi dengan Free Fire.

Baca juga : 5 Hadiah Permanen Untuk Diklaim Dari Event Kolaborasi Free Fire x Money Heist
kapan free fire tutup FF x BTS
Free Fire x BTS (source: Instagram/ garenafreefire)

Kemampuan Free Fire untuk menggaet artis terkenal lainnya menjadi alasan pertanyaan kapan Free Fire tutup sepertinya tidak mungkin.

Update patch OB33 ini juga menghadirkan kolaborasi antara Free Fire x BTS, boyband asal Korea Selatan yang namanya sangat populer di dunia.

Baik fans BTS dan pemain Free Fire di Indonesia memiliki jumlah yang tinggi sehingga kemungkinan kapan Free Fire tutup server dengan menghadirkan kolaborasi populer tersebut sepertinya tidak mungkin.

Banned di India Telah Dicabut

 mystery shop FF
Bocoran Mystery Shop Dihadirkan di Free Fire India (source: Instagram/ knightclown)

Pemerintah India memang mengeluarkan aturan untuk melakukan banned dan banned terhadap semua game asal Cina.

Free Fire diketahui dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Garena. Garena sendiri merupakan anak perusahaan SEA Corps, perusahaan asal Singapura yang juga membawahi e-commerce Shopee.

Hal yang membuat Free Fire terkena banned adalah saham milik Garena masih dimiliki oleh Tencent, perusahaan multibisnis asal Tiongkok.

Hal ini menyebabkan saham Garena terjun bebas dan mengalami kerugian yang besar mengingat India merupakan pasar terbesar Free Fire.

Untungnya ketakutan Free Fire tutup karena masalah ini sudah terselesaikan. Banned terhadap Free Fire di India telah diangkat awal Maret 2022 ini.

Free Fire dikabarkan akan segera kembali di server India dengan mengadakan Mystery Shop. Hal ini dikatakan karena dikatakan sebagai perayaan kembalinya Free Fire di server India.

Hal ini juga yang membuat rumor kembalinya Mystery Shop di seluruh dunia termasuk Indonesia antara Maret atau April ini.

Baca juga : Rumor! Mystery Shop Free Fire Hadir Lagi Maret 2022?

Masih Diadakan Turnamen Free Fire 2022

kapan free fire tutup turnamen free fire 2022
Free Fire Master League Season V

Alasan terakhir yang menjawab kapan Free Fire tutup sepertinya tidak mungkin adalah masih diadakannya turnamen Free Fire 2022.

Turnamen Free Fire yang bertajuk Free Fire Master League Season V ini akan segera diadakan di pulau Sentosa, Singapura bulan Mei mendatang.

Masih diadakannya turnamen juga menjadi tolak ukur bahwa Free Fire masih sangat populer sehingga keumungkinan besar Free Fire tutup sepertinya akan sulit.

Penutupan server di Indonesia pun tidak mungkin terjadi pada tahun ini atau pun tahun mendatang karena turnamen Free Fire di Indonesia pun masih dihadirkan.

Free Fire Indonesia Master Spring V telah diadakan babak penyisihan pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022.

Sebanyak 36 grup tim ESports Free Fire Indonesia masih tetap eksis dan bertanding di turnamen kemarin. Hal ini menandakan Free Fire masih memiliki popularitas tinggi sehingga tidak akan tutup server dalam waktu yang dekat ini.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!