Hadiah TI 2023: Lebih Rendah dari Tahun Sebelumnya?

Hadiah TI 2023

Tahukah kamu bahwa turnamen DOTA 2 terbesar di dunia selalu memiliki hadiah yang sangat menarik. Hadiah TI 2023 (The International) bahkan mencapai ratusan miliar bro, gede kan?

Popularitasnya sebagai game MOBA mungkin tidak sekuat League of Legends milik Riot Games yang bisa dibilang masih mendominasi banyak wilayah utama, mulai dari Amerika Serikat hingga Tiongkok maupun Mobile Legends di wilayah Sout East Asia (SEA).

Namun, jika berbicara tentang turnamen tahunan, selalu ada yang spesial dari DOTA 2 Internasional yang disponsori Valve. Termasuk untuk hadiah TI 2023 ini.

Nah, berapakah hadiah TI 2023? Untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Tundra Esports Menjadi Juara The International (TI) 11 2022!

Apa Itu TI DOTA 2?

Hadiah TI 2023
The Internasional DOTA 2. Source: eSports.net.

Mungkin kamu belum tahu dengan turnamen ini apabila nggak ngikutin game DOTA.

Jika di Mobile Legends ada M World Championship, Dota 2 juga punya kejuaraan dunia bernama The International.

The International merupakan turnamen Dota 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Valve dan menjadi magnet besar bagi para pecinta Dota 2 di seluruh dunia.

Turnamen yang dimulai pada tahun 2011 ini terus menjadi pusat perhatian karena banyaknya hadiah yang ditawarkan.

Kemudian, secara rutin berhasil memecahkan rekor dunia untuk turnamen esports dan kumpulan hadiah terbesar di dunia juga setiap tahunnya (lebih dari 10,000,000 USD) untuk pemenang tahun 2017.

Tidak mengherankan jika ini adalah acara yang sangat dinantikan oleh para penggemar dan pemain profesional di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Nah, tahun ini pun akan digelar pada 12 Oktober 2023, dan akan berlangsung sampai Minggu, 29 Oktober 2023 di Climate Pledge Arena, Seattle, Amerika Serikat.

Baca juga: Inilah Role Game Dota 2 Paling Penting, Pemula Merapat!

Hadiah TI 2023

The Internasional
The Internasional. Source: Esports ID.

Mungkin kamu bakal kaget jika baru mendengar hadiah yang diberikan untuk turnamen game ini.

Pasalnya, sejak perhelatan pertama saja berhadiah 10 juta dollar dan ini merupakan jumlah yang sangat besar untuk sebuah lomba esports.

Sayangnya, pada tahun ini banyak dikritisi oleh para pro player. Sebab, hadiahnya masih sangat kecil dibandingkan dengan beberapa turnamen sebelumnya.

Dilansir dari laman liquipedia, untuk hadiah TI 2023 hanya sekitar $2,914,922 USD (Rp45.850.994.329,50 atau Rp45 Miliar) dan ini jauh dari ekspektasi para pro Player.

Sebenarnya kumpulan hadiah The International didapatkan dari penjualan Compendium/Battle Pass sejak Valve pertama kali memperkenalkan struktur tersebut pada tahun 2013.

Dengan bantuan komunitas, jumlah uang yang ditawarkan di TI meningkat setiap tahun antara tahun 2013 dan 2021.

Peluncuran Kompendium TI12 belum diterima dengan baik oleh sebagian besar komunitas atau player Dota 2.

Selain kurangnya item skin, beberapa fitur Battle Pass tradisional juga hilang tahun ini. Oleh karena itu, pertumbuhan kumpulan hadiah tahun ini merupakan yang paling lambat dalam beberapa tahun terakhir.

Valve juga telah mengkonfirmasi bahwa semua penjualan Kompendium akan tersedia hingga 17 November 2023, dengan 25 persen dari hasil penjualan akan disumbangkan ke kumpulan hadiah TI 12.

Baca juga: Cara Melihat Dota 2 Leaderboards dari Seluruh Dunia

Format Pertandingan dan TI 12

bali major (2)
Kompetisi DOTA 2 (Source: Mobileague Indonesia)

Format pertandingan turnamen ini akan digelar dengan sistem grup di awal. Empat tim dari masing-masing lima tim akan bermain untuk dua level, menyisihkan finalis di setiap grup.

Oleh karena itu, setiap tim Dota 2 hanya akan memainkan empat pertandingan, bukan sembilan pertandingan seperti sebelumnya, setiap pertandingan akan berdampak pada peringkat akhir salah satu tim.

Fase grup akan dimulai pada 12-15 Oktober 2023. Lanjut ke babak playoff yang dimulai pada 20 Oktober 2023 di Seattle Convention Center, dengan 8 tim teratas memperebutkan empat tempat di upper bracket.

Dilansir dari laman resmi Liquipedia, seluruh tim yang akan mengikuti TI 12 sudah lengkap.

Dua pemain profesional Indonesia akan mengikuti turnamen kasta tertinggi Dota 2 tersebut. Mereka adalah Matthew “Whitemon” Filemon dari TSM dan Rafli “Mikoto” Fathur Rahman dari Talon Esports.

Berikut daftar tim yang akan mengikuti International 2023, dimana 12 tim pertama akan dipanggil dan sisanya adalah tim kualifikasi:

  1. Team Liquid
  2. Gaimin Gladiators
  3. Tundra Esports
  4. 9Pandas
  5. Evil Geniuses
  6. LGD Gaming
  7. Shopify Rebellion
  8. Talon Esports
  9. beastcoast
  10. Team Spirit
  11. TSM
  12. BetBoom
  13. Nouns
  14. Keyd Stars
  15. Thunder Awaken
  16. Virtus.pro
  17. Entity
  18. Quest
  19. Azure Ray
  20. Team SMG

Nah, demikian informasi mengenai hadiah TI 2023 yang memang masih kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Gimana, tertarik buat nonton?

Baca juga: Dota 2 Patch 7.34 keluar! Naikin MMR-mu dengan hero ini!

Yuk beli item dan skin DOTA 2 gratis di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!