Cara Melihat Dota 2 Leaderboards dari Seluruh Dunia

Dota 2

Dota 2 merupakan game kompetitif dan sudah memiliki scene esports yang sangat terkenal. Maka dari itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa Dota 2 memiliki leaderboards dengan nama pemain profesional yang memiliki MMR luar biasa tinggi.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang leaderboards Dota 2, cara melihat papan peringkat tersebut, dan fitur dari papan peringkat yang tersedia. Jika kamu penasaran, yuk simak pembahasan tentang papan peringkat Dota 2 berikut ini!

Baca Juga: Selamat Timnas Indonesia, Juara IESF Dota 2 2022! 

Leaderboards Dota 2

Leaderboard Dota 2
Leaderboard Dota 2. Sumber: Dota 2

Sebagai game kompetitif, Dota 2 memiliki fitur Ranked yang memberikan rank atau MMR kepada pemain. MMR yang didapat oleh pemain akan sesuai dengan hasil dari pertandingan Ranked setiap pemain.

Semakin banyak MMR yang pemain dapatkan, semakin tinggi juga posisinya di leaderboards. Sebagai contoh, bagi para Archon yang memiliki 2,500 hingga 3,000 MMR tentunya tidak ada pada papan peringkat tersebut.

Para pemain yang masuk dalam papan peringkat Dota 2 memiliki skill, bakat, dan dedikasi yang luar biasa terhadap Dota 2. Contohnya, pemain dengan ranking pertama pada leaderboards adalah pro player bernama 23Savage.

Pro player yang bernama 23Savage ini adalah pro player Dota 2 yang bermain untuk Talon Esports. Uniknya, ia disusul oleh pro player nomor dua bernama Mikoto yang berasal dari Indonesia. Mikoto juga bermain untuk Talon Esports.

Tidak hanya untuk SEA, terdapat leaderboards untuk seluruh region di dunia. Terdapat region Americas, Europe, SE Asia, dan juga China. Setiap region memiliki pemain yang berbeda-beda sesuai dengan server yang mereka mainkan.

Baca Juga: Geek Fam Umumkan Roster Baru Dota 2, Siap DPC 2023!

Cara Melihat Leaderboards Dota 2

Website Dota 2
Website Dota 2. Sumber: Dota 2

Jika kamu penasaran tentang papan peringkat saat ini untuk Dota 2, kamu bisa melihatnya langsung karena hal tersebut adalah data umum dari Valve selaku developer Dota 2.

Papan peringkat ini bisa kamu lihat melalui website resmi Dota 2. Dengan mengunjungi website tersebut, kamu akan melihat empat region dengan papan peringkat masing-masing.

Website tersebut memberikan papan peringkat yang berisikan hingga ribuan pemain. Untuk papan peringkat Southeast Asia, terdapat hingga 4399 peringkat.

Jika kamu memiliki MMR yang cukup tinggi, maka kamu bisa melihat nickname-mu pribadi dalam papan peringkat tersebut. Tentunya hal tersebut adalah kebanggaan tersendiri.

Untuk melihat nickname, kamu bisa menggunakan fitur “Find in Page” pada setiap browser masing-masing. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan “ctrl + F” dalam browser Google Chrome dan ketik nickname untuk langsung mencarinya.

Baca Juga: Persamaan dan Perbedaan 5 Pos dengan Role Hero di Dota 2!

Fitur dan Tujuan Leaderboard

Topson dan Ana
Topson dan Ana. Sumber: ONE Esports

Mungkin para pemain bertanya-tanya untuk apa ada fitur leaderboards dalam Dota 2 ini. Salah satu tujuan adanya leaderboards tersebut adalah untuk mencari bakat dan bibit unggul baru pemain Dota 2 setiap region.

Menurut mantan pro player Vlaicu, para pemain Dota 2 yang ingin menjadi pemain profesional harus memiliki MMR yang tinggi untuk dipandang oleh para pencari bakat atau tim profesional.

Memiliki nama dalam leaderboard adalah salah satu cara untuk menjadi pemain profesional. Sebagai contoh, kamu bisa melihat tim OG yang berisikan dengan pemain pubs atau ranked dan memenangkan The International dua kali.

Roster OG yang memenangkan The International dua kali adalah berisikan dengan pemain dari pubs atau ranked yakni Topson dan Ana. Keduanya diambil oleh N0tail karena sering bertemu dalam ranked dengan MMR yang tinggi.

Demikian pembahasan mengenai leaderboards Dota 2, semoga bermanfaat! Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan top up Dota 2 hanya di VCGamers Marketplace dan nikmati promo yang tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!