GTA Trilogy: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli

GTA Trilogy Definitive Edition

Kemunculan GTA Trilogy menandai terjangkitnya “demam” remaster yang turut melanda Rockstar sebagai developer.

Tak dapat dipungkiri, franchise Grand Theft Auto mereka yang satu ini telah begitu melegenda sehingga terbilang layak untuk mendapatkan definitive edition-nya.

Tentu ini semua tidak terlepas dari reputasi yang telah di bangun selama ini melalui tiga judul besar mereka: GTA III (2001), GTA: Vice City (2002), serta yang paling sukses, GTA: San Andreas (2004).

Tidak tanggung-tanggung, Rockstar secara sekaligus melakukan remaster pada ketiga judul tersebut dan mem-bundling-nya menjadi satu.

Ini menjadi kabar baik bagi para gamers, khususnya untuk mereka yang sudah aktif bermain pada awal 2000-an. Bundling ini memberikan mereka kesempatan untuk bernostalgia: mengingatkan masa-masa ketika zaman rental PlayStation 1 dan 2 masih menjadi tren hiburan di tanah air.

Sang developer-pun ternyata paham bahwa aspek sentimental ini dapat menghasilkan cuan. Karena itulah, akhirnya mereka secara “membabi buta” berupaya memunculkan kembali edisi ini di berbagai platform.

Sekarang, kalian bisa memainkannya dalam bentuk digital download dari manapun, baik PC (Windows), mobile (iOS dan Android), PlayStation (4 dan 5), Xbox (One, Series S & X), hingga Nintendo Switch.

Baca juga: Cara Membeli Saham Terbaik di GTA 5

Sebelum Memutuskan untuk Membeli

GTA Trilogy Definitive Edition.
Perbandingan Grafis GTA Trilogy Definitive Edition. Sumber: VCGamer

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, GTA Trilogy berisi kompilasi dari tiga judul seri GTA yang sudah di remaster.

Ini berarti dengan hanya membeli satu, kalian bisa mendapatkan ketiganya sekaligus.

Tak hanya itu, Rockstar juga memberikan peningkatan dari segi grafis, kontrol, karakter model, dan beberapa tambahan minor pada in-game content.

Namun VCGamers News juga mewanti-wanti bahwa, seiring dengan adanya pertambahan tersebut, terdapat juga hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Cheat

GTA Trilogy Definitive Edition
Keberadaan Cheat Yang Tidak Memungkinkan Pada GTA Trilogy. Sumber: VCGamer

GTA begitu melegenda karena keberadaan cheat yang dirancang sebagai suatu aspek krusial dan dapat mempengaruhi berjalannya gameplay. GTA tanpa cheat, seperti mandi tanpa menggunakan sabun.

Sayangnya di edisi ini khususnya San Andreas, terdapat beberapa cheat legendaris yang hilang. Tidak sedikit di antaranya merupakan cheat yang seru, seperti: Jetpack, mobil terbang dan transparan, darah abadi, merubah tema npc di sekitar, serta banyak lagi.

Dilansir dari laman gamerant.com, ini terjadi dikarenakan ketidaksesuaian antara engine yang digunakan pada GTA Trilogy dengan berbagai cheat tersebut.

Lagu di Radio

K-DST GTA Trilogy
Nostalgia Radio K-DST Di GTA Trilogy. Sumber: VCGamers

Bayangkan terakhir kali kalian menjalankan misi Snail Trail di GTA: San Andreas. Misi ketika kalian harus membuntuti seorang reporter yang sedang bepergian menggunakan kereta dengan hanya bermodalkan motor “trail” Sanchez.

Tentu selama kalian mengontrol CJ melaju di atas rel, lagu-lagu yang ada di radio juga turut melantun mengikuti perjalanan kalian hingga ke pemberhentian terakhir di Market Station, Los Santos.

Lagu pada radio sudah menjadi bagian penting dalam mengiringi nostalgia misi-misi yang dilakukan. Namun sayangnya, ada beberapa lagu yang dihilangkan pada edisi bundling ini.

Sebagai contoh, Billie Jean ciptaan Michael Jackson yang bisa ditemukan pada GTA: Vice City tidak memungkinkan untuk disertakan lagi pada edisi ini. Sedangkan pada GTA San Andreas, salah satu lagu hits dari radio K-DST: Joe Cocker – Woman to Woman, juga bernasib sama.

Disampaikan bahwa penghilangan lagu-lagu ini sebagian besar dikarenakan permasalahan lisensi dan royalti, baik dikarenakan yang sudah kedaluwarsa maupun berbagai urusan teknis dapur rekaman lainnya.

Banyak Bug

Pada saat perilisannya di bulan November 2021 sendiri, GTA Trilogy mengalami begitu banyak permasalahan. Terkhusus platform Windows, launching-nya bahkan hingga mengalami penundaan.

Laporan yang ada menyatakan bahwa ini terjadi dikarenakan terdapat beberapa data yang harusnya tidak boleh lagi tersedia.

Namun karena miskomunikasi yang terjadi di internal developer, data tersebut sudah terlanjur tersemat dan harus ditarik kembali pada detik-detik terakhir peluncuran.

Pihak Rockstar sendiri akhirnya meminta maaf atas masalah teknis tersebut. Terhitung sampai pada update Februari 2022, lebih dari 100 bug telah ditanggulangi.

Beberapa poin di atas hanya beberapa hal yang menjadi kendala berhubungan dengan sang definitive edition. Wajar apabila resepsi yang didapatkannya menjadi begitu buruk.

Baca juga: Kumpulan Cheat GTA 5 Xbox One Terlengkap!

Ikuti berita GTA terbaru dari VCGamers News. Jangan lupa, penuhi kebutuhan game kamu hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!