Special Program Genshin Impact 4.0: Semua Hal Tentang Fontaine

Special Program Genshin Impact 4.0 baru saja diadakan Jumat lalu akhirnya secara resmi membahas semua hal terkait region baru yaitu Fontaine.

Fontaine akan menjadi wilayah ke-5 yang akan bisa para Traveler eksplorasi, berpetualang, dan tentunya mengetahui lebih lanjut rahasia terkait hubungan Teyvat dan saudara kembar MC yang hilang.

Penulis sangat antusias melihat apa yang akan disuguhkan Fontaine sebagai negara yang memiliki teknologi canggih saat update tanggal 16 Agustus 2023 nanti.

Oleh karena itu, kami akan merangkum apa saja yang dibahas pada Special Program Genshin Impact terkait semua fitur yang dihadirkan pada update 4.0.

Baca juga: Primordial Jade Cutter Genshin Impact: Stat, Material, Rekomendasi Karakter

Special Program Genshin Impact 4.0

Archon Quest Fontaine

genshin impact fontaine archon quest
Archon Quest Fontaine (source: Genshin Impact)

Bagi peminat lore cerita Genshin Impact, update 4.0 ini akan sangat memuaskan rasa penasaran kamu terkait misteri para Archon dan semua region di Teyvat.

Archon Quest akan dihadirkan dengan dibagi menjadi beberapa bagian dari update 4.0 hingga update 4.2 nanti.

Traveler akan memecahkan misteri terkait Fontaine yang diramalkan akan tenggelam dan menyisakan Hydro Archon saja.

Sistem “Keadilan” dan “Penghakiman” unik di mata Furina, Hydro Archon, akan menjadi masalah utama yang Traveler akan selesai sampai akhir cerita Archon Quest.

Berbagai karakter baru seperti Neuvillette, Clorinde, Navia, dan Furnia sendiri akan berperan penting dalam cerita Archon Quest.

Tidak lupa karakter yang sudah familiar seperti Childe akan hadir juga pada update Fontaine ini.

Baca juga: Bocoran Fontaine Genshin Impact: Wilayah, Karakter, dan Lainnya

Mekanisme Arkhe

fontaine vision arkhe genshin impact
Arkhe Ousia (Kiri) dan Pneuma (Kanan) (source: VCGamers)

Arkhe adalah mekanisme menyerang baru yang akan dihadirkan bersama dengan update 4.0 nanti.

Jika kamu perhatikan pada Trailer, berbagai karakter Fontaine akan memiliki perbedaan bentuk tempat atau rangka Vision masing-masing.

Setiap wilayah Genshin Impact memiliki bentuk rangka tempat Vision yang berbeda misalnya Liyue berbentuk bujur sangkar, Sumeru berbentuk Daun, dan sebagainya.

Pada Fontaine akan dibagi menjadi 2 bentuk yang berhubungan dengan mekanisme Arkhe.

Arkhe adalah energi yang dibagi menjadi Ousia dan Pneuma. Energi ini akan bisa digunakan untuk melemahkan musuh, membuka puzzle, atau membuka mekanisme lainnya.

Ousia dan Pneuma adalah energi yang berlawanan. Artinya apabila kamu menggunakan karakter dengan Ousia untuk membuka puzzle Pneuma, energi tersebut menghilangkan energi Pneuma sehingga puzzle bisa terbuka.

Hal ini berlaku juga pada musuh. Misalnya musuh Clockwork Meka memiliki energi Ousia yang dilambangkan asap berwarna ungu di bahu dan bisa membuat perisai.

Ketika kamu menyerang dengan karakter Pneuma, musuh tersebut akan stun dan tidak bisa membuat perisai.

Baca juga: Genshin Impact Map dapatkan Multi-Layered Mode dan Fontaine

Mekanisme Eksplorasi Fontaine dan Menyelam dalam Air

special program genshin impact 4.0 diving exploration
Mekanisme Menyelam (source: Genshin Impact)

Salah satu sorotan utama update 4.0 ini adalah Genshin Impact menghadirkan sistem menyelam dalam bawah air.

Wilayah Fontaine nantinya akan memiliki daerah bawah laut yang sama besar dengan area daratan sehingga mekanisme eksplorasi akan banyak menggunakan menyelam.

Saat menyelam nanti kamu akan bisa berganti karakter. Namun, tidak akan bar stamina atau oksigen seperti berjalan pada umumnya dan hanya di Fontaine saja saat berenang tidak menggunakan stamina.

Bar stamina akan diganti untuk mempercepat kecepatan berenang dan akan bisa diisi ulang dengan menggunakan sekumpulan ikan atau school of fishes. 

Selain itu, Kamu akan bisa menggunakan pusaran air untuk mempercepat kecepatan berenang seperti Wind Circle yang ada di Mondstadt. 

Selama menyelam, sistem bertarung  akan digantikan dengan mekanisme baru. Kamu akan menyerap kemampuan dari makhluk bernama Fontemer Abberants untuk menggunakan kemampuan mereka dalam bertarung, menggunakan perisai, dan lainnya.

Sistem kamera layar akan diganti menjadi versi zoom out atau perbesaran lebih kecil dengan karakter selalu melihat ke depan seperti Charged Attack menggunakan Bow.

Hal ini dilakukan agar pemain tidak pusing, mual. dan merasakan motion sickness karena pergantian angle kamera. Hal yang menarik lainnya akan ada sebuah bus yang bisa kamu gunakan untuk menjelajah peta Fontaine.

Bus yang bernama Aquabus ini akan menyatukan berbagai wilayah di Fontaine layaknya transportasi umum biasa. Kamu akan bisa menikmati keindahan pemandangan sambil menggunakan Aquabus ini.

Bagi kamu yang belum membuka daerah gurun Sumeru, sebuah Teleport Waypoint di dekat Realm of Farakhert akan otomatis terbuka apabila kamu sudah menyelesaikan Archon Quest “ Song of the Dragon and Freedom”.

Banner Karakter Genshin Impact 4.0

genshin impact 4.0 character banner lyney lynette
Banner Karakter Fase 1 (source: Genshin Impact)

Tidak lengkap membahas update tanpa membahas perilisan karakter. Pada banner update 4.0 ini, Genshin Impact akan langsung merilis 3 karakter yaitu: Lyney, Lynette, Freminet.

Lyney merupakan karakter bintang 5 Bow dengan elemen Pyro. Adiknya yaitu Lynette adalah bintang 4 Anemo Sword, dan adik bungsu Freminet akan menjadi pengguna Claymore bintang 4 dengan elemen Cryo.

Ketiga saudara ini akan bisa kamu dapatkan di banner limited pada fase 1 dan fase 2. Fase 1 akan diisi oleh Lyney dan Lynette serta rerun banner Yelan.

Ketika kamu sudah mencapai AR25, kamu akan mendapatkan Lynette secara gratis lewat laman event.

Sesuai dengan prediksi banner karakter selanjutnya, Freminet akan bisa kamu dapatkan bersama dengan rerun banner Zhongli dan Tartaglia ‘Childe’ pada fase kedua banner.

Baca juga: Prediksi dan Jadwal Banner Genshin Impact Selanjutnya

Senjata, Artefak, World Boss Baru

new battle pass weapon genshin
Set Battle Pass Weapon baru (source: Genshin Impact)

Pada update ini, Genshin Impact juga merilis berbagai senjata baru yang bisa kamu forge atau dapatkan melalui Battle Pass.

Selain itu, The First Great Magic adalah bow eksklusif untuk Lyney yang akan bisa kamu dapatkan melalui banner limited senjata. Kamu juga akan bisa mendapatkan pedang Fleuve Cendre Ferryman dari memancing. 

Set artefak baru Marechaussee Hunter dan Golden Troupe nantinya bisa kamu dapatkan dari Domain baru bernama Denouement of Sin.

Fontaine juga akan menghadirkan World Boss baru yaitu Icewind Suite yang berbentuk pasangan robot yang berdansa dan The Emperor of Iron and Fire yang berbentuk seperti kepiting yang hidup di area bawah laut.

Optimisasi Sistem Game

genshin impact new system optimization party setup
Penampilan Party Setup (source: Genshin Impact)

Pada update 4.0 nanti Genshin Impact akan memberikan 3 update pada sistem game yang akan memudahkan pemain dalam mengerjakan quest dan bermain.

Multi-Layered Map akhirnya dihadirkan setelah sebelumnya HoYoVerse menjanjikan pada beberapa update lalu.

Saat kamu memasuki daerah di bawah tanah, Mini Map akan otomatis memfokuskan area pada area bawah tanah dan lantai dari area Map juga akan terlihat pemisahnya lebih jelas.

Genshin Impact juga menambahkan animasi baru untuk karakter pada saat masuk dan keluar party. Background pada saat party juga ditambahkan variasi tergantung pada lokasi saat kamu set party tersebut.

Hal terakhir yang ditambahkan ada mode Observer pada TCG Invokation dimana kamu bisa mengamati pertandingan teman sesama Traveler yang sedang melakukan duel.

Sekian rekap Special Program Genshin Impact untuk update versi 4.0. Top up Genesis Crystal di VCGamers Marketplace dan dapatkan karakter Fontaine yang kamu inginkan!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!