5 Game Mirip Minecraft 2023, Tingkatkan Kreativitasmu!

game mirip minecraft (1)

Apabila kita perhatikan, sudah banyak sekali game mirip Minecraft yang tersedia di toko aplikasi, kamu sudah bisa menemukan game sanbox di sana.

Pada awalnya Minecraft yang cukup digemari oleh para pemain sejak tahun 2011 silam, pada game ini memang membuat kreativitas para pemainnya sehingga bisa membangun apapun dari sebuah kubus 3D sesuai dengan ide dan imajinasi yang dimiliki pemainnya.

Dari kepopuleran inilah menjadi banyak developer yang menciptakan game yang serupa dengan Minecraft, dengan begitu sudah banyak para pemain yang memainkan game sanbox lainnya untuk mencoba sensasi pengalaman yang berbeda dibanding memainkan game Minecraft.

Dengan begitu, dari sekian banyaknya game sanbox yang hadir. Kami memberikan 5 rekomendasi game mirip Minecraft yang bisa kamu mainkan ketika di waktu luang.

Baca juga: Cara Download Minecraft Java Edition Versi Terbaru 2023

5 Game Mirip Minecraft 2023

Bagi kamu penggemar game Sanbox, berikut ini deretan game yang hampir serupa dengan Minecraft. Apa saja kira-kira?

Roblox

game mirip minecraft (2)
Roblox (Source: Roblox)

Salah satu game yang mirip dengan Minecraft adalah Roblox! Game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Roblox Corporation pada 2006 ini sebenarnya cukup populer.

Kepopuleran Roblox meningkat sejak pandemi COVID-19. Sejak saat itu, banyak sekali yang memainkan game ini, terutama anak-anak.

Roblox sendiri adalah sebuah platform game daring dan sistem pembuatan game yang di mana para pemainnya bisa menciptakan game sendiri yang bisa memainkan game yang diciptakan oleh orang lain.

Banyak sekali jenis game yang tersedia di sini seperti misalnya racing (balap), role-playing (bermain peran), simulation (simulasi) dan masih banyak jenis game lainnya.

Mengingat Roblox begitu populer, sehingga game ini memiliki lebih dari 164 juta pengguna bulanan dan tak hanya dimainkan oleh anak-anak saja, akan tetapi game ini dimainkan untuk orang dewasa juga.

Block World 3D: Craft and Build

game mirip minecraft (3)
Block World (Source: Google PlayStore)

Game kedua yang mirip dengan Minecraft adalah Crafting Block World, game yang dikembangkan oleh Block Games Studio pada tahun 2021 ini telah diunduh 1 juta kali di Google PlayStore dan itu artinya game ini cukup populer.

Block World 3D merupakan game yang bisa membangun dan membuat kotak pasir dimana kamu juga bisa sambil berjelajah, bertahan hidup dan bermain bersama pemain lainnya.

Apabila melihat covernya benar-benar mirip-mirip dengan minecraft dan jika masuk ke dalam gamenya, kamu benar-benar merasakan bermain game Minecraft versi lain karena disini juga kamu bisa membuat beberapa item dan blok dari resep kerajinan.

Tentu saja game ini sangat seru sekali karena kamu bisa saling berinteraksi dengan pemain lainnya bahkan dengan monster sekalipun!

The Sandbox

game mirip minecraft (4)
The Sanbox (Source: thesanbox.game)

Ternyata ada sebuah game mirip Minecraft yang menggunakan teknologi blockchain untuk manfaatkan konten yang telah dibuat oleh para penggunanya (user-generated-content) serta tokenomics yaitu The Sanbox.

Sebenarnya, The Sanbox merupakan sebuah decentralized game yang dirilis oleh Pixowl di tahun 2011 saat itu serta telah beroperasi pada blockchain Ethereum (ETH).

Game ini memang cukup unik sekali karena mengkolaborasi antara Decentralized Autonomous Organizations (DAO) serta Non-Fungible Tokens (NFT) sehingga game ini terlihat berbeda dari yang lain.

Salah satu faktor yang membuatnya menjadi berbeda adalah mengandung unsur NFT, dimana sebuah produk investasi crypto (kripto) yang bisa ditukarkan ke blockchain sebagai teknologi yang menyimpan data digital yang tertaut dengan kriptografi.

Sehingga jika kamu memainkan game ini, kamu akan bisa membangun, memproduksi, membeli hingga menjual aset kripto yang berbentuk game yang telah terdaftar sebagai NFT.

Block Warfare: Operation

game mirip minecraft (5)
Block Warfare

Game keempat yang mirip dengan Minecraft adalah Block Warfare dari Ammonite Design Studios. Bagi kamu yang pecinta game First Person-Shooter (FPS), game ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya!

Tentu saja, game ini bisa kamu mainkan di perangkat Android, iOS bahkan Personal Computer sehingga kamu bisa memainkan sesuai keinginan kamu.

Untuk gameplay-nya, kamu bisa menjalani misi untuk masuk ke benteng musuh yang dimana kamu harus menyelamatkan sandera dengan melakukan sabotase pemukiman dan hancurkan benteng pertahanan mereka.

Cubic Castles

game mirip minecraft (6)
Cubic Castles (Source: Steam)

Game mirip Minecraft yang kelima adalah Cubic Castles yang di mana game sanbox satu ini bisa mengajak pemain dalam membangun wilayah sendiri pada dunia game 3D dengan dibantu material batu.

Disini kamu bisa memilih bagian dari game tersebut dan bisa memilih avatar sendiri apabila kamu telah masuk kedalam gamenya. Selain itu juga game ini sangat seru, karena kamu bisa berinteraksi dengan pemain lainnya lho!

Dengan memiliki area sendiri, kamu bisa membangun dan menghasilkan sumber daya yang sangat berbeda-beda seta kamu pun bisa memakainya sebagai senjata pertahanan, pasukan kereta, dan masih banyak lagi hal lainnya. Seru banget kan?

Baca juga: 5 Game Mirip Minecraft Ukuran Kecil, Bisa Offline!

Nah, itulah rekomendasi game mirip Minecraft terseru di tahun 2023 ini. Gimana nih pendapatmu terhadap kelima games diatas? apakah Minecraft tetap nomor satu bagimu?

Jangan lupa untuk top up selalu kebutuhan games termurahmu hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!