Game Dev Tycoon: Master V, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Game Dev Tycoon merupakan game simulasi desain dan pengembangan game. Maka dari itu, Game Dev Tycoon memiliki banyak konsol dan platform game, salah satunya adalah Master V.

Kali ini, VCGamers akan membahas singkat mengenai Master V, salah satu konsol di Game Dev Tycoon. Penasaran seperti apa konsol tersebut? Yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Program Pengembangan Aplikasi Game Terbaik 2022

Master V, Konsol Game Dev Tycoon

Game Dev Tycoon Master V Rilis
Rilisnya Master V. Sumber: YouTube/Keralis

Master V adalah konsol pertama yang dirilis oleh Vena. Vena Corporation sendiri adalah salah satu developer video game, arcade software, dan juga pengembangna hardware di Jepang.

Seperti konsol lainnya, Master V memiliki inspirasi dari dunia nyata. Inspirasi untuk Master V adalah Master System dari Sega. Uniknya, Vena juga mengambil inspirasi dari SEGA, terlihat dari logo Vena yang menyerupai logo SEGA.

Terdapat rival dari Master V yakni TES oleh Ninvento. Seperti Master V, TES juga merupakan inspirasi dari NES di dunia nyata. Selain itu, Ninvento juga merupakan parodi dari konsol ternama yakni Nintendo.

Meskipun Master V memiliki rilis yang cukup banyak, penjualan konsol tersebut tidak melebihi konsol TES milik Nintendo. Uniknya, konsol Master V bisa bertahan lebih lama di pasaran.

Baca Juga: 5 Perguruan Tinggi Pengembangan Game Di Florida

Spesifikasi Lengkap Master V

Game Dev Tycoon Master V
Game Dev Tycoon Master V dan Sega Master

Master V memiliki spesifikasi seperti konsol pada umumnya. CPU yang dimiliki konsol ini adalah 8-bit Xilog X80. Dengan CPU tersebut, Master V memiliki maksimum memory sebesar 64 kB.

Selain itu, terdapat Video Display Processor atau VDP dari Sexas SMV9918A. Master V bisa memiliki 32 warna sekaligus berkat VDP tersebut.

Resolusi yang tersedia untuk Master V adalah 256×192 dan 256×224. PAL/SECAM juga mendukung resolusi sebesar 256×240.

Resolusi yang tersedia menawarkan 8×8 pixel karakter dan maksimalnya adalah 463 karena adanya limitasi kapasitas VRAM.

Untuk spesifikasi audio, terdapat PSG Sexas SN76489 lengkap dengan 4 channel mono sound. Channel mono sound tersebut merupakan 3 square wave beserta 10 oktav dengan 1 white noise generator.

Selanjutnya, Master V juga memiliki sound FN bernama Yomaha YO2413 lengkap dengan Mono FM synthesis dan bisa berganti antara 9 tone channels atau 6 tone channles + 5 channel perkusi.

Spesifikasi terakhir adalah Onboard RAM. Master V memiliki Boot ROM dari 63 kbit (8KB) hingga 2048 kbit (256 KB) tergantung dengan game bult-in yang tersedia.

RAM utama yang dimiliki Master V adalah sebesar 64 kbit (8 KB) dan bisa disuplementasikan oleh berbagai catridge game. Terakhir, Video RAM yang tersedia hingga 128 kbit atau 16 KB.

Baca Juga: 5 Perusahaan Pengembangan Aplikasi Game Seluler

Mengenai Game Dev Tycoon

Game Dev Tycoon
Gameplay Game Dev Tycoon. Sumber: Greenheart Games

Game Dev Tycoon adalah video game simulasi bisnis yang dikembangkan oleh developer game bernama Greenheart Games. Game tersebut rilis pada tahun 2012 dan tersedia untuk Windows, macOS, Linux, Nintendo Switch, Android, dan juga iOS.

Dalam Game Dev Tycoon, para pemain akan membuat dan membangun video game untuk berbagai konsol yang tersedia, salah satunya adalah konsol Master V yang sudah kita bahas.

Demikian pembahasan mengenai konsol Master V dalam Game Dev Tycoon, semoga bermanfaat bagi para Game Dev Tycoon Enthusiast!

Penuhi berbagai kebutuhan top up game hanya di VCGamers Marketplace dan dapatkan promo yang tersedia untuk harga yang lebih murah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!