Cybersecurity dan Cara Memanfaatkannya dengan Baik

cybersecurity

Kita hidup di era digital. Setiap hari adalah penemuan digital baru yang mendorong kita sedikit lagi dalam mereformasi dunia ini, baik secara digital maupun fisik. Sayangnya, setiap langkah maju datang pasti diiringi dengan tantangan baru, yang bisa berbahaya dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Cybersecurity menjadi perhatian saat ini bagi pengusaha dan bisnis. Di mana orang cenderung menikmati kemudahan akses untuk tetap terhubung secara online, dibayangi oleh adanya scammer, phisher, dan segala jenis penjahat yang menunggu di kegelapan biner dengan niat jahat.

Dalam artikel ini, kami membahas beberapa cara yang sangat dibutuhkan dan akan membantu kamu untuk dapat melindungi diri sendiri dan sistem agar tidak terjerumus ke dalam perangkap internet. Kami akan memeriksa beberapa alat dan teknik bagus yang menempatkanmu pada posisi otoritas, menjamin bahwa pada saat kamu selesai membaca, kamu akan menjadi lebih bijak dan lebih berhati-hati dengan dunia maya. Karena workhorse machine mungkin perlu mengunduh dan/atau tetap terhubung ke sebagian besar poin berikut yang disebutkan, lanjutkan dan periksa paket internet fiber AT&T.

Memiliki penyedia layanan internet (ISP) yang kuat tidak hanya membuatmu tetap terhubung dengan kemungkinan lag yang minimal, tetapi juga membantu memastikan bahwa perangkatmu aman, diperbarui, dan secara teratur menyediakan diagnostik tanpa gangguan di sepanjang jalan. Sekarang, tanpa basa-basi lagi, mari kita masuk ke inti artikel ini.

Selalu Perbarui Perangkat Lunak (Software)

Yang ini tidak masuk akal. Kemungkinan besar perusahaan mesin kamu akan bekerja keras untuk mendorong pembaruan over-the-air (OTA) yang terdiri dari security update. Pastikan untuk memeriksa pembaruan secara teratur sehingga sistem dapat melakukannya tepat waktu. Ini berpotensi membawa software baru dan memoles yang lama. Secara keseluruhan, itu akan membuat jarak yang jauh antara kamu dan setiap kejadian kejahatan dunia maya.

Baca juga: Cara Mudah Aktifkan Android Device Manager, Smartphone Aman!

Hindari Email yang Mencurigakan

Terlalu banyak email bisa menjadi teman terbaikmu dalam hal mengikuti klien atau bekerja secara umum, email juga bisa menjadi tempat yang membuat kamu paling terbuka. Penipuan phishing sering menggunakan akun email untuk masuk ke celah yang cukup besar untuk membocorkan data tentang perusahaanmu. Hindari ini di semua biaya. Pastikan untuk hanya menanggapi atau menjangkau email resmi yang memiliki kredensial dan tampilan berbeda. Dalam kasus penipuan yang mungkin terjadi, laporkan dengan cepat ke departemen IT yang bersangkutan atau yang lebih tinggi untuk mengurangi kecemasan apa pun.

Enkripsi Data yang Kamu Miliki

Bahkan jika kamu memiliki file yang siap digunakan dan penerima yang telah diverifikasi, pastikan untuk mengenkripsi file tersebut dengan benar sebelum mengirimkannya. Email biasa seperti Gmail dapat menjamin jalan yang aman untuk datamu, tetapi selalu merupakan kebiasaan yang baik untuk melakukannya sendiri untuk menambahkan lapisan keamanan pada informasi sensitif.

Baca juga: Cara Login Mitra Higgs Domino TopBos, Nggak Perlu Verifikasi!

Gunakan Anti-Virus yang Terbaik

Ada banyak inventaris anti-virus yang tersedia di pasar, tetapi yang terbaik tetap Norton atau McAfee dan masih menjadi raja dalam hal keamanan menyeluruh untuk perangkatmu. Meskipun perangkatmu mungkin datang dengan versi uji coba dari software ini yang sudah diinstal sebelumnya, kami tetap menyarankan untuk melanjutkan dan mendapatkan paket lengkap. Ini membuka kunci seluruh spektrum layanan yang ditawarkan oleh anti-virus dan, pada gilirannya, perangkatmu akan dilengkapi dengan semua sarana yang diperlukan untuk mem-boot software berbahaya apapun yang masuk ke perangkatmu. Lebih baik aman daripada menyesal.

Aktifkan Autentikasi 2 faktor

Pada tahap ini, kamu harus mencari untuk menyimpan sebanyak mungkin lapisan keamanan. Autentikasi 2 faktor tidak hanya membantumu untuk tetap terlindungi, tetapi juga, dengan bantuan aplikasi, memberi tahu kamu tentang aktivitas apapun di perangkatmu. Ini dapat membantu meningkatkan peringatan dengan baik sebelum kemungkinan pencurian terjadi.

Baca juga: Freer In: Situs Penambah Followers dan Likes Sosial Media

Singkirkan Adware

Adware tidak sepenuhnya berbahaya tetapi cenderung mengumpulkan informasi dari akun dan aktivitas kamu. Kamu tidak memerlukan itu. Dan beberapa adware juga berkontribusi memperlambat sistem. Rekomendasi kami adalah menggunakan software/tools pembersih dan menghapus semua adware yang sibuk menyumbat sistem. Pada akhirnya, ini akan menyegarkan perangkatmu dan memungkinkan lebih banyak ruang dan daya pemrosesan untuk menangani tugas-tugas penting.

Jangan Gunakan Jaringan Publik

Jaringan publik adalah juara dalam mengungkap aktivitasmu. Mereka memiliki keamanan yang sangat kecil dan memungkinkan jaringan dan perangkat lain menemukan milikmu. Hal ini dapat menyebabkan potensi peretasan tanpa kamu sadari. Cobalah untuk tidak melakukan hal ini dan hindari jaringan publik dimanapun dan kapanpun kamu bisa.

Kesimpulan

Ini adalah ringkasan dari pilihan tips kami untuk meningkatkan cybersecurity. Meskipun sudah ada beberapa saat, internet masih dalam keadaan tidak stabil, dan selalu ada peluang  kejahatan yang siap memanfaatkanmu. Tetap cerdas dan selesaikan pekerjaanmu.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Booting Windows

Jangan lupa top up game favoritmu dengan mudah, cepat, dan aman hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!