Cara Menghindari Crypto FOMO, Jangan Ikut-ikutan!

Crypto FOMO

Banyak investor ketakutan dan sering banget terjebak dalam Crypto FOMO (Fear Of Missing Out). Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada trader dan investor baru di dunis crypto.

Crypto FOMO adalah istilah yang populer di komunitas cryptocurrency, pasar yang telah dikaitkan dengan keputusan perdagangan yang tidak rasional dan terkadang tidak berdasar.

FOMO di dunia kripto terjadi ketika seseorang membuat keputusan yang tidak rasional untuk trading atau berinvestasi dalam aset kripto berdasarkan beberapa informasi yang diterima tanpa memverifikasi sumber dan atau keakuratannya dengan benar.

FOMO dalam cryptocurrency mengarahkan orang untuk membeli aset dengan harga tertinggi atau bahkan menjualnya dengan harga terendah, daripada sebaliknya, yang akan lebih baik. Terkadang, konsekuensi dari crypto FOMO bisa lebih buruk dan lebih mendalam daripada kehilangan modal yang diinvestasikan. 

Cara Menghindari Crypto FOMO

Di bawah ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan agar bisa terhindar dari hal tersebut.

Luangkan Waktu Untuk Riset

apa itu market cap crypto
cara terhindar dari Crypto FOMO

FOMO bersifat kompulsif dan didorong oleh informasi yang diterima dari berbagai saluran. Biasanya, berita seperti itu tidak diverifikasi dan ditafsirkan sesuai dengan bias pribadi.

Melakukan penelitian memberi keunggulan dalam mengatasi crypto FOMO. Namun, praktik tambahan yang bermanfaat adalah memiliki daftar individu ahli dan media untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Mengandalkan outlet media dan influencer terpilih ini sebagai sumber sekunder berkontribusi pada pengambilan keputusan yang lebih baik tentang apakah akan membeli atau menjual aset kripto. Detail dan kejelasan ekstra dapat membantu menginformasikan keputusan trading atau investasi.

Kamu Tidak Bisa Menang Sepanjang Waktu

Ilustasi Token Crypto
cara terhindar dari kripto FOMO. Sumber: Ellevest

Hidup adalah kombinasi dari pasang surut, datang ke realisasi ini memberikan investor perspektif logis dan landasan yang lebih baik.

Memahami bahwa dalam berinvestasi seseorang tidak selalu berada dalam posisi yang menguntungkan menentukan nada untuk lebih banyak kemenangan dan mampu menangani kerugian sesekali.

Bahkan pendukung Bitcoin seperti co-founder MicroStrategy Michael Saylor tidak selalu berada di pihak pemenang pasar crypto. Taruhan terbaik bagi investor atau trader kripto adalah mengembangkan strategi yang memudahkan untuk mengenali FOMO.

Ketahuilah Pasar Volatil

Ilustrasi Bursa Crypto Indonesia
cara terhindar dari kripto FOMO

Pasar cryptocurrency, seperti yang lain di dunia keuangan, bergerak dalam siklus naik turun, dengan periode bullish dan bearish.

Pasar banteng terdiri dari serangkaian harga tertinggi dan pasar beruang datang dengan posisi terendah dan dengan orang-orang kehilangan uang.

Memahami siklus ini akan membantu mengurangi risiko didorong oleh FOMO, ketika kamu dapat mengenali waktu yang tepat untuk masuk dan keluar dari trading.

Baca juga: Ciri-ciri Crypto Scam yang Haru Kamu Pahami, Biar Nggak Rugi!

Belajar Dari Kesalahan Sebelumnya

Perbedaan Saham dan Crypto Platform
cara terhindar dari kripto FOMO

Salah satu cara terbaik untuk menghindari FOMO adalah belajar dari kesalahan sebelumnya. Renungkan saat kamu panik-menjual Bitcoin, didorong oleh berita yang kamu dengar tentang dump yang masuk, hanya untuk melihat harganya naik tajam setelah kamu mengklik tombol jual. 

Kamu menemukan informasi itu tidak mendalam, atau mungkin tidak benar. Skenario seperti itu bisa membuatmu menyesal menjual.

Baca juga: Pump Crypto Adalah Pembelian Aset, Begini Penjalasannya!

Untuk menghindari ini, renungkan situasi di mana kamu membuat keputusan trading yang menyebabkan kehilangan uang, yang kamu sesali.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!