Cara Mudah untuk Screenshot di Windows 10 dan 11

Cara Screenshot Windows 10 dan 11

Terkadang ada kalanya kita ingin melakukan screenshot sesuatu di laptop. Namun tidak semua orang mengetahui cara screenshot di laptop Windows, baik Windows 10 dan 11.

Untuk membantu mengatasi permasalahan kecil, namun sering kita temui ini, maka kali ini kami akan mengulas khusus untukmu mengenai cara screenshot di laptop Windows 10 dan 11. 

Berikut adalah beberapa cara screenshot di laptop Windows 10 dan 11. Kamu bisa memilih cara yang dirasa cocok dan lebih simpel.

Snip & Sketch

Cara Screenshot Windows 10 dan 11
Snip & Sketch. Source: cnet.com

Snip & Sketch merupakan tools yang memberikan kemudahan padamu saat menggunakannya. Dimana kamu bisa melakukan screenshot dan membagikan tangkapan layar tersebut ke orang lain.

Cara screenshot menggunakan Snip & Sketch adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard. 

Setelah kamu berhasil mengambil screenshot, maka gambar tersebut akan disimpan ke papan klip dan muncul sebentar sebagai pemberitahuan di sudut kanan bawah layar monitor kamu.

Klik notifikasi yang muncul untuk membuka hasil screenshot di aplikasi Snip & Sketch untuk membuat anotasi, menyimpan, atau membagikannya.

Cukup mudah bukan menggunakan tools Snip & Sketch untuk melakukan screenshot?

Baca juga: Kelebihan Menggunakan Windows 11, Lebih Keren Nih!

Snipping Tool

Cara Screenshot Windows 10 dan 11
Snipping Tool. Source: cnet.com

Snipping Tool merupakan aplikasi yang sudah ada di Windows, bahkan keberadaannya sudah ada sejak Windows Vista. Snipping Tool sendiri telah dihapus dari daftar aplikasi di menu Start, tetapi kamu masih bisa mengaksesnya dengan mudah melalui pencarian.

Untuk menggunakannya, kamu terlebih dulu harus klik tombol New untuk memulai proses screenshot. Jenis screenshot yang bisa kamu ambil menggunakan Snipping Tool sangat bervariasi, mulai dari persegi panjang, bentuk bebas, layar penuh, dan jendela.

Namun, Snipping Tool tidak secara otomatis akan menyimpan hasil screenshot. Kamu harus menyimpannya secara manual di tools sebelum kamu keluar, dan secara otomatis menyalin tangkapa ke clipboard.

Print Screen

Cara Screenshot Windows 10 dan 11
Print Screen. Source: cnet.com

Selanjutnya kamu bisa menggunakan tombol Print Screen atau biasa disebut dengan PrtScn. 

Namun, hasil dari screenshot kamu tidak akan disimpan sebagai file, tetapi akan disalin ke clipboard. Dan untuk menyimpannya, kamu harus membuka alat pengeditan gambar seperti Microsoft Paint, lalu menempelkan screenshot tersebut ke dalam editor dan menyimpan file dari sana.

Baca juga: 5 Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 11

Tombol Windows + Print Screen

Cara Screenshot Windows 10 dan 11
Tombol Windows + Print Screen. Source: Jurnal Ponsel

Cara selanjutnya untuk screenshot di laptop Windows 10 dan 11 adalah menggunakan Tombol Windows + Print Screen.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik Tombol Windows + Print Screen secara bersamaan hingga layar monitor berubah menjadi redup beberapa detik. Hal itu menandakan kamu sudah berhasil melakukan screenshot dan screenshot pun otomatis tersimpan di folder Pictures > Screenshots.

Namun jika laptop kamu tidak memiliki tombol Print Screen atau PrtScn, tidak perlu khawatir. Sebab kamu bisa menggunakan kombinasi lain, yaitu Fn + tombol logo Windows + Space Bar.

Dengan kombinasi tersebut akan membuat file screenshot akan tersimpan otomatis di folder Pictures > Screenshots.

Beberapa Cara Screenshot Lainnya

Cara Screenshot Windows 10 dan 11
Tombol Windows + Tombol G. Source: lewatonline.com

Beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk screenshot adalah menggunakan game bar. Caranya yaitu, tombol Windows + tombol G atau menggunakan kombinasi lain seperti tombol Windows + Alt + PrtScn.

Semua file screenshot yang sudah kamu ambil akan tersimpan otomatis di folder Pictures > Screenshots.

Baca juga: 7 Aplikasi yang Wajib Ada di Laptop Windows 10

Nah, itulah cara screenshot di Windows 10 dan 11. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam mengambil tangkapan layar.

Yuk kunjungi VCGamers News untuk temukan update info lainnya mengenai tech and gadget.

Dan jangan lupa untuk top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!