Cara Refund Game di Steam, Cepat dan Mudah!

steam refund (2)

Didalam dunia game pasti kamu sudah mengenal berbagai platform yang menjual berbagai game, salah satunya adalah Steam. Banyak sekali keunggulan yang bisa kamu peroleh di platform ini, misalnya kamu bisa refund game di Steam lho!

Hadirnya Steam ini bisa memberikan kemudahan untuk mendapatkan akses game original, platform ini pula menjadi salah satu pioner yang menjual banyak game dari berbagai developer dan kemungkinan kamu juga akan memperoleh sale game yang sangat besar pada setiap musim atau setiap bulannya.

Perlu diketahui bahwa keunggulan lain dari Steam ini adalah melihat feedback atau testimoni dari pembeli, mengetahui system requirements pada game tersebut, kemungkinan akan mendapatkan game lama secara gratis. Selain itu, disini juga kamu bisa chit-chat bersama pemain lain lho!

Nah, terdapat salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh para pemain ketika mereka salah beli game ataupun tidak sesuai, mereka menggunakan Steam refund untuk mengembalikan game tersebut. Pada artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fitur ini dan step-stepnya!

Baca juga: Simak! Ini Langkah Mudah Download Game Steam

Apa itu Steam Refund?

Purchase on Steam (Source: Steam Support)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Steam memiliki salah satu keunggulan yang diminati oleh para pemain yaitu fitur refund.

Fitur ini digunakan apabila kamu salah membeli game, tidak cocok atau tidak sesuai, tidak bisa dimainkan di platform PC atau Konsol, adanya bug pada game dan masih banyak lagi.

Tentu saja hal ini menjadi sebuah wadah bagi para pemain untuk dapat mengembalikan game yang telah dibeli di Steam dan pastinya uangmu akan kembali.

Nah, fitur ini akan sangat berguna apabila kamu mengalami permasalahan seperti diatas. Tentunya juga kamu perlu memperhatikan syarat-syaratnya apabila ingin refund game tersebut di Steam.

Baca juga: 5 Game PC Gratis Terbaik di Steam 2023, Buruan Download!

Syarat & Ketentuan

care refund di steam
Bad Rats on Steam (Source: Business Insider)

Ternyata jika kamu ingin refund game di Steam, kamu perlu memperhatikan syaratnya nih. Namun, persyaratan tersebut kamu benar-benar kamu ikuti supaya bisa di approve oleh Steam. Apa saja persyaratannya?

Pembelian Tidak Lebih dari 14 Hari

Syarat yang pertama adalah game yang kamu beli di Steam tidak boleh lewat dari 14 hari.Nah, selama jangka waktu tersebut kamu masih bisa refund dan mendapatkan uangmu kembali dari Steam.

Game Tidak Boleh Dimainkan Lebih dari 3 Jam

Syarat yang kedua, kamu masih bisa memainkan game yang baru kamu beli tersebut sebagai testing apakah ada masalah yang muncul dari game.

Nah, tentunya kamu harus benar-benar mencoba game tersebut dalam waktu dua jam di hari yang sama. Jika game tersebut terdapat bug atau masalah lain, kamu bisa langsung mengajukannya dalam jangka waktu 14 hari.

Hal ini tidak berlaku atau tidak akan diterima oleh Steam apabila kamu telah bermain game tersebut lebih dari 2 jam dan besok harinya kamu meminta refund.

Intinya adalah kamu harus benar-benar memainkannya selama dua jam dan mengembalikannya selama 14 hari kedepan. Baru Steam bisa menyetujui permintaan refund-mu.

Berlaku Juga untuk DLC

Bagi kamu yang membeli game versi DLC di Steam, tentu bisa kamu refund juga lho! Sebenarnya untuk ketentuannya sama saja seperti diatas, namun perbedaanya adalah DLC tersebut belum digunakan, dimodifikasi bahkan ditransfer.

Perlu diingat, DLC yang direfund hanya game yang dibuat oleh Valve saja. Selain itu juga, kamu perlu mengetahui developer dari game tersebut apakah mereka bekerjasama dengan Steam atau tidak?

Jika iya, kamu bisa melakukan refund untuk DLC tersebut dan apabila tidak, kamu perlu menghubungi developer game tersebut.

Baca juga: 5 Game RPG yang Layak untuk Dibeli di Steam Summer Sale

Cara Refund Game di Steam

cara refund di steam
Left 4 Dead on Steam (Source: Steam Support)

Setelah mengetahui semua persyaratannya, bagaimana sih caranya untuk melakukan refund di Steam? Berikut ini adalah caranya, simak di sini ya!

  • Pertama, kamu perlu Daftar atau Memiliki Akun Steam tersebut dahulu supaya bisa melakukan pengembalian game tersebut. Jika kamu belum memiliki akun, bisa daftar di sini terlebih dahulu. Apabila telah memiliki akun, kamu bisa login di sini.
  • Kedua, kamu mengunjungi situs https://help.steampowered.com/en/
  • Ketiga, masuk ke Menu Games, Software, etc.
  • Selanjutnya, kamu pergi ke halaman Recent Products untuk memilih game yang akan kamu refund di Steam.
  • Lalu, pilih salah satu alasan yaitu “I Purchase This by Accident (Saya tidak sengaja membelinya)” atau “It’s not what I expected (Tidak sesuai dengan ekspetasi/harapan saya)”. 
  • Selanjutnya, pilih I’d Like to Request a Refund (Saya ingin meminta pengembalian dana).
  • Tunggu sebentar, nanti kamu akan Menjelaskan Alasan yang kuat kenapa kamu ingin refund game tersebut pada bagian Tell Us Why (Beri tahu kami alasannya).
  • Langkah selanjutnya, pilih Metode Refund yang akan digunakan seperti Steam Wallet, DANA ataupun Kartu Kredit. Metode ini harus sesuai pada saat membeli game di Steam, ya!
  • Lalu, Konfirmasi atau Submit Request.
  • Selesai. Nanti kamu akan mendapatkan Kode Referensi yang bisa digunakan untuk tracking refund-mu kepada pihak Steam dan kamu tinggal menunggu informasi untuk proses pengembalian dari Steam.
Baca juga: Daftar Game yang Sedang Diskon di Steam 2023

Berapa Lama Prosesnya?

steam refund (3)
LIMBO on Steam (Source: Addactive Tips)

Berapa lama proses refund di Steam? Kamu perlu menunggunya sekitar 2 jam hingga maksimal 7 hari ke depan supaya uangmu dapat kembali ke Steam Wallet ataupun Kartu Kreditmu.

Sebenarnya, refund ini sangat mudah dan prosesnya hanya memerlukan waktu sebentar saja.

Namun, yang perlu diingat adalah alasan kuatmu untuk refund game tersebut supaya bisa di approve oleh Steam, maka dari itu kamu perlu memikirkan alasan yang masuk akal untuk melakukan refund tersebut.

Baca juga: Catat! Inilah Jadwal Next Steam Sale Tahun 2023

Nah, itulah cara refund di Steam, sangat mudah sekali bukan? Sebagai pengingat, kamu perlu teliti sebelum membeli game di Steam ya!

Bagi kamu yang ingin membeli game di Steam, jangan lupa untuk beli voucherSteam Wallet-mu hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!