5 Cara Pilih HP Gaming Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

HP Gaming Terbaik

HP Gaming terbaik telah banyak beredar di pasaran. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di toko resmi maupun di ecommerce/marketplace kesayangan kamu.

Harganya pun sangat beragam. Mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Tapi, kita tetap bisa memilikinya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Kehadiran HP Gaming tentu sejalan dengan hadirnya banyak game Mobile. Sehingga, memiliki perangkat yang mendukung tentu menjadi sesuatu yang diidamkan banyak pemain game Mobile.

HP Gaming memiliki perbedaan dengan HP biasa. Terdapat sejumlah fitur pendukung  yang memungkinkan kamu untuk dapat bermain dengan aman, nyaman dan lebih lama.

HP Gaming juga cenderung memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Karena spesifikasi itu memang dibutuhkan untuk dapat memberikan pengalaman bermain game Mobile dengan lancar dan nyaman.

Tapi kamu jangan sampai  keliru. Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian loh sebelum membeli HP gaming. Apa aja sih? 

Mari kita simak ulasannya!

Baca juga: VCGamers Gelar Event Gaming Your Way, Berhadiah Laptop dan HP Gaming!

5 Cara Pilih HP Gaming Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, pada artikel ini kita akan mengulas tentang cara memilih HP Gaming Terbaik. Cara memilih ini kami rekomendasikan agar tidak keliru saat membelinya. 

Langsung saja mari kita simak cara pilih HP Gaming paling oke yang patut kamu coba.

Baca juga:5 HP Gaming Android Terbaik Dengan Layar 90 Hz

Sesuaikan dengan Budget

Cara Pilih HP Gaming
Menyiapkan dan menyesuaikan budget merupakan hal yang perlu dilakukan

Pertama, kamu harus menyesuaikan HP yang ingin dibeli dengan budget yang tersedia. Ini jadi hal yang paling penting supaya kamu bisa tahu spesifikasi seperti apa yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Kamu bisa mencari rekomendasi HP gaming sesuai dengan budget yang kamu punya. Misal, kamu memiliki budget sekitar Rp 10 juta, nah kamu bisa mencari HP dengan harga tersebut.

Atau, jika memang budget untuk beli HP Gaming masih kurang, kamu perlu untuk bersabar dan mengumpulkan uang atau menabung kembali.

Yang pasti, menyesuaikan barang yang ingin dibeli dengan budget itu merupakan hal yang penting loh.

Baca juga: 5 HP Gaming RAM 8 GB Terbaik di Tahun 2022

Klasifikasikan HP Berdasarkan Prosesor

Prosesor HP Gaming Terbaik
Kualifikasikan berdasarkan prosesor merupakan hal penting sebelum membeli.

Setelah sudah menyediakan budget tertentu untuk membeli HP, kamu bisa nih langsung mengklasifikasikannya berdasarkan prosesor.

Hal ini akan memudahkan kamu untuk memilih loh. Karena, pilihan kamu akan semakin sedikit.

Untuk prosesor HP sendiri ada beberapa pilihan. Diantaranya, Qualcomm Snapdragon, Exynos, Kirin, hingga Mediatek.

Pilih prosesor yang kamu inginkan untuk kebutuhan bermain game.

Perhatikan juga kekurangan dan kelebihan dari masing-masing prosesor.

Upayakan bahwa pilihan kamu sudah tepat. Sehingga, kamu nggak nyesel saat sudah membeli HP Gaming idaman.

Baca juga: 5 HP Oppo Untuk Game Harga 1 Jutaan 2022

Perhatikan RAM & ROM

RAM HP Gaming
Ilustrasi RAM.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum membeli HP Gaming adalah dengan memperhatikan RAM & ROM.

HP Gaming biasanya memiliki RAM & ROM dengan ukuran yang lebih besar.

Untuk sekelas HP android, minimal kamu membutuhkan HP dengan RAM 8 GB, dan minimal ROM 128GB.

Mungkin berbeda dengan pengguna iPhone/iPad yang cukup dengan hanya dibekali RAM 6GB, karena tingkat efisiensinya yang signifikan.

Kalau kamu seorang gamers yang suka install game kelas atas dengan size yang besar, pastikan kamu tidak memilih HP dengan kapasitas ROM <128GB ya.

Baca juga: 5 Earphone Gaming Terbaik Dengan Peredam Bising

Pertimbangkan Kapasitas Baterai

Baterai HP Gaming
Ilustrasi Baterai

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah kapasitas baterai. Tentunya bakal nyebelin kalau lagi asyik main tiba-tiba muncul notifikasi baterai lemah.

Apalagi, kalau baru digunakan untuk bermain game ternyata langsung low batt.

Nah, oleh karena itu kita harus bisa memilih HP Gaming dengan kapasitas baterai yang mendukung. 

Setidaknya, kita membutuhkan HP dengan kapasitas minimal 5000 mAh lah ya. Tentunya yang dilengkapi dengan fitur fast charging agar lebih cepat ketika mengisi daya.

Baca juga: 5 HP Gaming Hemat Baterai yang Harus Kamu Beli

Lihat Juga Spesifikasi Pendukung Lainnya

Kamera HP Gaming
Kamera

Selain hal-hal di atas, yang perlu menjadi perhatian untuk membeli HP Gaming adalah spesifikasi pendukung lainnya.

Spesifikasi pendukung yang dimaksud di sini yaitu kamera, refresh rate layar, NFC, wireless charger, hingga software game booster.

Perhatikan beberapa hal di atas, karena kamu juga tidak mau kerepotan kan saat ingin mengabadikan momen tertentu dengan kamera, mengisi emoney kamu saat kepepet dengan NFC, ataupun tidak mau repot mengisi daya menggunakan kabel.

Selain itu, dengan adanya software game booster, banyak hal yang juga kamu dapatkan yang bikin pengalaman bermain kamu semakin menyenangkan.

Di antaranya yaitu dapat menghentikan aplikasi lain hingga menutup notifikasi yang masuk.

Walaupun sudah banyak aplikasi pihak ke-3 yang menyediakan fitur ini, namun apa salahnya kalau pihak produsen terus mengembangkan fitur game booster bawaan mereka yang terbukti ampuh meningkatkan pengalaman bermain game. 

Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2022

Dilansir dari CekList.ID, tercatat ada >20 HP Gaming terbaik yang direkomendasikan untuk kamu di tahun 2022 ini. 

Tentunya, HP yang direkomendasikan ini cocok kamu gunakan untuk bermain game. Karena sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Daripada penasaran, langsung saja mari kita simak beberapa rekomendasi HP Gaming terbaik dan teranyar saat ini dari beberapa brand besar dunia.

ASUS ROG Phone 6 Pro

HP Gaming ASUS ROG Phone 6 Pro
HP Gaming Terbaik ASUS ROG Phone 6 Pro

HP Gaming Terbaik yang akan kita ulas pertama adalah ASUS ROG Phone 6 Pro. HP ini dinilai dapat memenuhi banyak hal yang dibutuhkan untuk bermain game.

HP ini menggunakan layar AMOLED berukuran 6.78 inci fullHD+ (1.080×2.448 piksel) dengan refresh rate 165Hz serta adaptif dengan touch sampling rate 720Hz.

Selain itu, ASUS ROG Phone 6 Pro menggunakan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang dilengkapi LPDDR5 RAM 18GB.

HP ini juga memiliki kapasitas penyimpanan internal hingga sebesar 512GB dan pengolah grafis mumpuni dari GPU Adreno 730. 

Tidak sampai di situ, HP Gaming ini juga telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh berikut fitur fast-charging 65W.

Xiaomi Black Shark 5 Pro

Black Shark 5 Pro
Black Shark 5 Pro.

Kedua, yaitu Xiaomi Black Shark 5 Pro, HP ini menggunakan Chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan variasi kapasitas RAM mulai dari 8, 12 hingga 16 GB.

HP yang memiliki penyimpanan berkapasitas 256/512GB ini menggunakan layar AMOLED 6.67 inci dengan resolusi FHD+ serta refresh rate 144Hz, HDR10+. Sehingga, gambar yang diberikan akan jernih dan tajam.

Hal ini tentu akan membantu aktivitas kamu dalam bermain game. Apalagi, Black Shark 5 Pro ini juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 120 W.

Walaupun memang kapasitas baterai di atas kertasnya terlihat tidak terlalu istimewa 4.650mAh, namun boleh diadu kok untuk ketahanan baterainya

Nubia Red Magic 7

Nubia Red Magic 7 HP Gaming Terbaik oke
Nubia Red Magic 7.

Selanjutnya yang direkomendasikan adalah Nubia Red Magic 7.

Nubia Red Magic 7 ini didukung chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dengan RAM 12 GB dan media penyimpanan hingga 512 GB. 

Tidak hanya itu, Nubia Red Magic 7 juga telah memiliki sistem pendingin ICE 8.0 loh.  

Tidak berbeda jauh dengan Black Shark 5 Pro, baterai HP ini berkapasitas 4.500mAH yang lengkap dengan fitur fast charging 120W.

OnePlus 10 Pro

OnePlus 10 Pro HP Gaming Terbaik
OnePlus 10 Pro.

Selanjutnya ada OnePlus 10 Pro. HP ini menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan  dengan RAM 8 atau 12GB dan penyimpanan bervariasi mulai dari 128, 256 hingga 512 GB 

HP ini dilengkapi layar LTPO2 Fluid AMOLED 6.7 inci dan  resolusi QHD+ sebesar 1440 x 3126 pixel serta refresh rate adaptif yang lebih fleksibel hingga 120Hz.

OnePlus 10 Pro juga memiliki kapasitas baterai hingga 5.000mAh lengkap dengan fitur fast charging hingga 80 Watt serta wireless charging 50 Watt.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

HP Gaming Samsung Galaxy S22 Ultra oke
Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.

Selanjutnya yaitu Samsung Galaxy S22 Ultra. HP ini mempunyai layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci dan resolusi QHD+ 1440 x 3088 pixels, dengan refresh rate 120 Hz serta touch sampling rate 240 Hz. 

Sama seperti beberapa HP di atas, HP ini menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan RAM 8 atau 12GB dan penyimpanan sebesar 128, 256, 512 GB atau 1 TB.

Dibekali baterai 5.000mAh, fitur pengisian daya cepat 45Watt, dan wireless charging, HP ini boleh dicoba kok untuk daily driver kamu.

Baca juga: Harga, Tanggal Rilis dan Desain HP Asus ROG 6

Nah itu dia beberapa HP Gaming yang dapat kamu lirik Vicigers, untuk rekomendasi selengkapnya bisa lanjut baca di sini ya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!