Cara Mudah Menggunakan Saweria 2022

Saweria

Saweria adalah platform penyedia fasilitas monetisasi. Masyarakat luas bisa menggunakan Saweria untuk memberikan donasi terhadap content creator favorit yang memiliki akun Saweria.

Ketika Vicigers menonton streaming YouTube atau Twitch, mungkin pernah melihat barcode unik dan link yang menuju website ini. Namun, bagaimana cara menggunakannya?

Bagi Vicigers yang penasaran, yuk bahas pembahasan apa itu Saweria dan cara menggunakan platform donasi tersebut di bawah ini!

Baca Juga: Cara Dapat Diamond Gratis Untuk Free Fire Elite Pass Season 52

Apa Itu Saweria?

Halaman Utama Saweria
Halaman Utama Saweria. Sumber: VCGamers

Saweria bisa ditemukan di berbagai platform media sosial streaming seperti YouTube, Twitch, NimoTV, hingga Facebook Live. Selama ini, sudah banyak streamer yang menggunakan platform donasi tersebut sebagai salah satu pemasukkan.

Streamer atau content creator memilih Saweria sebagai platform donasi karena pendaftarannya sangat mudah. Tidak hanya itu, metode pembayaran bagi donatur juga sangat fleksibel, sehingga dengan mudah masyarakat luas bisa menggunakan platform tersebut.

Para content creator khususnya streamer juga bisa mengintegrasi platform donasi tersebut terhadap software streaming seperti OBS sebagai Browser Source. Meskipun tidak ribet dan sangat fleksibel, streamer dan donatur tetap mengikuti peraturan pemerintah dan terdapat Panduan Donasi yang harus dipatuhi.

Baca Juga: Rekomendasi Microphone Gaming Termurah, Cocok untuk Streaming!

Cara Menggunakan Saweria Sebagai Content Creator

Daftar Saweria
Halaman Pendaftaran Saweria. Sumber: VCGamers

Streamer atau content creator pastinya memiliki platform atau link donasi. Khusus untuk content creator lokal, sudah banyak yang menggunakan Saweria sebagai platform fasilitas monetisasi.

Untuk Vicigers yang ingin menggunakan Saweria sebagai content creator, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun:

  1. Daftarkan Vicigers melalui website resmi.
  2. Masukkan data diri yang sesuai.
  3. Pilihlah username yang cocok dan dengan hati-hati.
  4. Verifikasi akun agar bisa melakukan pencairan dana kemudian hari.
  5. Atur overlay yang ingin digunakan sesuai dengan selera saat live streaming.
  6. Gunakan QR Code dan link yang tersedia agar penonton bisa mengakses dengan mudah.

Proses untuk mendaftarkan diri dan verifikasi cukup mudah. Dengan mendaftarkan diri, Vicigers bisa membagikan link dan QR Code agar penonton bisa melakukan donasi.

Namun, sebagai penonton, bagaimana cara melakukan donasi? Yuk simak langkahnya di bawah ini!

Baca Juga: Platform Streaming Gaming Terbaik, Mana Andalanmu?

Cara Memberikan Donasi

Donatur Saweria
Halaman Pengisian Formulir untuk Donasi. Sumber: VCGamers

Memberikan donasi kepada streamer atau content creator favorit sangatlah mudah. Vicigers bisa secara langsung klik link yang disediakan oleh content creator atau dengan melakukan scan barcode yang telah tersedia.

Setelah itu, Vicigers bisa langsung mengisi formulir yang tersedia. Masukkan nominal, nama pengirim, email pengirim, dan pesan yang sesuai dengan keinginan. Bila streamer menyediakan fitur Mediashare, maka donatur bisa mengirimkan link YouTube dan video tersebut otomatis muncul.

Setelah mengisi formulir, pilihlah metode pembayaran yang sesuai, contohnya dengan GoPay. Vicigers bisa langsung melakukan scan kode GoPay dan langsung membayar. Tunggu beberapa saat, donasi akan muncul, dan Streamer akan menerima donasi tersebut.

Vicigers harus berhati-hati dan buatlah donasi yang memungkinkan. Jangan keluarkan dana yang berlebihan untuk mencuri perhatian streamer atau content creator selama satu detik. Donasi secara bertanggung jawab dan dukung content creator secara ikhlas ya!

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan Saweria sebagai Content Creator dan sebagai donatur. Untuk keperluan top up gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!