Cara Membuat Logo di Canva, Mudah dan Cepat!

cara membuat logo di canva

Untuk membuat sebuah logo, kamu bisa menyewa jasa. Atau, kamu bisa juga membuatnya sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi. Yang akan kita bahas kali ini yaitu cara membuat logo di Canva.

Logo adalah identitas sebuah perusahaan atau bisnis yang bisa digunakan untuk menyampaikan citra yang positif bagi calon konsumen.

Dengan logo yang menarik, akan banyak orang yang penasaran dan akhirnya akan mencoba produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Artikel berikut ini akan membahas tentang profil dan bagaimana cara membuat logo di Canva. Untuk kamu yang tertarik, yuk simak bersama!

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Terbaru 2023

Canva, Situs Desain Grafis Dengan Tampilan Yang Friendly!

Cara membuat logo di Canva - tampilan awal Canva
Tampilan awal Canva. Source: Canva

Canva adalah sebuah aplikasi platform desain grafis dan komunikasi visual online yang diluncurkan pada tahun 2013.

Perusahaan ini memiliki misi untuk memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apapun dan mempublikasikannya dimanapun.

Canva memiliki lebih dari 100 juta pengguna bulanan yang aktif di 190 negara dan telah tersedia dalam 100 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Dengan tampilan pengguna yang sederhana, Canva membantu para penggunanya untuk membuat berbagai desain seperti poster, infografis, hingga postingan media sosial dengan mudah.

Terdapat berbagai jenis template, gambar, elemen, dan teks yang bisa kamu gunakan untuk memodifikasi template yang sudah disediakan secara gratis oleh aplikasi ini.

Canva juga menyediakan fitur premium yang bisa kamu beli seharga Rp. 95.000 untuk penggunaan bulanan dan Rp. 769.000 untuk penggunaan tahunan.

Dengan beralih menjadi pengguna premium, kamu bisa mendapatkan banyak fitur seperti akses ke template khusus tanpa watermark, memilih kualitas unduhan yang baik, hingga menerjemahkan teks ke lebih dari 100 bahasa.

Selain bisa diedit langsung melalui situs resminya, Canva juga hadir untuk perangkat Android dan iOS dengan membuat aplikasi pada masing-masing perangkat tersebut.

Baca juga: Cara Kerja Aplikasi Snack Link yang Lagi Viral

Cara Membuat Logo di Canva

Cara membuat logo di Canva
Cara membuat logo di Canva. Source: Canva

Setelah mengetahui profil singkat tentang Canva, sekarang kita masuk kedalam topik utama dari artikel ini yaitu cara membuat Logo di Aplikasi Canva.

Pertama, kamu bisa membuka situs resmi Canva disini. Setelah itu klik daftar apabila kamu belum memiliki akun dan klik login apabila kamu sudah memiliki akun sebelumnya.

Jika sudah membuat akun, maka pilih metode untuk masuk ke akunmu. Metode yang ditawarkan adalah masuk menggunakan akun google dan email.

Akunmu sekarang sudah bisa digunakan untuk membuat desain sesuai kebutuhan. Untuk membuat logo, kamu bisa mengetik kata tersebut di kolom pencarian.

Kamu juga bisa menambahkan kata-kata yang lebih spesifik untuk mendapatkan hasil yang sesuai, misalnya logo perusahaan atau logo kkn. Jika kamu tidak memiliki keinginan spesifik, bisa langsung klik “Enter”.

Terdapat banyak template logo yang akan muncul dengan berbagai desain, font, dan warna yang beragam. Pilihlah salah satu yang ingin kamu pakai dan pilih menu “Sesuaikan template ini”.

Cara membuat logo di Canva - Template logo
Berbagai template logo di Canva. Source: Canva

Kamu akan beralih ke halaman baru dan sekarang kamu sudah bisa mengedit template yang kamu pilih sesuai keinginan. Sebagai contoh, kita akan membuat desain logo untuk Coffee Shop dengan tema monokrom luar angkasa.

Dibagian toolbar atas akan terdapat beberapa menu yang bisa kamu gunakan untuk memodifikasi templatemu seperti pemilihan font, ukuran font, warna dan lain sebagainya.

 Fitur edit Canva
Fitur edit di Canva. Source: Canva

Untuk mengedit tulisan dalam template yang kamu gunakan, cukup klik sebanyak dua kali pada tulisan yang ingin kamu ubah.

Pada contoh ini, kita akan mengubah tulisan “The World Studio” menjadi “Galaxy Coffee” dan mengubah angka “2022” menjadi “2023”.

Setelah selesai mengedit, kamu bisa menambahkan elemen berupa gambar, stiker, atau dekorasi lainnya dengan memilih menu yang berada di bagian samping kanan.

Untuk menyesuaikan dengan tema luar angkasa, maka kita akan menambahkan elemen grafis berupa bintang. Kamu hanya perlu mengetik “Star” dibagian kolom pencarian elemen dan memilih yang paling cocok.

Menambahkan elemen grafis
Menambahkan elemen grafis bintang pada logo di Canva. Source: Canva

Setelah menemukan elemen yang cocok dengan template yang kamu gunakan, sekarang kamu bisa menyesuaikan tata letak atau warnanya.

Karena kita menggunakan tema monokrom pada contoh kali ini, maka kita tidak akan mengubah warna dari elemen grafis tersebut.

Selesai, sekarang kamu sudah bisa mengunduh hasil yang template yang sudah kamu edit dengan memilih menu “Bagikan” di pojok kanan atas.

Pilih resolusi dan format yang kamu inginkan seperti PNG atau JPG, kemudian klik menu “Unduh”. Tunggu hingga selesai.

Nah, itulah artikel tentang cara membuat logo di Canva untuk kamu para pemula di dunia desain grafis. Bagaimana, mudah dan cepat bukan?

Baca juga: Cara Beli Canva Pro Tanpa Kartu Kredit

Buat kamu yang mau berlangganan berbagai produk digital murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!