Cara Main Roblox untuk Pemula, Inilah Caranya!

Game di Chromebook

Kali ini kita akan mengulas tentang cara main Roblox. Hal ini diharapkan dapat membantu kamu yang baru saja memainkan game ini.

Hingga kini, banyak pemain games yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain Roblox. Namun, mungkin masih ada beberapa pemain yang masih bingung bagaimana cara main Roblox ini.

Banyaknya newbie players yang semakin penasaran dengan Roblox dan mengunduhnya di smartphone mereka. Di sini akan membahas cara main Roblox, simak dulu artikel di bawah ini.

Baca juga: Cara Download Roblox di PC 2023, Catat Ini!

Roblox

Cara Main Roblox di Roblox
Roblox (Source: Microsoft)

Semakin banyaknya players yang memainkan Roblox, Roblox ini menjadi salah satu game yang popular dan menjadi fenomena tersendiri di dunia games. Players Roblox ini bukan hanya dari kalangan anak-anak saja bahkan orang dewasa pun memainkannya.

Game online yang diciptakan tahun 2004 oleh David Baszucki dan Erik Cassel dan dirilis secara resmi tahun 2006. Di dalam platform game online ini banyak sekali model permainan tersedia seperti balap, simulasi, rintangan dan tantangan, dan masih banyak lagi.

Roblox merupakan sebuah game online yang memungkinkan para penggunanya untuk mendesain dan memainkan Roblox tersebut.

Dalam Roblox inilah yang bisa membuat semua pemain dapat mengembangkan kreativitas dan berimajinasi di sebuah game, semua players bisa berkreasi sebebasnya untuk membuat game sendiri.

Sebagai pengguna harus tahu, banyak sekali game gratis yang tersedia di Roblox sehingga para players bisa bermain sepuasnya.

Dengan kebebasan bermain Roblox inilah yang menjadi suatu ketertarikan setiap players dalam memainkannya karena Roblox mendukung players untuk berimajinasi dalam membangun atau membuat game sendiri yang dimainkan penggunanya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kenapa Roblox Tidak Bisa Login

Langkah Apa yang Perlu Dilakukan?

Walaupun sudah banyak pro players yang mengetahui cara main Roblox, namun tak sedikit bagi pemula yang baru ingin bermain game ini belum mengetahui cara main Roblox itu seperti apa dan bagaimana cara main Roblox.

Bagi beberapa pemain pemula, pasti bertanya-tanya bagaimana cara main roblox?

Sebelum membahas mengenai cara main Roblox, setiap players pastinya harus melakukan langkah yang satu ini terlebih dahulu. Berikut adalah langkah yang harus dilakukan oleh setiap pemain:

Daftar Akun Roblox

Teknik Cara Main Roblox
Laman Signup Roblox (Source: Pocket Gamers)

Setelah players mengunduh Roblox di Play Store atau App Store, adapun langkah yang perlu dilakukan sebelum bermain Roblox yaitu daftar akun Roblox terlebih dahulu.

Perlu diingat bagi para players harus berusia lebih dari 13 tahun, jika usia players kurang dari 13 tahun, maka pendaftaran akun tersebut harus diawasi oleh orang tua. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini!

  1. Isi Tanggal Lahir
  2. Lengkapi Data Diri & Password
  3. Lalu, Verifikasi Akun.

Nah, setelah semuanya lengkap para players sudah otomatis login dan memainkannya.

Login Akun Roblox

Cara Main Roblox - Login
Laman Login Roblox (Source: Game Twick)

Namun, bagaimana apabila players sudah memiliki akun? inilah langkah yang perlu dilakukan oleh semua players yaitu sebagai berikut:

  1. Ketik Username/Email/No Handphone. 
  2. Lalu, masukkan Password.
  3. Klik Login.

Setelah itu kamu sudah bisa login ke akun Roblox kamu! Namun, jika kamu ingin login tanpa harus memasukkan  username/email/no handphone dan password yang dinamakan Quick Login. Ada dua metode yang dilakukan yaitu sebagai berikut:

a. One Time Code 

  1. Masuk ke laman login Roblox.
  2. Klik Perangkat Lain.
  3. Akan muncul kode yang boleh dipakai selama 5 menit. Cek perangkat yang digunakan untuk login akun Roblox.

b. Autentikasi 

  1. Klik Pengaturan Akun, lalu klik Quick Login. 
  2. Baca terlebih dahulu notifikasi atau peringatannya, setelah itu masukkan kode yang telah ditampilkan sebelumnya.
  3. Klik Enter.
  4. Lalu, Confirm Login.
  5. Terakhir, klik Selesai.

Dengan metode Quick login ini sangat membantu para players untuk masuk akun Roblox dengan cepat.

Bagaimana Cara Main Roblox?

Visual game roblox
Visual Game Roblox (Source: Suara.com)

Ketika players sudah login ke akun Roblox, tentunya akan ditunjukkan halaman antarmuka yang dimana memuat beragam ikon tipe games di Roblox seperti Suburban, Pirate Island, Combat, Castle, Line Runner, dan masih banyak lagi. Bagi pemula yang masih bingung cara main Roblox, bisa memilih opsi Obby yaitu permainan melewati rintangan arena 3D.

Nah, bagi newbie player sudah penasaran banget bagaimana cara main Roblox, kan? apakah bermain Roblox itu sulit bagi pemula? Nah, berikut teknik cara main Roblox bagi pemula, simak langkah-langkahnya berikut ini, ya!

Setting Waktu Siang & Malam

Cara main roblox yang pertama, players bisa mengatur waktu siang dan malam supaya terasa seperti di dunia nyata. Player bisa merubah tampilan langit, dengan memilih Properties yang terdapat di menu sebelah kanan dan pilih Lighting. Player bisa menyesuaikannya dengan jam yang tersedia disana.

Ubah Visual Jalur

Cara main Roblox yang kedua adalah bagaimana mengubah visual jalur. Roblox tipe Obby akan menyajikan beberapa rintangan pada jalur yang seperti anak tangga. players bisa mengubah tampilannya dengan cara pilih menu Edit, klik Color, dan tentukan warna yang kamu suka!

Add Rintangan

Perlu diketahui dalam Roblox tipe Obby ini, para players bisa memilih dan menambahkan rintangan yang akan dipakai. Rintangan tersebut bisa seperti pohon, robot, prajurit, dan masih banyak lagi.

Opsi rintangan ini para player bisa memilih sesuai keinginan karena sudah tersedia dan rintangan tersebut bisa ditempatkan di titik yang kamu inginkan. Cara main Roblox seperti ini pasti membuat permainan terasa lebih menyenangkan dan seru sekali, lho!

Buatlah Game

Setelah selesai, kamu bisa klik ke File dan Publish to Roblox. Jangan lupa tambahkan Judul dan Deskripsi Permainan di bagian Basic Settings.

Rilis Game-nya

Apabila players ingin mempublikasikan game Roblox yang telah dibuat supaya players lain bisa memainkannya. Players bisa memilih Tipe Permainan dan Menambahkan Ikon (Thumbnail). Setelah selesai, klik Create Place dan game yang telah dibuat telah terpublish dan bisa dimainkan oleh players lain di Roblox.

Apabila kamu masih bingung, bagaimana cara main Roblox. VCGamers News juga punya solusi lain, nih teruntuk kamu yang newbie player. Players bisa baca juga di sini untuk penjelasan lengkapnya mengenai cara main Roblox dan buat game di Roblox!

Baca juga: Kabar Roblox Ditutup, Cek Dulu Disini Fakta-Faktanya!

Di dalam game ini terdapat Robux yang bisa digunakan untuk membeli item maupun skin.

Nah, Top Up Robux murah, cepat dan aman sekarang juga di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!