Cara Ganti Job dan Menyelesaikan Quest Skill Merchant, Mudah!

Kelas Terbaik Ragnarok Origin (3)

Merchant adalah salah satu dari 6 kelas atau yang dikenal juga sebagai “Job” di Ragnarok. Untuk kamu yang ingin menjadi Merchant, kamu bisa menyimak cara mengganti Job dan menyelesaikan quest skill Merchant di sini!

Merchant adalah para pedagang cerdik yang mempelajari seluruh pasar ekonomi di Rune Midgard. Kelas ini memang tidak sekuat yang lain, tapi mereka memiliki keahlian membuat peralatan yang sangat berguna di medan pertarungan.

Mereka bisa membuat berbagai peralatan seperti Pushcart untuk menyimpan hasil rampasan barang dan Item Appraisal untuk mengidentifikasi item. Hal ini menjadikan Merchant sangat berguna.

Baca juga: Cara Mendapatkan Ragnarok M: Eternal Love Gold Sand

Cara Menjadi Merchant

Cara Menjadi Merchant
Merchant Guild. Source: Gamelithic Gaming/Youtube

Kemampuan dan keahlian dari karakter dalam game ini ditentukan oleh Job mereka. Kecuali ras Doram, seluruh karakter akan memulai game sebagai Novices.

Setelah kamu berhasil  mencapai Job level 10, kamu baru bisa memilih salah satu kelas atau Job untuk dijalani. Seiring meningkatnya level, kamu bisa mengupgrade diri ke kelas Job nomer 2.

Langkah yang harus kamu lakukan untuk menjadi Merchant cukup mudah. Saat sudah mencapai level 10, pergilah ke Merchant Guild yang berada di arah barat daya dari Alberta.

Setelah sampai di Merchant Guild, pergilah berbicara pada Guildsman Mahnsoo yang berada di belakang meja. Dia akan membantumu untuk mengganti Job ke Merchant. Dia juga akan memberikan sebuah Novice Battle Axe padamu sebagai reward.

Selain pergi ke Merchant Guild, kamu juga bisa menuju kelas Merchant di Criatura Academy yang berlokasi di Izlude.

Panduan Menyelesaikan Quest Skill Merchant

Setelah memahami cara untuk menjadi Merchant, sekarang kita tiba di pembahasan utama yaitu panduan menyelesaikan quest skill Merchant.

Cart Revolution

Quest Skill Merchant
Quest Skill Cart Revolution. Source: Gamer’s Nook/Youtube

Untuk mendapatkan skill Cart Revolution, kamu harus mencapai level 35. Yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan 20 Iron, 30 Sticky Mucus, 20 Fly Wings, 5 Tentacles, 1 Banana Juice dan 2 Grape Juice.

Pergilah menuju Alberta dan berbicara dengan Gershaun untuk memberikannya item-item yang sudah kamu bawa tadi. Jika berhasil, dia akan mengajarimu skillnya dan menyisakan masing 5 item dari Iron, Fly Wing, dan Sticky Mucus.

Change Cart

Quest Skill Merchant
Quest Skill Change Cart. Source: Sandi Basari/Youtube

Untuk bisa menyelesaikan quest skill yang satu ini, kamu setidaknya harus mencapai level 30. Carilah 20 Animal Skin, 10 Iron, dan 50 Trunk untuk dibawa ke Alberta. Setelah sampai, carilah Charlron dan berikan seluruh item yang sudah kamu bawa.

Baca juga: Panduan Leveling Thief Ragnarok, Cepat Naik!

Crazy Uproar

Quest Skill Merchant
Quest Skill Crazy Uproar. Source: Gamer’s Nook/Youtube

Level yang dibutuhkan untuk bisa mempelajari Crazy Uproar tidak terlalu tinggi, kamu hanya perlu sampai di level 15. Bawalah item 7 Pearl, 50 Mushroom Spore, dan 1 Banana Juice.

Setelah menyiapkan seluruh item tersebut, temuilah Necko di Alberta dan berikan semua item untuk mempelajari Crazy Uproar.

Open Buying Store

Quest Skill Merchant
Quest Skill Open Buying Store. Source: NLE Gaming PH/Youtube

Untuk membuka quest skill yang satu ini, kamu perlu memiliki skill “Vending” level 1 dan 10.000 Zeny di kantong. Setelah itu pergilah menuju Merchant Guild di Alberta untuk menemui Purchasing Team.

Berbicaralah padanya, dan kamu akan ditawari sebuah lisensi untuk dibeli seharga 10.000 Zeny. Setelah membayar, kamu akan diajari Open Buying Store dan memberimu 5 Bulk Buyer Shop Licenses.

Kamu bisa membeli lebih banyak Bulk Buyer Shop Licenses ke Purchasing Team seharga 200 Zeny per 1 lisensi dengan jumlah maksimal 50 lisensi dalam satu waktu.

Cart Decoration

Quest Skill Merchant
Quest Skill Merchant Cart Decoration. Source: Cydh/Youtube

Quest skill Merchant yang terakhir adalah Cart Decoration. Untuk menyelesaikan quest skill ini, kamu memerlukan Eden Merit Badge sebanyak 50 buah. Kamu bisa mendapatkan item ini setelah menyelesaikan quest yang diberikan Eden Group.

Setelah mendapatkan item tersebut, pergilah menemui Cart Tuner Galijo di Eden Group dan berbicaralah padanya.

Nah itulah cara mengganti Job dan menyelesaikan Quest Skill Merchant di Ragnarok Online. Cukup mudah bukan? selamat mencoba!

Baca juga: Panduan Quest Skill Thief Platinum di Ragnarok Online

Yuk Top Up Nyan Berry di VCGamers Marketplace! Murah dan Cepet Prosesnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!