Build Sushang Honkai Star Rail: Trace, Relics, Light Cone, dan Party

sushang honkai star rail guide

Sushang adalah unit karakter bintang 4 Path Hunt dengan elemen Physical di game Honkai Star Rail. Kamu bisa mendapatkan Sushang dalam banner bintang 5 Jing Yuan.

ATK yang besar dan kemampuan untuk menurunkan Toughness Bar musuh yang optimal membuat Sushang wajib untuk kamu build.

Baca selanjutnya artikel untuk rekomendasi build Sushang Honkai Star Rail untuk memudahkan kamu build karakter ini secara optimal.

Rekomendasi Build Sushang Honkai Star Rail

Artikel ini akan membahas semua rekomendasi build mulai dari prioritas trace, light cone, relic, hingga rekomendasi tim yang cocok untuk build Sushang Honkai Star Rail.

Hal tersebut disesuaikan dengan semua komponen yang ada saat artikel ini dirilis dimana perkembangan Relic dan Light Cone akan terus bertambah seiring berjalan update Honkai Star Rail.

Material Talent dan Character Ascension Sushang

build sushang honkai star rail Ascension Material
Material Ascension Sushang (source: VCGamers)

Character ascension Sushang akan membutuhkan Artifex’s Module, Artifex’s Cogwheel, Artifex’s Gyreheart, dan Broken Teeth of Iron Wolf. Broken Teeth of Iron Wolf bisa kamu dapatkan dari drop Great Mine: Stagnant Shadow.

Traces Sushang akan membutuhkan material Hunt path material: Arrow of the Beast Hunter, Arrow of the Demon Slayer, dan  Arrow of the Starchaser serta Artifex’s Module, Artifex’s Cogwheel, dan Artifex’s Gyreheart,

Selain itu, untuk Trace level 5++, Sushang akan membutuhkan Guardian’s Lament yang kamu dapatkan dari Cocolia (Echo of War: End of the Eternal Freeze).

Baca juga: Build Jing Yuan Honkai Star Rail: Trace, Relics, Light Cone, dan Party

Eidolon Terbaik untuk Build Sushang Honkai Star Rail

sushang honkai star rail eidolon
Eidolon Sushang (source: VCGamers)

Sushang menurut VCGamers sudah sangat bagus ketika kamu memiliki karakter ini pada Eidolon 0 (E(0)). 

Semua Eidolon Sushang memberikan keuntungan yang signifikan membantu kemampuan Sushang lebih optimal.

Kami menilai bahwa, Eidolon 2 (E(2)) lebih optimal dibandingkan Eidolon 1 yang selanjutnya minimal bila kamu menginginkan Eidolon build Sushang. Lalu, E(4) merupakan Eidolon terbaik untuk Sushang.

Pada E(2), Damage yang diterima Sushang akan berkurang. Sedangkan, pada E(4) meningkatkan Break Effect.

Prioritas Trace untuk Build Sushang Honkai Star Rail

sushang honkai star rail trace
Trace Sushang (source: VCGamers)

Kemampuan karakter Honkai Star Rail terbagi atas: Basic ATK, Technique, Skill, Talent, dan Ultimate.

Basic ATK Sushang yaitu Cloudfencer Art: Starshine akan memberikan Physical DMG yang dihitung dari persentase ATK Sushang. ATK ini akan memberi damage pada satu target musuh.

Talent Sushang yaitu Dancing Blade, Sushang akan mendapatkan peningkatan SPD untuk 2 turn setelah musuh berhasil mendapatkan Weakness Break.

Talent akan dipicu apabila Sushang menjadi target kemampuan karakter yang ada di party. Efek ini dapat dipicu lagi setelah 2 turn.

Technique Sushang yaitu Cloudfencer Art: Warcry, Sushang akan segera menyerang musuh. Saat memasuki battle mode, Sushang memberikan Physical DMG yang dihitung dari persentase ATK Sushang untuk semua musuh.

sushang honkai star rail ultimate animation
Ultimate Animation Sushang (source: VCGamers)

Skill Sushang yaitu Cloudfencer Art: Mountainfall, Sushang akan memberikan memberikan Physical DMG kepada satu target musuh.

Selain itu, Sushang akan memiliki peluang untuk memicu Sword Stance pada serangan terakhir. 

Sword Stance akan memberikan Physical DMG tambahan. Jika musuh terkena Weakness Break, Sword Stance 100% dijamin akan terpicu.

Ultimate Sushang yaitu Shape of Taixu: Dawn Herald, Sushang akan memberikan Physical DMG setara dengan persentase ATK Sushang ke satu musuh dan segera mendapatkan Advance Forward 100%. 

Advance Forward adalah stat yang dapat memberikan kesempatan turn lebih kepada karakter seperti Sushang.

Selain itu, ATK Sushang meningkat. Setelah menggunakan Ultimate, ketika kamu menggunakan Skill langsung akan memberikan Sushang peluang tambahan memicu Sword Stance selama 2 turn dengan DMG lebih besar.

VCGamers merekomendasikan untuk kamu memprioritaskan Ultimate = Skill > Basic ATK > Technique = Talent .

Sebagai karakter path Hunt, build Sushang difokuskan untuk memberikan DMG sebesar mungkin. Sehingga, Ultimate dan Skill yang memberikan DMG terbesar dari kit Sushang wajib kamu memaksimalkan level Trace karakternya. 

Baca juga: Rekap Special Program Honkai Star Rail 1.1: Luocha, Silver Wolf, dan Event

Rekomendasi Relic untuk Build Sushang Honkai Star Rail

sushang honkai star rail relics
Relic Sushang (source: VCGamers)

Stat utama yang harus kamu prioritaskan untuk Sushang Honkai Star Rail adalah ATK, Crit DMG/Rate, Physical DMG Boost. Hal itu karena Sushang akan membutuhkan ATK yang cukup untuk memberikan DMG yang besar.

Stat Break Effect, Effect Hit Rate, dan SPD juga bisa menjadi sub stat yang kamu prioritaskan untuk build Sushang untuk mengoptimalkan serangan terutama meningkatkan Weakness Break DMG.

Set Relic dalam game Honkai Star Rail dibagi menjadi 2 slot yaitu: 

  • Cavern Relic yang bisa didapatkan di Cavern of Corrosion
  • Planar Ornament yang bisa didapatkan dari Simulated Universe

Champion of Streetwise Boxing dan Musketeer of Wild Wheat adalah dua set Cavern Relic yang direkomendasikan untuk Suhsang. Kedua Relic bisa kamu gunakan secara terpisah menjadi fullset atau dikombinasikan menjadi masing-masing 2-PC.

Champion of Streetwise Boxing 2-PC akan memberikan tambahan Physical DMG Boost 10% dan penggunaan 4-PC dapat meningkatkan ATK secara stack maksimal 5 stack ATK sebesar 5% pada masing-masing stack selama 3 turn.

2-PC Musketeer of Wild Wheat meningkatkan ATK yang dibutuhkan untuk scale skill Sushang. Penggunaan 4-PC akan meningkatkan SPD 6% dan Basic ATK DMG sebesar 10%.

Space Sealing Station dan Talia: Kingdom of Banditry adalah set Planar Ornament yang direkomendasikan untuk Sushang.

Pengunaan 2-PC Space Sealing Station akan meningkatkan ATK dan SPD sedangkan Talia: Kingdom of Banditry akan meningkatkan Break Effect dan SPD karakter akan memperbesar Break Effect juga.

Rekomendasi Light Cone untuk Build Sushang Honkai Star Rail

sushang honkai star rail light cone
Light Cone Sushang (source: VCGamers)

Light Cone yang direkomendasikan untuk Sushang bisa kamu sesuaikan tergantung yang kamu miliki. Secara garis besar, semua Light Cone Hunt dari tingkat kelangkaan (rarity)  mana pun.

Pada rarity bintang 5, In The Night dan Sleep Like the Dead adalah Light Cone terbaik untuk Sushang untuk sekarang ini. Kamu juga bisa menggunakan Cruising in the Stellar Sea yang bisa kamu dapatkan dari menukar di Herta’s Shop (Simulated Universe).

Swordplay, Only Silence Remains, Subscribe for More!, River Flows in Spring adalah contoh opsi Light Cone bintang 4 yang sangat cocok untuk Sushang.

Light Cone bintang 3 Arrow atau Darting Arrows bisa menjadi opsi awal untuk pemain pemula.

Baca juga: DoT Honkai Star Rail: Definisi, Cara Kerja, Meningkatkan DMG

Rekomendasi Komposisi Tim (Party Setup) untuk Build Sushang Honkai Star Rail

sushang honkai star rail team comps
Team Comps Sushang (source: VCGamers)

Sushang adalah salah satu karakter DPS yang sangat ramah build untuk pemain baru. Secara team comps pun Sushang memiliki kebutuhan yang mudah dipahami.

Karakter dalam team comps Sushang memiliki prioritas untuk menjaga Sushang agar tidak cepat mati dan meningkatkan DMG baik secara debuff musuh atau buff stat Sushang.

Kombinasi tim yang bisa kamu gunakan untuk Sushang adalah:

  • Team comps 1: Sushang + karakter path Harmony + karakter path Abundance + karakter path Preservation

           Contoh team: Sushang, Asta, Natasha, dan March 7th.

  • Team comps 2: Sushang + karakter path Nihility + karakter path Abundance + karakter path Preservation

           Contoh team: Sushang, Welt, Natasha, dan Trailblazer Preservation.

  • Team comps 3: Sushang + karakter path Erudition + karakter path Abundance + karakter path Preservation

           Contoh team: Sushang, Serval, Tingyun, dan Gepard.

Team Comps 1 dan 2 adalah kombinasi karakter tim untuk melawan musuh yang jumlahnya tidak terlalu banyak seperti Elite Boss.

Sedangkan Team Comps 3 diperuntukan untuk melawan musuh yang memiliki jumlah banyak sehingga mempercepat menghabiskan musuh.

Demikian panduan build untuk karakter Sushang Honkai Star Rail. Karakter ini merupakan karakter yang bagus bahkan untuk kamu yang sudah mencapai Trailblazer level 50 keatas.

Game ini masih sangat terbilang baru namun memiliki potensi untuk menjadi terkenal seperti game HoYoVerse lainnya.. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan game HoYoVerse lainnya  di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!