Bocoran iPhone 16 Series: Spesifikasi Hingga Jadwal Rilis

Rumor jadwal rilis iPhone 16 series telah beredar. Meskipun, baru 6 bulan yang lalu Apple merilis iPhone 15 Series.
iphone 16 (2)
(Source: MacRumors)

Rumor jadwal rilis iPhone 16 series telah beredar. Meskipun, baru 6 bulan yang lalu Apple merilis iPhone 15 Series.

Banyak yang menantikan kehadiran iPhone 16 Series. Ini merupakan hal yang wajar, karena Apple selalu menghadirkan ponsel terbaiknya setiap melakukan perilisian.

Dari rumor yang beredar, iPhone 16 ini lebih menekankan pada sisi kamera, tombol ‘Capture’ serta layar yang lebih besar dibandingkan dengan model iPhone Series sebelumnya.

Bagi kamu yang penasaran, pada artikel kali ini akan membahas tentang smartphone besutan Apple satu ini. Langsung aja simak sampai akhir, ya!

Baca juga: Perbedaan Iphone Inter dan iBox yang Wajib Kamu Tahu

iPhone 16 Series

iphone 16 (1)
(Source: Kehn14)

Berikut ini merupakan detail rumor dari iPhone 16 Series yang dirilis di tahun ini.

Desain

iPhone 15 Pro telah menghadirkan fitur terbaru yaitu “Action Button” yang terdapat pada bagian kiri ponsel, tepat di atas tombol pengatur suara (volume). Button ini bisa digunakan untuk mengganti tombol mode Silent.

Beredar kabar bahwa pada iPhone 16 series juga akan tersedia button tersebut.  Sehingga, memungkinkan kamu untuk menggunakannya.

Sedangkan di sisi kanannya akan menghadirkan tombol Capture terbaru. Untuk desain tombol Capture-nya sendiri masih serupa seperti iPhone 15 Series.

Secara khusus, posisi kamera utama akan mirip seperti iPhone 12. Kemudian, iPhone 16 akan menggunakan layout kamera vertikal serta tonjolan kamera yang berbentuk pil untuk me-highlight kamera pada body belakangnya.

Tonjolan yang berbentuk pil tersebut akan menampung lensa Wide dan Ultrawide. Sedangkan flash akan berada di luar tonjolan tersebut.

Layar

Kabarnya, layar iPhone 16 Pro akan lebih besar dengan ukuran 6.3 inci. Selain itu, iPhone 16 Pro Max berukuran 6,9 inci.

Sedangkan iPhone 16 Standar dan Plus akan tetap berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci sehingga sangat cocok bagi pengguna yang menyukai smartphone minimalis.

Kecepatan refresh 60Hz pada iPhone 15 series juga akan hadir pada series ke-16 ini, tentunya hal ini masih kalah dengan Android yang sudah mencapai kecepatan refresh rate hingga 90Hz untuk scroll layar lebih cepat.

iPhone ini dikabarkan akan menggunakan model bezel terbarunya yang berada di sekeliling layar sehingga hal ini akan membuat layar iPhone terlihat lebih besar.

Untuk bahan layarnya sendiri akan menggunakan OLED dari Samsung yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi layar iPhone.

Ditambah lagi dengan layar MicroLED untuk menstabilkan kecerahan dan warna ketika digunakan dibawah terik matahari dengan kecerahan yang mininum.

Kamera

Kamera iPhone 16 Series dikabarkan masih serupa seperti iPhone 15 Series yang memggunakan kamera utama 48MP, lalu kamera ultrawide 12MP, kamera selfie 24MP dan Telefoto (versi Pro).

Kamera utama 48MP ini akan lebih diupgrade lagi, dimana sensor barunya akan berukuran 0,87 inci sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih jernih dan cerah.

Kamera pada HP ini juga dikabarkan bisa kamu zoom hingga 5x dan tidak mengurangi kualitas gambar sedikitpun.

Sistem Operasi

Adapun sistem operasi yang akan digunakan pada iPhone 16 ini yaitu iOS 18. Namun, untuk detail fiturnya sendiri belum ada informasi lebih lanjut.

Akan tetapi, dari rumor yang beredar iOS 18 ini akan memunculkan fitur-fitur berbasis AI (Artificial Intellegence/Kecerdasan Buatan) yang sudah hadir pada Google dan Samsung.

Untuk fitur Siri-nya sendiri akan lebih diupgrade untuk bisa menjalankan tugas-tugas atau perintah dari para penggunanya.

Model iPhone satu ini akan bisa melakukan seluruh tugas AI, namun beberapa fitur AI ini tidak bisa dibackup ke dalam Cloud.

Selain itu, update iOS 18 ini memungkinkan penyesuaian layar beranda yang lebih baik, dimana akan memudahkan para pengguna untuk memindahkan aplikasi ke folder atau tempat yang diinginkan seperti pada Android.

Baterai

Adapun rumor model iPhone 16 akan menggunakan kapasitas baterai yang lebih tinggi sehingga akan awet sepanjang hari.

Baterai tersebut akan dilengkapi dengan pengisian daya 40W dan pengisian daya MagSafe 20W.

Berikut adalah rumor kapasitas baterai untuk iPhone 16 series yaitu:

  • Standar: 3,561 mAh.
  • Plus: 4,006 mAh.
  • Pro: 3,355 mAh.
  • Pro Max: 4,676 mAh

RAM

Berbeda dengan iPhone 15 Series yang menggunakan RAM 6GB, tapi iPhone 16 Series ini akan menawarkan RAM 8GB.

Storage

Kamu bisa memilih jumlah storage sesuai kebutuhan. Karena, penyimpanan pada HP ini tersedia dari 256GB dan dikabarkan bisa diupgrade hingga 2TB.

USB Type-C

Bercermin pada iPhone 15 series yang telah menggunakan USB Type-C, kemungkinan hal ini masih digunakan pada iPhone 16 series ini.

Warna

Dikabarkan akan terdapat beberapa varian warna yang ditawarkan oleh iPhone 16. Seperti Biru, Merah Muda, Kuning, Hijau, Hitam, Putih dan Ungu.

Pada belakang bodynya, kemungkinan masih menggunakan kaca sehingga tampilannya akan lebih berkilau dan elegan.

Harga

Untuk harga iPhone 16 series sendiri belum diumumkan secara resmi oleh Apple. Kemungkinan, harganya tak jauh dari iPhone 15 series yang mulai dari $699 atau setara dengan Rp11,3 juta.

Kemudian, untuk versi Plus mulai dari $799 atau Rp12,9 juta dan Pro mulai dari $999 atau setara Rp16,2 juta dan untuk Pro Max mulai dari $1.099 atau sekitar Rp. 17,8 juta.

Baca juga: Apple Lagi Rugi, Jumlah Pengguna iPhone di Tiongkok Menurun

Fitur AI Pada iPhone 16 Series

iphone 16 (4)
AI on iPhone (Source: Medium)

Melansir dari infokomputer.com, info terbarunya Apple berencana akan fokus menggunakan Artificial Intelligence (AI) pada chip di iPhone 16 Series, baik di Cloud serta device. Penggunaan AI ini dilakukan untuk menjaga privasi pengunanya.

Apple juga sedang mengembangkan chip khusus untuk server AI sendiri dengan teknologi pemrosesan 3 nanometer dari TSMC pada 2025 mendatang.

Selain soal privasi, chip ini juga dikabarkan akan menggunakan metode Secure Enclave yang bisa mengisolasi data dari segala jenis bahaya.

Hadirnya ChatGPT di iPhone

Apple dan ChatGPT dikonfirmasi sudah sepakat untuk saling berkontribusi pada perkembangan teknologi di iPhone 16 Series ini.

Tim Cook selaku CEO Apple telah menyatakan ingin menintegrasikan ChatGPT Open AI pada iPhone series selanjutnya.

Baca juga: Cara Update iOS di iPhone dan iPad

Jadwal Rilis

iphone 16 (4)
(Source: gsm arena)

Dari kabar yang beredar, iPhone 16 ini akan diluncurkan pada bulan September 2024.

Biasanya hal ini akan dipasarkan setelah event Launching diselenggarakan pada bulan Agustus atau September awal dan akan dijual di pasaran setelah masa Pre-Order selesai.

Jadi, untuk detail jadwalnya perilisan belum diumumkan secara pasti. Tapi melihat dari perilisan sebelumnya, biasanya akan dijual setelah event Launching selesai.

Baca juga: Iphone 14 Pro Max vs Iphone 15 Pro Max, Canggih Mana?

Rumor dan kemungkinan tersebut masih belum terkonfirmasi lebih jauh. Tentunya, kita harus menunggu pernyataan resmi dari Apple terkait dengan iPhone 16 Series.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!