12 Aplikasi Ganti Wajah Terpopuler untuk Android dan iOS

Aplikasi ganti wajah belakangan ini sering digunakan oleh orang-orang, terutama para kreator video. Aplikasi ini berguna untuk membuat konten
Sumber: YouTube MASYAWI ID

Aplikasi ganti wajah belakangan ini sering digunakan oleh orang-orang, terutama para kreator video. 

Aplikasi tersebut dapat mengubah penampilan wajah menjadi bentuk yang diinginkan. Misalnya menjadi lebih tua, lebih mudah, menyerupai hewan hingga menggambarkan ekspresi tertentu.

Aplikasi ini sangat menarik untuk dicoba. Nah, kali ini kita akan mengulas 12 aplikasi ganti wajah yang bisa kamu gunakan ya!

Baca juga: Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi, Praktis Banget!

Aplikasi Ganti Wajah untuk Android dan iOS

Beberapa aplikasi ganti wajah ini bisa kamu manfaatkan sebagai sarana hiburan maupun untuk fasilitas pembuatan konten media sosial.

Kamu bisa mengubah wajah kamu menjadi orang lain. Namun pastikan bahwa kamu tidak menyalahgunakan aplikasi tersebut untuk penipuan ya.

Karena, hal tersebut bisa berakibat fatal dan membawa kamu berusuran dengan hukum.

Nah, lanjut ya, apa saja aplikasi ganti wajah itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini: 

FaceApp – AI Face Editor

FaceApp - AI Face Editor
Sumber: Appstore

FaceAPP bisa kamu gunakan untuk mengubah wajah dengan tiga preset dalam satu aplikasi. Kamu bisa tampil mirip artis favoritmu dengan mengedit foto wajah di aplikasi ini. Selain itu kamu juga bisa mengedit wajah agar tampil lebih tua maupun lebih muda.

Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan tampilan. Misalnya kamu ingin merubah wajah agar tampak lebih tua maka kamu bisa mengedit wajah tersebut ke dalam empat level. 

Jika kamu memilih level 4 maka wajah yang ditampilkan oleh aplikasi FaceAPP akan tampak lebih tua daripada level 1-3.

Aplikasi ganti wajah ini tersedia untuk smartphone Android dan iOS. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis tetapi beberapa filter ada yang harus kamu beli dulu.

FacePlay

Aplikasi Ganti Wajah FacePlay
Sumber: Blustacks

Aplikasi ini menyediakan banyak template untuk penggunanya. Ada template halloween, movies, comics hingga fashion. 

Template yang disediakan oleh FacePlay juga tersedia secara gratis. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan template keren tersebut.  

FacePlay adalah aplikasi yang sederhana, kamu cukup memilih template video yang diinginkan kemudian mengambil foto secara langsung. 

Selain itu kamu juga bisa mengambil foto atau video dari galeri kemudian memadukan dengan template agar objek tersebut dapat berubah sesuai tampilan yang diinginkan. 

Setelah mengambil gambar langsung atau mengambil dari galeri, kamu bisa klik tombol ‘Start Making’. Tunggu beberapa saat sampai proses pengeditan video selesai. 

Jika menggunakan aplikasi ini secara gratis, kamu akan banyak menemui iklan pada proses pengeditan berlangsung.

Kamu bisa membeli paket premium dengan membeli paket seharga Rp35.000 untuk satu minggu pemakaian. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone Android dan iOS.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaru 

Reface

Aplikasi Ganti Wajah Reface
Sumber: Google Play

Aplikasi ganti wajah selanjutnya yang bisa kamu coba di smartphone Android dan iOS kamu adalah Reface.

Reface menyediakan fitur untuk membuat video, GIF, foto, dan gambar.

Selain itu, juga menyediakan fitur ganti wajah yang realistis menggunakan animator foto bawaannya.

FaceJoy

aplikasi ganti wajah facejoy
Source: PlayStore

FaceJoy adalah aplikasi swap face yang bisa kamu gunakan untuk mengganti wajah berbentuk foto. Selain itu kamu juga bisa merubah warna rambut sesuai yang kamu inginkan. 

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu mengambil foto dari galeri HP dan memilih template sesuai keinginan. 

Jika dibandingkan dengan FacePlay, daftar template aplikasi Face Joy memang jauh lebih sedikit. Tidak banyak template yang tersedia kamu hanya bisa menggunakan movies, Asian women, magazinell, dan fitur pengubah warna rambut.  

Kamu bisa membeli versi lengkap aplikasi ini seharga Rp29.0000 untuk satu minggu pemakaian. Face Joy juga bisa mengubah wajah penggunanya menjadi kartun. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Android maupun iOS. 

Snapchat

Aplikasi Snapchat
Aplikasi Snapchat. Sumber: VCGamers

Fitur tukar wajah menjadi fitur paling menarik yang ada di aplikasi Snapchat. Ketika kamu dan dua orang teman kamu berada dalam satu frame, wajah kalian bisa tertukar.

Menggunakan fitur face swap di Snapchat harus secara online. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone Android dan iPhone. 

Baca juga: Cara Mudah Stem Gitar Online Tanpa Aplikasi, Pemula Wajib Tahu!

AgingBooth

AgingBooth
Sumber: Official Site

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengubah wajah penggunannya menjadi lebih tua dari yang seharusnya. 

Aplikasi ini menampilkan gambar yang realistis sehingga pengguna bisa mengetahui bagaimana penampilan wajahnya saat tua nanti. 

Kamu hanya perlu memotret wajah sendiri menggunakan kamera HP kemudian masuk ke aplikasi.  Dengan demikian kamu akan melihat wajahmu yang tampil lebih tua di dalam smartphone Android maupun iOS milikmu. 

FaceSwap

FaceSwap
Sumber: Google PlayStore

FaceSwap adalah aplikasi ganti wajah yang dapat menukar wajah yang berbeda dengan sangat realistis. Aplikasi ini bisa merubah dua wajah yang berbeda dalam satu foto yang sama. 

Sayangnya proses penukaran wajah oleh aplikasi ini sangat lambat tapi itu sebanding dengan hasil yang diperoleh. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini untuk perangkat Android. 

Facelab

Aplikasi ganti wajah Facelab
Sumber: Appstore

Kebanyakan dari aplikasi yang ada di daftar ini menyediakan fitur mengganti wajah ke dalam bentuk lucu maupun unik, aplikasi Facelab berbeda. 

Di aplikasi ini, kamu juga bisa mengubah warna rambut bahkan model rambut pada sebuah foto. Sayangnya beberapa layanan pengubah foto yang ada di Facelab bisa digunakan saat berlangganan premium.

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan Facelab, aplikasi ini tersedia untuk smartphone Android dan iOS. 

Baca juga: 3 Cara untuk Mengembalikan Akun ML yang Hilang

Cupace

Cupace
Sumbr: APKCombo

Dari sekian banyak aplikasi ganti wajah yang ada di daftar ini, Cupace adalah yang paling sederhana. Cupace bisa mengganti wajah di foto sendiri dengan wajah orang lain. 

Untuk mengedit foto wajah sendiri dengan wajah orang lain dengan Cupace caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini. 

Kemudian izinkan aplikasi untuk mengakses ponsel agar bisa terhubung dengan galeri. Apabila sudah kamu bisa klik opsi ‘cut face’ untuk memotong gambar wajah yang diinginkan. 

Gambar wajah yang sudah kamu potong akan otomatis masuk ke Face Gallery. Langkah selanjutnya kamu bisa kamu bisa menuju menu ‘Paste Face’ untuk menggabungkan potongan gambar wajah dengan foto yang kamu inginkan. 

Pilih foto yang ingin kamu ganti tampilan wajahnya, setelah itu tempel potongan foto wajah di atasnya. 

Mekanisme aplikasi ini hanya salin dan tempel saja sehingga Cupace tersedi gratis untuk para penggunannya. Selain fitur ganti wajah Cupace juga menyediakan fitur menambah teks atau stiker pada foto. 

Multi Face Blender

Multi Face Blender
Sumber: APKCombo

Multi Face Blender sangat berguna untuk kamu yang ingin menggabungkan 3 foto sekaligus. Cara menggunakan fitur Multi Face Blender tersebut sangat mudah, kamu hanya perlu memilih foto yang ingin dicampur, kemudian aplikasi akan melakukan blending foto pilihanmu. 

Pastikan kamu memilih foto dengan tampilan full face agar proses blending berjalan maksimal. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini untuk smartphone Android dan iOS secara gratis. 

Baca juga: 5 Aplikasi yang Tidak Berguna di HP

Cari tempat berlangganan atau membeli produk digital murah dan cepat? Yuk ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!