Bocoran Desain dan Fitur Samsung Galaxy Z Flip 6

Samsung Galaxy Z Flip 5 vs Z FLip 6

Setelah beberapa waktu beredar bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6 di Internet, kini muncul bocoran Samsung Galaxy Z Flip 6 yang muncul pada sebuah gambar render. 

Dari gambar render yang beredar tersebut, tampaknya Galaxy Z Flip 6 tidak mengalami banyak perubahan seperti pendahulunya dari segi penampilan.

Lantas seperti apa detail tampilan, spesifikasi, fitur, dan keunggulan Z Flip 6 dibanding pendahulunya? Berikut kami telah menyiapkan jawaban untuk Vicigers penggemar produk Samsung. 

Baca juga: Samsung Galaxy A55 5G, Jagoan Baru Seri A Resmi Rilis!

Bocoran Desain dan Tampilan

Tampilan belakang Samsung Galaxy Z Flip 6
Sumber: Youtube TT Technology

Dari segi desain yang bisa dilihat pada bocoran render Samsung, tampilan Z Flip 6 sangat mirip dengan pendahulunya.

Sejauh ini informasi tampilan dari Galaxy Z Flip 6 baru bisa dilihat dari bocoran render Samsung. Bisa dibilang pada bocoran render tersebut, Z Flip 6 punya penampilan yang sangat mirip dengan pendahulunya.

Alasannya, muncul pada saat pandangan pertama, kamera belakang Z Flip 6 menggunakan lensa ganda sama seperti Z Flip 5. 

Dari segi tampilan tersebut tampaknya layar dari smartphone Samsung ini sama yaitu sekitar 6,7 inci namun berbeda pada layar cover adalah 3,4 inci. 

Mengutip dari techradar, beberapa sumber menyebut bahwa Z Flip 6 akan mempunyai dimensi yang sedikit berbeda dari pendahulunya. 

Adapun ukuran dimensi ponsel lipat samsung ini adalah 165,0 x 71,7 x 7,4. Sedangkan, pada pada produk pendahulunya berukuran 165,1 x 71,9 x 6,9. Itu yang membuat Z Flip 6 tampak lebih pendek dan sempit daripa pendahulunya. 

Pada seri sebelumnya, Galaxy Z Flip 5 memang sudah mempunyai fitur anti air namun belum cukup baik untuk menahan debu. 

Bersamaan dengan fakta tersebut, beberapa waktu lalu Samsung akan membuat smartphone tahan debu. Kemungkinan fitur tersebut akan dipakai pada Galaxy Z Flip 6.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6: Bocoran Spek, Harga & Tanggal Rilis

Kamera dan Baterai Galaxy Z Flip 6

Layar belakang dan kamera Z Flip 6
Sumber: Youtube TT Technology

Belum ada banyak info mengenai detail spesifikasi kamera yang dimiliki oleh Galaxy Z Flip 6 kecuali bentuk dan tampilannya. 

Namun, dari beberapa hasil penelusuran, techradar.com mengungkapkan jika Z Flip 6 akan mempunyai sepasang kamera 12MP, persis seperti pendahulunya. 

Informasi ini masih rumor belaka tapi yang pasti bentuk dari smartphone lipat samsung ini sudah bisa diketahui. 

Sedangkan untuk kapasitas baterai dari Samsung keluaran terbaru ini, kemungkinan akan menggunakan baterai berkapasitas 4000mAh. Itu sebabnya bentuknya lebih tebal dari Z Flip 5 yang baterainya hanya 3700mAh. 

Peningkatan kapasitas baterai sesuai dengan yang diharapkan oleh para pengguna ponsel Z Flip 5. Pasalnya baterai yang hanya 3700mAh membuat ponsel lipat ini sangat boros.

Spesifikasi dan Fitur Galaxy Z Flip 6

Tampilan Z Flip 6
Tampilan Z Flip 6. Sumber: Youtube TT Technology

Terkait dengan spesifikasi pasti dan fitur lengkap yang ada pada Galaxy Z Flip 6 memang belum ada informasi yang pasti. 

Menurut Youtube TT Technology, Galaxy Z Flip 6 akan menggunakan Chipset Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini digunakan juga oleh beberapa ponsel papan atas seperti Galaxy S24 Ultra. 

Jika benar Z Flip 6 menggunakan Chipset seri tersebut maka produk ini benar-benar telah mendahului pendahulunya yang hanya menggunakan Snapdragon 8 Gen 2.

Sumber yang sama juga menyebutkan kapasitas penyimpanan Z Flip 6 kemungkinan berukuran 256 GB. 

Belum ada kabar mengenai pilihan ukuran memori lainnya dari Z Flip 6, kemungkinan Z Flip 6 sama seperti pendahulunya yang mempunyai pilihan ukuran memori sebesar 512GB. 

Mengutip dari sumber lain, Samsung Galaxy Z Flip 6 secara mengejutkan akan menggunakan Android 14 dengan overlay Samsung One UI 6.0 dan beberapa fitur Galaxy AI lainnya. Z Flip 6 akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak selama kurun waktu tujuh tahun. 

Baca juga: King Tekken 8: Panduan Combo Serangan dan Strategi Bertarung

Perbandingan Galaxy Flip 5 dengan Galaxy Z Flip 6

Flip Z 5 vs Flip Z6
Flip Z 5 vs Flip Z6. Sumber: Youtube DKHD

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan ada beberapa perbedaan yang nanti akan muncul pada Galaxy Z Flip 6. Lebih lanjut simak penjelasannya berikut ini: 

Galaxy Z Flip 6 Tahan Debu

Jika pada ponsel lipat pendahulunya, Z Flip 5 menggunakan fitur tahan air. Pada Z Flip 6 nantinya akan menggunakan fitur tahan air sekaligus tahan debu. 

Memang banyak pengguna Z Flip 5 yang mengeluhkan kalau ponsel mereka tidak terlalu tahan terhadap debu. Harapannya pada ponsel lipat Z Flip 6 fitur tahan debu tersebut sudah bisa digunakan. 

Pihak Samsung sendiri pernah menyampaikan perihal ponsel lipat tahan debu, meskipun belum secara gamblang menyampaikan akan digunakan di ponsel Z Flip 6. 

Baca juga: Game Terbaik di Oculus Quest 2 Paling Realistis

Baterai Galaxy Z Flip 6 Lebih Awet

Meskipun nanti ponsel lipat Z Flip 6 akan mempunyai dimensi yang lebih tebal dari pendahulunya. Akan tetapi itu menjadikan Z Flip 6 mempunyai ketahanan baterai yang lebih baik. 

Kabarnya Samsung Z Flip 5 akan menggunakan baterai berukuran 4000mAh. Dengan demikian ponsel lipat baru ini akan mempunyai ketahanan baterai yang lebih baik daripada Z Flip 5. 

Selain ketahanan baterai yang lebih, banyak pengguna Z Flip 5 yang menginginkan ponsel lipat Z Flip 6 juga mempunyai fitur fast charging. Sebab pada Z Flip 5 kapasitas charger 25W terasa cukup lambat.

Layar Cover yang Lebih Besar

Dengan adanya peningkatan layar cover pada Samsung Galaxy Z Flip 6 menjadi 3,4 inci tentu akan membuatnya sangat berbeda dari Z Flip 5. Setidaknya layar cover pada Z Flip 6 jauh lebih besar meskipun tetap saja masih kurang fungsional.

Baca juga: 3 Cara Memainkan Game Steam VR di Oculus Quest 2

Perkiraan Harga dan Tanggal Peluncuran

Belum ada kabar pasti terkait jadwal peluncuran Galaxy Z Flip 6. Kemungkinan Z Flip 6 akan rilis satu tahun setelah Z Flip 5 dirilis pertama kali pada awal Agustus 2023. 

Sehingga dapat diperkirakan kalau Z Flip 6 akan diumumkan pada bulan Juli atau Agustus 2024 nanti. 

Berkaca dari harga awal ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 Agustus 2023 kemarin. Kemungkinan harga awal dari Z Flip 6 tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. 

Dulu Samsung Z Flip 5 dibandrol dengan harga Rp. 12.000.000 hingga Rp.17.000.00, tergantung dari kapasitas RAM dan memori internal ponsel. 

Nah, dengan spesifikasi dari Samsung Z Flip 6 yang jauh lebih baik daripada versi sebelumnya. Ada kemungkinan harga yang dibandrol jauh lebih mahal meskipun itu belum pasti. 

Namun bisa saja Z Flip 6 akan jauh lebih murah karena jika mengingat Samsung yang sedang mengerjakan proyek bezel pada layar ponsel lipatnya agar lebih murah. 

Samsung Z Flip 6 wajib kamu tunggu peluncurannya. Apalagi kalau kamu memang penggemar berat produk Samsung dan sudah sejak lama menginginkan ponsel lipat seri Z Flip. 

Jangan buru-buru untuk membeli Ponsel Z Flip 5 karena kapasitas baterai yang kurang tahan lama. 

Nantikan saja ponsel lipat Z Flip 6 untuk mendapatkan pembaruan yang lebih menguntungkan. 

Samsung Z Flip 6 kemungkinan akan mempunyai layar cover 3,4 jauh dan chipset Snapdragon 8 Gen 3. 

Meski demikian, kita masih harus menunggu infromasi resmi dari Samsung terkait dengan fitur, jadwal rilis hingga harga dari ponsel tersebut.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!