Spesifikasi dan Harga Resmi Samsung Galaxy Z Flip 5 Indonesia

Z Flip 5

Dalam acara Galaxy Unpacked yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/07/2023), Samsung secara resmi telah memperkenalkan smartphone lipat terbarunya, yaitu Galaxy Z Flip 5.

HP Flip terbaru ini membawa beberapa upgrade baru di sejumlah sektornya. Mulai dari layar cover screen yang lebih luas, teknologi engsel yang makin canggih, chipset yang digunakan, hingga storage yang juga telah ditingkatkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai spesifikasi dan fitur yang dibawa oleh Samsung Galaxy Z Flip 5 ini, yuk simak penjelasannya berikut ini!

[elementor-template id="111363"]

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5

Z Flip 5
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5. Source: Samsung.com

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, HP Flip memiliki dua layar yang berada di bagian dalam dan luar.

Untuk layar bagian luar, Flip 5 menggunakan layar Super AMOLED, 3.4 inci, dengan resolusi 720 x 748 pixels, dengan kerapatan layar 306 ppi, serta telah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 2.

Layar cover screen Galaxy Z Flip 5 ini sekarang mengalami peningkatan dibandingkan Flip 4, yaitu lebih luas 1.9 inci. Dan layar kedua ini hampir memenuhi sisi belakang smartphone.

Sedangkan layar utamanya, HP lipat terbaru Samsung ini menggunakan layar Foldable Dynamic AMOLED 2X berukuran 6.7 inci, dengan resolusi 1080 x 2640 pixels, refresh rate 120Hz, HDR10+, dan kecerahan layar hingga 1750 nits. 

Untuk sektor fotografi, Galaxy Z Flip 5 menggunakan setup dual camera, yaitu kamera utama (wide) dengan resolusi 12 MP, f/1.8, yang sudah dilengkapi oleh Dual Pixel PDAF, OIS, dan kamera ultrawide sebesar 12 MP, f/2.2, dengan luas pandang 123˚.

Untuk kamera depannya sendiri, Z Flip terbaru ini menggunakan kamera dengan resolusi 10 MP, f/2.2.

Beralih ke chipset yang digunakan, Galaxy Z Flip 5 sudah menggunakan chipset Android terbaik saat ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (4 nm).

Chipset gahar tersebut ditemani oleh RAM 8 GB dan storage 256 GB & 512 GB. Dan berjalan dengan sistem operasi Android 13 dan tampilan antarmuka One UI 5.1.1. 

Untuk urusan daya tahan, smartphone ini masih menggunakan kapasitas baterai yang sama dengan Galaxy Z Flip 4, yaitu Li-Po 3700 mAh.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Samsung Galaxy Z Fold 5

Fitur Samsung Galaxy Z Flip 5

Z Flip 5
Fitur Samsung Galaxy Z Flip 5. Source: Samsung.com

Sebagai smartphone flagship, Flip 5 membawa berbagai fitur yang berlimpah. 

Mulai dari kamera utamanya yang mampu merekam video dalam kualitas 4K 30/60fps, 1080p 60/240fps, dan 720p 960fps. Dan kamera depan yang mampu merekam video 4K 30fps.

Untuk urusan sensor, HP ini sangat lengkap, mulai Fingerprint yang berada di samping, accelerometer, gyro, proximity, compass, hingga barometer.

Teknologi charging HP ini juga tidak kaleng-kaleng, memiliki kecepatan pengisian 25W dan akan terisi 50% dalam waktu 30 menit, lalu wireless charger 15W, dan 4.5W reverse wireless.

Dan untuk fitur lainnya ada konektivitas yang sudah 5G, sertifikasi IPX8, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, stereo speaker, dan slot nano-SIM.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 FE Navy Blue 5G, Cocok untuk Gaming!

Harga Samsung Galaxy Z Flip 5

Harga Samsung Galaxy Z Flip 5
Harga Samsung Galaxy Z Flip 5. Source: Samsung.com

Galaxy Flip 5 hadir di Indonesia dengan membawa empat varian warna, yaitu Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Lalu ada tambahan warna eksklusif khusus untuk pembelian secara online, yaitu warna Grey, Yellow, Green, dan Blue.

Untuk harga normalnya sendiri, smartphone ini dijual dengan harga RAM 8/256 GB Rp 15.999.000 juta dan RAM 8/512 GB Rp 17.999.000 juta.

Namun, jika kamu melakukan pembelian pada masa Pre Order (PO), yang berlangsung dari 26 Juli hingga 17 Agustus, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan hingga Rp 5.649.000

Ketika membeli di masa PO, kamu akan mendapatkan upgrade storage, dimana ketika kamu membeli storage 8 GB/256 GB, maka kamu akan mendapatkan produk dengan storage 8 GB/512 GB. 

Secara tidak langsung, kamu akan hemat sebesar Rp 2.000.000. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan layanan Gratis Samsung Care+ selama 1 tahun senilai Rp 2.339.000, gratis perlindungan layar selama 2 tahun, cashback Rp 750.000 dengan metode pembayaran tertentu, hingga Gratis eVoucher Diskon 10%.

Baca juga: Samsung S23 Series, Keunggulan dan Spesifikasinya

Perbandingan Samsung Galaxy Z Flip 5 dengan HP Flip Lainnya

Compare dengan Flip Merk Lain
Compare dengan Flip Merk Lain. Source: Samsung.com

Saat ini ada dua HP yang menjadi pesaing dari HP lipat Samsung, yaitu Motorola Razr Plus dan Oppo Find N2 Flip.

Razr Plus memungkinkan hampir semua aplikasi Android bisa dijalankan di cover screennya. Sedangkan Samsung tidak melakukan hal itu, namun mereka hanya mengizinkan beberapa aplikasi dan widget yang disesuaikan untuk digunakan di cover screen.

Dari ketiganya, Oppo Find N2 Flip menjadi satu-satunya yang memiliki cover screen berorientasi vertikal. 

Namun, Find N2 Flip memiliki fungsi yang lebih terbatas dibandingkan dua merk lainnya, karena pilihan widget yang lebih sedikit dan tidak ada dukungan aplikasi sama sekali.

Terlepas dari itu, yang menjadi perbedaan utama dari ketiga ponsel flip ini adalah mengenai daya tahan, chipset, dan update software.

Galaxy Z Flip 5 memiliki rating IPX8 yang membuatnya tahan terhadap air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Sedangkan Razr Plus menjadi ponsel lipat pertama yang memiliki rating IP52. 

Z Flip 5 menggunakan prosesor, yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Razr Plus menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1. Sedangkan Find N2 Flip menggunakan Dimensity 9000 Plus dari Mediatek.

Ketiga perangkat tersebut berjalan pada Android 13, dengan Z Flip 5 dan Find N2 Flip menawarkan update software selama empat tahun. Sedangkan Razr Plus tiga tahun update software. 

Hal yang sama juga berlaku untuk security update, dengan Samsung dan Oppo memberikan dukungan selama lima tahun, sementara Motorola berkomitmen untuk empat tahun.

Baca juga: Rekomendasi HP Samsung 2 Jutaan Spek Terbaik

Itulah pembahasan kita kali ini, jangan lupa untuk tetap update berita terkini tentang Games, Teknologi, dan Gadget hanya di VCGamers News.

Dan top up voucher game hanya di VCGamers Marketplace, karena kamu bisa mendapatkan voucher game dengan transaksi yang aman, cepat, dan mudah.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]