DOTA 2 Bali Major 2023: Tim, Hadiah dan Juara!

bali major (1)

Penggemar DOTA 2 pasti sudah pada tahu tentang turnamen Bali Major 2023 yang dihelat pada akhir Juni yaitu pada 29 Juni hingga 9 Juli.

Mungkin bagi yang baru tahu tentang turnamen satu ini akan menjadi seri major yang ketiga dalam DOTA Pro Circuit (DPC) yang telah berlangsung di beberapa negara lain. Untuk saat ini, Indonesia menjadi tuan rumah untuk turnamen ini, kota yang dipilih menjadi tuan rumah ialah Pulau Dewata Bali.

Turnamen ini akan menjadi seri turnamen yang paling terakhir untuk kompetisi DOTA 2 Pro Circuit sebelum diselenggarakannya The International pada tahun ini serta kesempatan terakhir untuk tim yang lolos untuk mempertahankan poin DPC. Dengan begitu, mereka akan berkompetisi disini untuk mendapatkan poin lebih supaya bisa melanjutkan ke The International 2023.

Ada beberapa fakta bagi kamu yang belum mengenal turnamen DOTA 2 bergengsi satu ini. Kamu bisa stay di artikel ini hingga akhir, ya!

Baca juga: Cara Melihat DOTA 2 Leaderboards dari Seluruh Dunia

Apa itu Bali Major?

bali major (2)
Kompetisi DOTA 2 (Source: Mobileague Indonesia)

Ya, mungkin bagi beberapa pemain DOTA 2 tapi belum mengetahui tentang Bali Major ini. Pasti kamu berfikir bahwa apa yang dimaksud dengan Bali Major? Tepat sekali kamu berada di artikel ini, karena kami akan membahas mengenai turnamen ini lebih lanjut.

Sebenarnya, Bali Major merupakan turnamen game DOTA 2 yang berkelas Internasional dan menjadi turnamen terakhir sebelum masuk ke kelas The International. Tepat sekali bagi Indonesia karena bisa menjadi tuan rumah untuk turnamen bergengsi satu ini.

Ada beberapa tim yang berlaga disini sejak 29 Juni hingga 9 Juli 2023 untuk memperebutkan hadiah sebesar $500.000 USD atau senilai Rp. 7,5 Miliar dan 3.500 poin DOTA Pro Circuits yang merupakan hadiah umum untuk turnamen DOTA 2 dalam level kelas major.

Sebenarnya ada 18 Tim terbaik yang harus mewakili untuk menjadi juara sehingga mereka akan berlaga dari berbagai negara untuk bertanding di Bali Major DOTA 2.

Fakta Bali Major 2023

bali major (4)
Champions of Bali Major (Source: KINCIR)

Mungkin bagi kamu yang masih belum terlalu mengenal DOTA 2 termasuk turnamen ini, tenang saja kami akan mengenalkan apa saja yang ada pada turnamen DOTA 2 yang bergengsi dan berkelas Internasional ini.

Jadwal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Bali menjadi tuan rumah untuk turnamen Bali Major saat ini, Bali dipercaya menjadi tuan rumah turnamen DOTA 2 untuk pertama kalinya selama hampir 2 minggu lamanya dari 29 Juni – 9 Juli 2023.

Babak pertama yang akan dilewati ialah Group Stage yang digelar dari 29 Juni – 3 Juli 2023. Lalu, babak kedua yaitu Playoff akan dihelat dari 5 Juli – 9 Juli 2023.

Tentunya, babak Playoff merupakan babak yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar berat DOTA 2 karena mereka penasaran siapa yang akan keluar menjadi juara Bali Major tahun 2023 ini.

Tahapan atau Babak

Di dalam Bali Major nantinya para tim yang bertanding akan masuk kedalam dua tahap atau dua babak yang ada pada turnamen ini seperti Group Stage dan Playoff.

Dari 18 tim yang berlaga akan terbagi kedalam 2 grup akan menentukan kelanjutan dari perjalanan tim tersebut di babak playoff. Pada Babak Group Stage memiliki format single round-robin untuk setiap tim akan berlaga pada pertandingan best of two (BO2) series dan untuk 4 tim yang memiliki peringkat tinggi atau teratas pasti akan melaju ke Upper Bracker di babak Playoff nantinya.

Maka dari itu, untuk setiap timnya diharapkan bisa melewati babak Group Stage ini secara maksimal sehingga mereka bisa melanjutkan ketahap Playoff.

Format Turnamen

Pada Bali Major masih memiliki format seperti sebelumnya pada Lima Major 2023 ataupun Berlin Major 2023 oleh Valve. Dari 18 tim mengikuti turnamen ini dengan ketentuan empat tim dari Eropa Barat dan China, tiga tim dari Asia Tenggara dan Eropa Timur serta tiga tim dari Amerika Utara dan Selatan.

Di Group Stage akan berformat sistem round-robin dan format pertandingan menggunakan best of two, mereka akan terbaik menjadi dua group yang terdiri 9 tim. Dari empat tim yang terbaik diharapkan bisa lolos upper bracket babak playoff, lalu ranking lima dan enam dari grup tersebut akan melewati Lower Brackets dan tiga tim terbawah auto tidak lolos.

Pada babak Playoff akan berformat double eliminations dan pertandingannya akan berformat best of three. Akan tetapi, untuk babak grand final menggunakan format best of seven.

Peserta Playoff Bali Major 2023

Inilah tim yang akan melaju ke babak Playoff pada 5 Juli – 9 Juli 2023. Siapa saja?

Upper Bracket

  • Team Liquid
  • beastcoast
  • Tundra Esports
  • Team Aster
  • Quest Esports
  • BetBoom Esports
  • Gaimin Gladiators
  • PSG.LGD

Lower Bracket

  • Team Spirit
  • Shopify Rebellion
  • 9Pandas
  • Azure Ray

Hadiah

Dikutip dari Liquipedia, total hadiah kejuaraan Bali Major ini sebesar $500,000 USD serta 3.500 points Pro Circuits. Bagi setiap peringkatnya akan mendapatkan hadiah senilai:

  • 1st Winner: $200,000 – 600 poin.
  • 2nd Winner: $100,000 – 550 poin.
  • 3rd Winner: $75,000 – 500 poin.
  • 4th Rank: $50,000 – 450 poin.
  • 5th & 6th Rank: $25,000 – 400 poin.
  • 7th & 8th Rank: $12,500 – 300 poin.

Trophy Unik

bali major (3)
Trophy Bali Major 2023 (Source: Tribun)

Selain mendapatkan hadiah sebesar $500.000 USD atau senilai Rp. 7,5 Miliar dan 3.500 poin DOTA Pro Circuits (DPC), tentu saja para tim akan mengambil trophy unik Bali Major.

Mengapa dibilang sangat unik? karena apabila kamu perhatikan bahwa trophy ini mengandung unsur budaya lokal seperti ukiran yang membentuk kepala ‘Garuda’. Selain itu juga, trophy ini memvisualisasikan Patung Garuda Wisnu Kencana serta sosok Barong sebagai tokoh mitologi yang terkenal di Bali.

Dilansir dari akun Youtube Channel Dota Seconds, Gorgc ialah seorang pengamat DOTA 2 mengatakan bahwa trophy Bali Major ini merupakan trophy yang sangat indah, menarik dan memiliki desain yang sangat unik sekali.

Cara Nonton Bali Major

Bagi kamu yang penasaran ingin menyaksikan turnamen Bali Major, kamu bisa menyaksikannya melalui Youtube Channel IO Esports dan Channel Youtube Epulze Gaming dalam bahasa Inggris atau Vidio.

Atau bagi kamu yang telah memilih dan membeli tiket Bali Major di venue AYANA Estate Bali. Harga tiket ini berkisar $388 USD atau Rp. 5,8 juta untuk Kategori Standar. Dan untuk kategori premium seharga $888 USD atau Rp. 13,5 juta.

Baca juga: Harga DOTA Plus Lengkap dengan Fitur-Fiturnya

Juara Bali Major 2023

bali major (5)
Kemenanangan Gaimin Gladiators di (Source: Kompas.com)

Bali Major 2023 telah usai pada Minggu, 9 Juli 2023 kemarin, dimana hanya menyisakan dua tim asal Eropa ialah Gaimin Gladiators dengan Tim Liquid.

Gimin Gladiators berhasil merebut trophy unik dari hasil kemenangan atas Team Liquid pada match Best of 5 (BO5) dengan skor yaitu 3-1 dengan durasi yang sangat singkat yaitu sekitar 48 menitan saja dan membangun skor sementara yaitu 1-0 yang bisa diselesaikan sekitar 20 menit.

Sukses mengalahkan Team Liquid, Gimin Gliators berhasil memboyong trophy unik khas Bali dari Bali Major 2023 ini. Selain itu juga, mereka membawa hadiah sebesar $200 ribu dolar United States atau setara dengan Rp. 3 miliar serta 600 Poi DOTA Pro-Circuit (DPC).

Baca juga: 7 Cara Menaikkan MMR Dota 2, Dijamin Jitu!

Beli item, skin dan top up kebutuhan DOTA 2 murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!