Asal Mula Herobrine, Mob Menyeramkan Yang Misterius

Herobrine

Kamu mungkin sudah mengetahui semua tipe mob yang ada di Minecraft, namun pernahkah kamu mendengar tentang Herobrine?

Semua mob yang ada di Minecraft memiliki data dan deskripsi yang jelas tentang mereka. Namun ada mob lain yang ternyata tidak banyak orang ketahui asal-usulnya seperti Herobrine.

Siapa itu Herobrine dan bagaimana awal kemunculannya di Minecraft? Yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel dibawah ini!

Baca juga: Daftar Seed Minecraft Terbaik untuk Menemukan Harta Karun

Profil Herobrine

Profil Herobrine Minecraft
Profil Herobrine Minecraft. Source: JuicyFrom Minecraft/Youtube

Mob yang satu ini dirumorkan sebagai mob agresif yang ada di Minecraft. Dia seringkali menjadi bahan diskusi dalam cerita Creepypasta Minecraft.

Belum ada penjelasan yang pasti tentang asal-usul dari Herobrine. Namun, ada beberapa teori populer yang dianggap sebagai awal dari kemunculan mob yang satu ini.

Ada yang menduga kalau dia adalah seorang hantu, kakak laki-laki dari Notch yang telah meninggal, hasil dari dendam yang dibuat oleh karyawan Mojang yang dipecat, dan banyak spekulasi lainnya.

Meskipun banyak pemain yang mengatakan bahwa mereka pernah melihat pemain misterius ini, tidak pernah ada bukti konkrit yang memperlihatkan bahwa Herobrine pernah dibuat.

Walaupun tidak pernah dibuat secara resmi, mob yang satu ini bisa dimunculkan dalam game Minecraft dengan menginstal mod.

Baca juga: Semua Tentang Stonecutter Minecraft yang Harus Kamu Tahu

Asal- usul Herobrine di Minecraft

Terdapat tiga cerita populer yang banyak dianggap sebagai asal-usul kemunculan karakter ini di Minecraft. Cerita tersebut adalah “White Eyes”, “Herobrine Creepypasta”, dan “Brocraft Streams”.

White Eyes

Urban Legend Herobrine
Urban Legend tentang kemunculan Herobrine di gua karena sebuah suara latar. Source: toastedcherries/Youtube

Pada tanggal 31 Juli 2010, seorang user bernama Flaky memposting sebuah komentar di forum Minecraft. Postingan tersebut berisi sebuah salinan dari post yang ada pada forum 4chan’s.

Isi post tersebut bercerita tentang seorang pemain yang bertemu dengan sebuah entitas yang memiliki sepasang mata berwarna putih terang setelah mendengar lagu “13” dari kasetnya.

Kisah inilah yang pertama kali diketahui sebagai cerita creepypasta yang berkaitan dengan sepasang mata putih yang ada di Minecraft.

Pada hari selanjutnya, seorang user bernama Endorphine kembali memposting sebuah utas yang berisi sebuah mitos tentang suara pada update Alpha v1.0.3 yang ditambahkan sebagai latar untuk gua di dalam game.

Mitos tersebut menyebutkan jika sepasang piksel putih akan muncul setiap kali suara latar tersebut terputar. Dalam post tersebut juga terdapat sebuah video yang menjadi contoh tentang tampilan dari dua piksel warna putih ini.

Herobrine Creepypasta

Herobrine Creepypasta
Herobrine Creepypasta. Source: toastedcherries/Youtube

Setelah cerita tentang “White Eyes” tersebar di forum Minecraft dan terkenal, sebuah versi modifikasi dari cerita tersebut muncul pada tanggal 24 Agustus.

Dalam versi tersebut dikatakan bahwa “White Eyes” adalah sebuah model default dari karakter pemain yang memiliki sepasang mata berwarna putih.

“White Eyes” kemudian mendapatkan sebutan baru yaitu Herobrine pada tanggal 19 Agustus. Saat disebut sebagai Herobrine.

Dia dideskripsikan sebagai mob dengan mata putih dan kakak laki-laki yang sudah meninggal dari Notch (di dunia nyata, Notch tidak memiliki saudara laki-laki).

Pada sebuah utas yang telah dihapus di forum Minecraft pada tanggal Agustus 2010, seorang entitas manusia tanpa nama disebut telah ditemukan di Minecraft pada mode single player.

Entitas tersebut dideskripsikan dengan perilaku yang aneh seperti mengikuti pemain dari kejauhan, membuat konstruksi yang tidak natural seperti pasir berbentuk piramida di laut dan mencabut dedaunan dari pohon.

Postingan yang ada di forum 4chan juga memberikan sebuah screenshoot yang menunjukkan keberadaan dari mob ini. Dalam gambar tersebut, Herobrine sedang berdiri dari jarak yang jauh ditengah kabut.

Brocraft Streams

Streamer Copeland
Streamer Copeland. Source: toastedcherries/Youtube

Seorang streamer dari Brocraft bernama Copeland melihat postingan tentang Herobrine di forum 4chan dan memberikan like di sana.

Copeland akhirnya merencanakan sebuah kebohongan. Dia mengubah tekstur dari sebuah lukisan agar bisa menampilkan Herobrine dan menunjukkannya di siaran langsung.

Lukisan rekayasa
Lukisan yang sudah diubah teksturnya oleh Copeland. Source: toastedcherries/Youtube

Pada tanggal 30 Agustus, Copeland bermain seperti biasanya. Dia bermain selama 20 menit 45 detik sebelum memasuki ruangan di mana terdapat Herobrine palsu yang telah dia buat.

Setelah masuk ke dalam ruangan buatannya, Copeland berpura-pura ketakutan dan berteriak keluar ruangan lalu mengakhiri siaran langsungnya seketika.

Dia kemudian memposting pesan di forum tersebut dan memberikan tautan video dengan harapan mendapatkan reaksi yang sama seperti postingan sebelumnya.

Banyak orang yang memperdebatkan keaslian dari postingan Copeland. Mereka bahkan mulai membuat screenshoot dan editan Herobrine sendiri.

Setelah sekian lama, seorang streamer lain yaitu Patimuss membuat sebuah siaran langsung yang menunjukkan keberadaan mob ini di sebuah kolam lava buatan pengguna lain.

Banyak orang yang akhirnya mulai mempercayai keberadaan mob yang satu ini. Namun, saat siaran langsung yang kedua, sebuah obrolan Pattimus dan istrinya memicu kemarahan penontonnya.

Dalam percakapan tersebut, terdengar Pattimus yang mengatakan pada istrinya bahwa dia sedang menjahili orang-orang dengan konten Herobrine palsu.

Beragam komenan yang penuh kemarahan memenuhi kolom live chat dari siaran langsung tersebut. Copeland tidak menyukai tindakan dari Pattimus yang menunjukkan bahwa Herobrine tidak nyata.

Baca juga: Crafting Conduit Minecraft, Buat Kalian Yang Doyan Diving!

Buat kamu yang mau Top Up Minecraft murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!