Arti Camat di ML, Kamu Harus Tahu!

Arti camat ml

Suatu game sering menghasilkan kata atau slang baru. Hal ini juga terjadi di Mobile Legends, seperti istilah camat. Apa arti Camat di ML?

Biasanya istilah “camat” seringkali muncul saat ada pertandingan antara tim profesional. Kata ini awalnya muncul pada sebuah laga MPL ID (Mobile Legends Profesional League Indonesia).

MPL ID sendiri adalah sebuah turnamen dimana terdapat delapan tim yang akan bertanding satu sama lain. Karena Mobile Legends merupakan pertandingan 5v5, biasanya setiap tim akan memiliki anggota lebih dari 5.

5 orang akan menjadi anggota inti yang bermain dalam pertandingan sedangkan sisanya akan menjadi cadangan yang selanjutnya populer dengan istilah “camat”.

Apa itu istilah camat di Mobile Legends? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Menghitung KDA dalam Mobile Legends

Arti Camat di Mobile Legends

MPL Regular Season Geek vs BTR
MPL Regular Season Geek vs BTR. Source: Mobile Legends: Bang Bang/Youtube

Arti camat sendiri adalah akronim dari “cadangan mati”. Istilah ini merujuk pada seorang pro playerdi sebuah tim Esports yang jarang dimainkan dan beberapa diantaranya tidak pernah bermain sama sekali di suatu turnamen.

Seperti yang disebutkan diatas, setiap pemain Esports yang berlaga dalam suatu turnamen akan menyiapkan lebih dari 5 pemain. Pemain yang tidak dimainkan akan menjadi cadangan untuk nantinya dilakukan pergantian pemain.

Pergantian pemain diperlukan apabila ada pemain yang performa bermainnya menurun, perlu role yang lebih baik untuk menyeimbangkan diri dengan musuh, atau sekedar kelelahan dalam pertandingan.

Terkadang, tidak semua pemain cadangan yang hadir di turnamen tersebut akan dimainkan oleh tim mereka. Ada beberapa orang yang bahkan tidak dimainkan sama sekali.

Orang-orang yang sama sekali tidak pernah dimainkan dalam pertandingan inilah yang seringkali disebut sebagai cadangan mati atau camat.

Namun, para pro player yang sering disebut dengan camat belum tentu tidak dimainkan karena skill mereka. Hal ini karena untuk masuk ke sebuah roster tim Esports pastinya diperlukan skill yang mumpuni.

Turun atau tidaknya seorang pemain ke dalam pertandingan pastinya sudah dipikirkan dengan baik oleh pelatih dan manajemen dari tim tersebut.

Pemain Mobile Legends yang seringkali mendapat predikat sebagai “camat” di antaranya adalah GPX Funi dan Bigetron Era Meyden.

GPX Funi
GPX Funi. Source: @fanny.cynthia/Instagram

Funi mendapat “gelar” camat saat berada di EVOS namun dia terlihat bangga dengan hal itu. Secara mengejutkan, pemain yang sering disebut sebagai camat-nya EVOS ini berhasil memenangkan WSL (Woman Star League) Season 1.

Sedangkan Bigetron Meyden malah lebih dikenal sebagai seorang influencer di sosial media dibandingkan sebagai pemain esport profesional.

Wanita berusia 22 tahun ini sampai harus “klarifikasi” di live streaming bahwa dia masih menjadi bagian dari Bigetron dan merupakan seorang pro player Mobile Legends.

Baca juga: Profil Branz, Pro Player dari BTR yang Pindah ke Evos

Istilah- Istilah Populer Lain di Mobile Legends

Arti camat di ml
Bigetron Alpha vs Geek Fam. Source: Mobile Legends: Bang Bang/Youtube

Selain camat, berikut adalah istilah-istilah populer lain yang perlu kamu ketahui di Mobile Legends:

  • GG (Good Game) – Sering disebutkan untuk mengapresiasi pemain yang bermain dengan bagus dan pro.
  • AFK – Sering dipakai untuk seseorang yang tidak muncul dalam game untuk waktu yang lama atau hingga meninggalkan permainan.
  • NF (No Flicker) – Digunakan untuk memberitahu rekan setim bahwa musuh tidak memiliki Flicker.
  • NM (No Mana) – Digunakan untuk memberitahu rekan setim bahwa musuh kehabisan Mana.
  • NR (No Retribution) – Digunakan untuk memberitahu rekan setim bahwa musuh telah menggunakan Retri.
  • OP – Biasanya digunakan untuk menyebut hero yang terlalu kuat (over powered)
  • Slow hand – Sering disebutkan orang yang tidak mahir menggunakan hero dengan mobilitas cepat.

Nah itulah artikel tentang arti camat di Mobile Legends. Menurutmu siapa saja pro player Mobile Legends lainnya yang sering disebut camat?

Jangan lupa, Top Up Diamond ML murah dan cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]