Alasan Winning Eleven 2012 Jadi Game Bola Terbaik di Eranya!

Winning Eleven 2012.

Jika menyebut nama game Winning Eleven 2012, tentu para penggemar sepak bola tanah air akan sangat familier mendengarnya.

Nama itu sudah menjadi bagian dari kehidupan para pecinta kulit bundar dalam mengiringi hobi mereka akan olahraga yang sudah begitu mendunia tersebut.

Winning Eleven atau yang lebih dikenal dengan sebutan W.E, sudah merasuk erat ke dalam setiap celah memori para gamers lawas.

Mereka yang saat ini mungkin sudah beranjak ke kepala tiga atau bahkan empat, tentu mengisi masa kecil dan waktu muda mereka dengan memainkan game ini.

Baik dimainkan sendiri melalui konsol pribadi di rumah, ataupun main perjam bersama kawan-kawan di rental PlayStation (PS), yang manapun bisa membawa keseruan tanpa celah.

Terkadang, dengan hanya bermodalkan 1-2 batang Memory Card semata, hari-hari libur dihabiskan dengan memainkan game ini.

Ya, W.E sangat bisa menghipnotis para pemainnya untuk berdiam menatap layar hingga bahkan berjam-jam lamanya.

Aspek itulah yang akhirnya membuat W.E menjadi begitu legendaris. Saking melegendanya, stereotip gamers tanah air ketika membicarakan mengenai game PlayStation salah satunya tertuju pada tajuk game ini. Padahal di luar sana ada begitu banyak game lainnya, lho!

Lantas, seseru apa sih game ini memangnya? Mengapa bisa menjadi begitu legendaris? Nah, supaya bisa lebih paham, simak yuk paparan kali ini!

Dijamin kamu bakal makin paham mengenai sejarah W.E dan kiprahnya di industri gaming dunia. Silahkan disimak ya!

Baca juga: Cheat Harvest Moon Back To Nature, Saatnya Nostalgia!

Mengenang Winning Eleven

Winning Eleven 2012 Game Penuh Kenangan
Winning Eleven 2012 Game Penuh Kenangan. Sumber: YouTube/KONAMI公式

Buat yang belum kenal game ini, ada baiknya kita kenalan dulu yuk! Seperti yang kita tahu, W.E merupakan game dari Konami dan dirilis tahun 1995.

Game ini adalah salah satu game sepak bola pertama yang dirilis untuk konsol PlayStation.

Winning Eleven awalnya dirilis hanya untuk pasar Jepang saja. Namun seiring debutnya tersebut, ternyata popularitasnya dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Dengan target pasar tersebut, game ini lantas awalnya dinamakan “International Superstar Soccer”.

Dan setelah go internasional-lah lantass namanya diubah menjadi “Winning Eleven”. Popularitas tersebut tumbuh walhasil gameplay realistis dan kontrol yang mudah digunakan. Pemain dapat memilih tim sepak bola favorit mereka dan bermain dalam liga atau turnamen papan atas.

Dengan dinamika olahraga yang kerap berkembang dan berubah tersebut,pembaharuan yang konstan serta berkala amatlah diperlukan. Tak ayal titel ini akhirnya beralih menjadi suatu waralaba yang memiliki begitu banyak lineup.

Meski begitu, perjalanannya dalam mendominasi industri game dunia tidak bisa dikatakan mulus dan tanpa tantangan. Persaingan ketat dari game serupa besutan EA yang bertajuk FIFA, tentu menjadi hambatan tersendiri – terus mencegah game ini memonopoli pangsa game sepak bola.

FIFA yang bisa dikatakan hadir lebih dahulu (rilis pertama pada 1993), mendapat perlawanan yang cukup kuat dari sang “anak baru”. Rivalitas keduanya sudah menjadi sebuah hubungan yang begitu melegenda: mencatatkan lika-liku perkembangan genre olahraga di sejarah gaming umat manusia.

Baca juga: Emulator PS2 Android! Pilihan Terbaik Bernostalgia

Winning Eleven 2012

Grafis Winning Eleven
Grafis Winning Eleven. Sumber; YouTube/KONAMI公式

Dari sekian banyak seri yang dirilis sebagai bagian dari waralaba ini, salah satu yang bisa dibilang sebagai mahakarya-nya adalah Winning Eleven 2012.

Pada titik inilah, Konami selaku developer benar-benar “merakyatkan” game mereka ini dengan merilis ke berbagai platform dan konsol.

Selain itu, berbagai fitur baru juga bisa dirasakan. Salah satunya adalah mode ‘Become a Legend’, di mana players diberikan kesempatan untuk menapaki jejak pemain bintang yang meniti karir dari nol hingga menjadi seorang sports figure ternama.

Ini adalah bentuk yang lebih mendetail ketimbang mode ‘Master League’. Alih-alih per individu, mode ini memberikan kesempatan meniti karir suatu tim sebagai seorang manajer.

Kombinasi Kedua mode ini akan memberikan lebih banyak kesempatan bagi players untuk dapat merasakan simulasi pengalaman nyata industri kulit bundar.

Gameplay Winning Eleven 2012
Gameplay Winning Eleven 2012. Sumber: YouTube/KONAMI公式

Dan bahkan hingga sekarang, masih banyak orang yang memainkan game ini loh! Tentu agar masih terus ter-update, bantuan mod (modifikasi) juga diperlukan.

Namun ini menunjukkan betapa abadinya game yang satu ini di hati para penggemarnya.

Baca juga: Nostalgia Gameshark, Cheat Andalan Para Gamers!

Buat kamu yang ingin memenuhi kebutuhan game, langsung saja ke VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!