Akan Rilis! WhatsApp Menghadirkan Fitur Baru Chatbot AI

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Handphone

Baru-baru ini CEO Meta yaitu Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa akan merilis sebuah Artificial Intelligence (AI) yang akan diterapkan ke sebuah chatbot di WhatsApp. Namun, fitur tersebut masih dalam tahap uji coba pada WhatsApp beta dan akan rilis dalam waktu dekat.

Dilansir dari WABetainfo, fitur chatbot AI akan mulai hadir di WhatsApp beta terbaru untuk Android versi 2.23.24.26 yang akan tersedia di Google Play Store dan hanya pengguna beta tester saja yang mendapatkan update tersebut secara bertahap.

Selain itu untuk pengguna biasa hanya bisa menunggu sampai nanti akan rilis secara resmi.

Baca juga: Cara Mencadangkan Pesan Whatsapp, Riwayat Chat Aman!

Apa itu Chatbot AI WhatsApp?

Chatbot AI
Chatbot AI. Source: Freepik

Menurut WABetainfo chatbot AI merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna WA untuk bercakap-cakap dengan asisten AI Meta melalui ruang obrolan di menu aplikasi WA tanpa harus menyimpan kontak terlebih dahulu.

WhatsApp percaya bahwa fitur tersebut dapat membantu proses secara signifikan mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk membantu pengguna dalam kehidupan sehari-hari seperti merencanakan liburan, menjawab pertanyaan, dan menjelajahi internet dengan bantuan Microsoft Bing hanya dengan memulai percakapan dengan chatbot AI di WA.

Baca juga: Cara Membuat Bio Kosong dengan Mudah di WhatsApp

Kapan Rilis Chatbot AI WhatsApp?

Untuk sampai saat ini masih belum ada informasi resmi kapan rilis fitur chatbot AI untuk WA.

Akan tetapi melihat dengan sudah rilisnya fitur tersebut di WhatsApp versi beta, jadi ada kemungkinkan akan segera rilis secara resmi di WhatsApp versi Android ataupun iOS.

Kita sebagai pengguna hanya dapat menunggu pihak WhatsApp merilis fitur tersebut secara resmi.

Tampilan Chatbot AI WhatsApp

Tampilan Chatbot AI WhatsApp
Tampilan Chatbot AI WhatsApp. Source: WABetaInfo

Jika dilihat dari tampilan di atas, chatbot AI akan memiliki tombol tersendiri di dekat tombol memulai obrolan baru yang berbentuk putih seperti logo Microsoft Cortana.

Dengan tombol ini nantinya pengguna bisa memulai obrolan baru dengan chatbot AI dan alasan kenapa tombol tersebut dibuat dibagian tampilan beranda agar menjadikan proses penggunaan bisa lebih cepat dan bahkan lebih nyaman bagi pengguna yang ingin mengakses fitur tersebut.

Selain itu, WhatsApp versi terbaru akan membawa perubahan pada tampilan tatap muka bagian depan, jika dilihat dari tangkapan layar di atas semua menu akan berpindah pada bagian bawah ruang obrolan seperti menu obrolan, pembaruan, komunitas, dan telepon.

Tampilan tersebut membuat aplikasi WhatsApp terlihat lebih matang dan simpel untuk digunakan oleh para pengguna, akan tetapi dengan adanya perubahan tersebut kita sebagai pengguna harus bisa cepat beradaptasi dengan tampilan baru tersebut.

Baca juga: Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Fitur WhatsApp Update Selanjutnya

Fitur WhatsApp Update Selanjutnya
Fitur WhatsApp Update Selanjutnya. Source: WABetaInfo

Menurut WABetainfo, selain fitur chatbot AI, WA juga akan menghadirkan dua fitur lain yaitu fitur pembuatan stiker dan Photorealistic Image Generation yang bisa memperjelas sebuah gambar tanpa harus kamu edit.

Kedua fitur tersebut nantinya akan dibuat oleh AI dan menampilkan informasi kontak pada menu obrolan, sehingga pengguna bisa melihat informasi kontak tanpa harus melihat foto profil kontak.

WhatsApp nantinya juga akan menghadirkan fitur filter pada pembaruan status dengan bentuk vertikal, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengontrol status kontak tanpa harus membuka terlebih dahulu kontak yang akan dibisukan.

Kegunaan Fitur Chatbot AI WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fitur ini akan sangat berguna untuk membantu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Contoh penggunaan AI untuk pekerjaan yaitu membuat materi konten untuk perusahaan yang kamu kerjakan, membuat analisis marketing, dan membuat desain menggunakan AI.

Sedangkan contoh penggunaan AI untuk aktivitas sehari-hari yaitu merencanakan liburan dengan membuat jadwal menggunakan chatbot AI, membuat stiker WA tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga dan membuat percakapan lucu dengan AI sebagai hiburan.

Baca juga: Cara Mengetahui WA Diblokir, Auto Ketahuan!

Kelebihan Chatbot AI WhatsApp dengan Chatbot AI Lain

Chatbot AI WA terintegrasi langsung dengan perusahaan Meta yang membuat fitur ini dipercaya akan memiliki pengetahuan yang luas dan dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan yang diinginkan pengguna.

Sedangkan chatbot AI lain terbatas akan informasi dan jika ingin AI tersebut menjangkau informasi yang lebih luas harus membayar sesuai ketentuan chatbot AI tersebut.

Chatbot AI WA mudah diakses dan digunakan tanpa harus login terlebih dahulu karena chatbot AI termasuk fitur di aplikasi WhatsApp sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan. Sedangkan chatbot AI lain harus login terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online dan Mengetik

Nah, itulah  pembahasan mengenai aplikasi WhatsApp yang akan merilis sebuah fitur chatbot AI, apakah kamu sudah tidak sabar ingin menggunakan fitur tersebut?

Jika kamu suka artikel seperti ini jangan lupa bagikan ke teman kamu ya!

Kalau kamu ingin membeli produk digital atau membeli item, skin dan top up game dengan harga murah dan proses yang cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace ya


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Elqin Despua

Hanya Penikmat Game Gacha