8 Sekolah Seni Video Game Profesional di Indonesia

Ada banyak sekolah seni video game profesional yang teresedia saat ini termasuk lapangan pekerjaan. Namun kemampuanmu juga penting.
sekolah seni video game profesional

Ada banyak sekolah seni video game profesional yang teresedia saat ini termasuk lapangan pekerjaan.

Namun salah satu syarat untuk bekerja di bidang ini tentunya adalah kemampuan kamu untuk menghasilkan karya berkualitas tinggi yang berdaya saing global.

Banyak pihak yang optimistis industri video game lokal akan terus berkembang dengan cepat karena kreator Indonesia belakangan ini mulai menunjukkan kemampuannya untuk menghasilkan karya visioner yang setara dengan produser global.

Baca juga: 5 Sekolah Video Game Online Terakreditasi

Sekolah Seni Video Game Profesional

sekolah seni video game profesional

Sebenarnya tidak perlu memiliki pendidikan khusus di bidang game jika ingin bekerja di industri game. Game adalah karya jadi yang menggabungkan banyak elemen berbeda, seperti sastra, musik, seni visual, dan pemrograman.

Dengan latar belakang sekolah umum, kamu bisa bekerja sebagai game developer selama kamu memahami bidang tersebut.

Namun, memperoleh pendidikan khusus game juga memiliki banyak manfaat, seperti mengajari kami konsep desain game yang tidak dapat kami pelajari di disiplin ilmu lain.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak kampus atau perguruan tinggi yang menyediakan pengajaran di industri game. Berikut beberapa contohnya.

Baca juga: 4 Sekolah Desain Game di San Diego Paling Bagus

Kampus Sekolah Seni Video Game Profesional

sekolah seni video game profesional

Jurusan game kini ditawarkan di sejumlah universitas dan institusi, terutama di Indonesia. Berikut beberapa perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi negeri, yang menyediakan jurusan game yang bisa dijadikan referensi saat mencari kampus.

Kampus Binus

Sejak tahun 2011, Binus telah membuat program S1 Aplikasi dan Teknologi Gaming khusus untuk kamu yang mencari jurusan game di Jakarta.

Bidang studi utama departemen adalah permainan, termasuk seni, desain, dan pemrogramannya.

Tersedia berabagi jurusan di kampus ini. Selain itu juga telah melahirkan berbagai orang dengan pekerjaan sebagai insinyur game, pengembang game, artis game, desainer game, direktur game, penyedia konten game, pengusaha, konsultan game, dan posisi lainnya

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Kamu mungkin telah memilih jurusan yang berbeda untuk program S1.

Tetapi kamu dapat mendaftar di jurusan Magister Teknologi Game ITS jika kamu ingin berkonsentrasi pada game untuk tingkat sekolahmu selanjutnya.

Jika kamu  ingin belajar esport di Indonesia, kurikulum yang menggabungkan desain grafis dan teknik komputer ini cocok untuk kamu.

Institut Teknologi Bandung

Di Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan game juga tersedia di jenjang S2.

Banyak developer game terkenal telah keluar dari Departemen Media dan Game Digital Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Kamu dapat memanfaatkan pilihan ini.

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara (UMN), yang mengkhususkan diri pada multimedia, tentu saja akan melayani minat khusus pada game.

Mahasiswa akan dipersiapkan untuk merancang permainan, mulai dari jalan cerita hingga suara, saat memulai program studi DKV.

Universitas Negeri Malang (UNM)

UNM juga menawarkan jurusan teknologi game. Selain membuat game, tujuan departemen ini juga mendorong kerja sama tim, menumbuhkan semangat kewirausahaan, dan melayani sebagai inkubator untuk lembaga pendidikan, bisnis berbasis lab, dan pembuatan game.

Kamu bisa melanjutkan S1 Jurusan DKV meskipun prodi ini setingkat Diploma, tidak seperti kampus sebelumnya.

Universitas Surabaya (UBAYA)

Program Studi Multimedia Informatika di Ubaya menawarkan program studi khusus game.

Gelar sarjana ini akan mendidik kamu cara membuat game secara teknis dan kreatif, sama seperti banyak jurusan game lainnya.

Karena kamu diberikan keahlian mulai dari audio hingga keamanan jaringan, yang sangat krusial dalam sebuah aplikasi, kamu juga bisa menjadi spesialis multimedia holistik.

S1 ​​Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Karena Teknik Informatika memiliki banyak minat, termasuk game, maka sekolah tersebut membuka jurusan yang cocok untuk para gamers.

Kamu akan mempelajari teknologi informatika secara umum di jurusan ini sebelum mencari pengetahuan untuk masalah game dan multimedia.

Universitas Ciputra Surabaya (UC)

Untuk jurusan game and mobile app development, Fakultas Teknik Informatika Universitas Ciputra Surabaya kini menawarkan spesialisasi.

Dengan program pendidikan pengembang dari iOS dan Android, kamu juga dapat mempelajari keterampilan membuat game untuk aplikasi.

Baca juga: Jangan Ketinggalan! Ada Diskon Game Gratis di Epic Games!

Dari pilihan kampus dan jurusan sekolah seni video game profesioanl di atas, mana yang paling kamu minati dan ingin dicoba?


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!