5 Tim E-Sport ML Terbaik di Dunia

ONIC dan EVOS masuk dalam daftar 5 tim e-sport ML terbaik di dunia karena prestasi yang telah mereka torehkan.
Tim E-Sport ML Terbaik di Dunia
Tim E-Sport ML Terbaik di Dunia. Sumber: VCGamers

Jika membahas mengenai tim e-sport ML terbaik di dunia, pasti dong Indonesia juga ikut menyumbang. Pasalnya, untuk urusan Mobile Legends, negara kita mah enggak kaleng-kaleng.

Yap, di kancah internasional, atlet e-sport ML tanah air bisa terbilang salah satu yang terkuat. Bahkan bisa dibilang, yang layak menjadi “lawan sepadan” hanyalah Filipina saja.

Bukan tanpa sebab, tapi karena tim dari Indonesia dan Filipina mendominasi hampir setiap kejuaraan dunia Mobile Legends atau M World Championship.

Baca juga: MSC 2024: Piala Dunia Esports Mobile Legends di Riyadh

5 Tim e-sport ML Terkuat di Dunia

Disclaimer dulu nih, karena istilah ‘terkuat’ sendiri sifatnya subjektif dan bisa dimaknai berbeda-beda oleh masing-masing orang, maka standar yang digunakan VCGamers adalah kejuaraan dunia M-World dan MSC saja.

So, tim-tim yang ditampilkan di sini adalah mereka yang memiliki gelar jawara-jawara dunia saja. Berikut adalah pembahasannya:

5. ONIC E-Sport (Indonesia)

tim e-sport ML terbaik di dunia ONIC Jawara MSC dan Runner Up M5
ONIC Jawara MSC dan Runner Up M5. Sumber: Official Site

Di mulai dari yang paling buncit, ada tim landak kuning Indonesia yakni ONIC E-sport. ONIC menjadi tim terkuat paling buncit di daftar ini mempertimbangkan bahwa mereka belum pernah mengantongi gelar M-World.

Tentu prestasi tertinggi adalah ketika suatu tim berhasil menjadi jawara dunia. Dan seperti yang kita tahu, kompetisi M-World sendiri baru berjalan selama 5 kali, dan baru ada 5 tim yang pernah menjadi juaranya.

4. EVOS Legends (Indonesia)

tim e-sport ML terbaik di dunia EVOS Jawara M1
EVOS Jawara M1. Sumber: Official Site

Di posisi keempat ada EVOS Legends sebagai tim yang paling pertama menjuarai kompetisi (M1 Championship). EVOS cocok berada di posisi keempat melihat tim ini sendiri mengalami penurunan performa.

Yap, EVOS Legends berganti nama menjadi EVOS Glory, dan semenjak keikutsertaannya di M1, mereka tidak pernah lagi berlaga di kontes M-World. Ya kita doakan saja agar EVOS bisa ikut serta di perhelatan M6 mendatang.

3. ECHO (Filipina)

ECHO Jawara M4
ECHO Jawara M4. Sumber: Official Site

Untuk entry selanjutnya tersebutlah tim pertama yang berasal dari luar negeri pada daftar ini: ECHO! Yap, tim yang memiliki logo lumba-lumba dan merupakan jawara M4 ini cocok berada di posisi ketiga.

Sebenarnya, prestasi dan performa ECHO di berbagai season terakhir sendiri 11-12 dengan EVOS. Memang agak sulit menentukan mana yang lebih layak menempati posisi ini.

Namun posisi seperti ini dianggap tepat melihat ECHO tidak pernah melakukan rebranding dan sampai saat ini masih menggunakan nama yang sama. Jadi hitungannya masih tim yang sama ya.

2. Blacklist International (Filipina)

BLCK Jawara M3
BLCK Jawara M3. Sumber: Official Site

Dan untuk posisi ini, yakin pasti banyak yang setuju bahwa Blacklist International layak untuk menempatinya. Tim yang pertama kali mempopulerkan meta roamer support ini memiliki segudang prestasi bergengsi.

Selain mampu menjadi jawara M3, mereka juga pernah menjadi runner-up pada M4. Ini sebelum akhirnya kalah dengan perwakilan sesama negaranya tersebut.

Tak hanya itu, meski mereka belum pernah memenangkan MSC, namun sudah dua kali gelar runner-up perhalatan tsb. (2021 dan 2023) mereka bawa pulang. Layak lah berada di posisi dua daftar ini!

1. Bren E-Sport (Filipina)

BREN Jawara M2 dan M5
BREN Jawara M2 dan M5. Sumber: Official Site

Dan di posisi terkuat untuk saat ini ada Bren E-Sport selaku satu-satunya tim di dunia yang pernah dua kali membawa pulang gelar jawara M-World.

Yap, M2 dan M5 World Championship menjadi momentum bagi tim ini dalam menampilkan performa terbaik mereka.

Sebenarnya tim ini sendiri sudah berkali-kali berganti nama. Mulai dari BREN E-sport (saat menjuarai M2), lalu menjadi AP.Bren (M5), dan saat ini menjadi Falcons AP.Bren.

Nah, apakah tim ini nantinya juga akan berhasil menjawarai MSC 2024 mendatang dan hadir sebagai satu-satunya tim yang memiliki gelar MSC dan M-World? Mari kita tunggu saja kiprahnya di akhir bulan Juni mendatang!

Baca juga: Skin Wanwan M World, Keren dan Nyentrik!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai 5 tim e-sport ML terbaik di dunia.

Buat kamu yang mau top up diamond Mobile Legends murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!