5 Game RTS Terbaik 2023, Seru Banget!

rts (1)

Banyak developer game yang membuat game dengan berbagai genre. Salah satunya adalah game Real-Time Strategy atau RTS.

Game RTS merupakan sebuah game yang bergenre strategi yang diiringi dengan pertempuran dan peperangan untuk melawan para musuh di game tersebut.

Biasanya game ini diadaptasi dari game pertempuran fiksi jaman dulu dan jaman modern saat ini.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa game RTS ini selalu menjadi minat oleh para pemain hampir di seluruh dunia.

Salah satu alasannya tak pernah sepi dari para pemain adalah game bergenre ini selalu menghadirkan gameplay yang cukup seru dengan storyline yang tidak monoton banget sehingga para penggemar tak bosan saat bermain.

Nah, dari sekian banyaknya game dari genre satu ini. Pada artikel kali ini, akan merekomendasikan game RTS terbaik untuk PC di tahun 2023 ini. Namun, sebelum itu kamu harus mengetahui dulu definisi dari game genre ini, ya!

Baca juga: Rekomendasi Game Perang Terbaik Untuk PC, Seru Abis!

Apa itu Real-Time Strategy (RTS) Games?

rts (2)
Game Real-Time Strategy (Source: ROG Community)

Melansir dari IDNtimes, game RTS ini merupakan sebuah genre atau jenis game yang memberikan pengalaman bermain kepada pemain untuk membangun dan mempertahankan kekuatan didalam sebuah kerajaan, markas serta pasukan masif.

Tentunya, sebagai pemain perlu banget untuk bisa mengatur dan mengontrol strategi untuk melakukan penyerangan dan mempertahankan benteng pertahanan dari musuh di waktu yang sama.

Selain itu juga dalam bermain game RTS ini, para pemain harus bisa menggunakan waktu dan akurasi sebaik mungkin.

Jika kamu tepat dan bisa merencanakan strategy dengan baik, kemungkinan besar kamu akan memperoleh kemenangan.

Maka dari itu, dengan bermain game yang bergenre RTS ini harus pintar-pintarnya mengatur strategi secara individu maupun secara tim.

Baca juga: Game Seperti CoC untuk PC, Simak 5 Rekomendasinya!

Rekomendasi Games RTS Terbaik 2023

Bagi kamu yang masih bingung game RTS mana yang harus kamu mainkan di tahun ini. Nah, berikut ini kami mempunyai rekomendasi game yang bergenre satu ini yang terbaik untuk PC di tahun 2023. Kira-kira apa saja game-nya?

Company of Heroes

rts (4)
Company of Heroes (Source: Steam)

Salah satu game RTS terbaik di tahun 2023 ini adalah Company of Heroes. Game ini dikembangkan oleh Relic Entertainment dan dirilis oleh SEGA pada 11 September 2006 silam.

Company of Heroes memeberikan pengalaman bermain kepada para pemainnya untuk bermain game Perang Dunia II.

Di sini kamu akan menghidupkan kembali pengorbanan dari tentara heroik dari peperangan yang terjadi secara dinamis dan kamu juga akan memimpin pasukan tentara sekutu berperang melawan mesin perang Jerman.

Tentu saja, kamu tetap bisa merasakan pengalaman bermain didalam Perang Dunia II walaupun bermain secara single-player.

Visual grafis yang sangat keren mampu membuat game ini terasa lebih nyata dan benar-benar memberikan pengalaman bermain yang cukup menakjubkan didunia Perang Dunia II.

Selain itu juga, bagi kamu yang tak ingin bermain secara single-player. Kamu juga masih bisa bermain secara muliplayer dari 2 – 8 orang pemain supaya lebih seru lagi.

Empire: Total War (Definitive Edition)

rts (5)
Empire: Total War (Definitive Edition) (Source: Steam)

Game yang bergenre RTS yang kedua adalah Empire: Total War. Game yang dikembangkan oleh Creative Assembly dan Feral Interactive, serta diterbitkan oleh developer terhits yaitu SEGA dan Feral Interactive pada 4 Maret 2009 silam.

Game Empire: Total War Definitive Edition ini meliputi DLC dan fitur-fitur yang telah diupdate pada game ini sejak perilisan.

Pada game ini akan membawamu kembali menuju abad ke-18 dimana masa pergolakan politik memanas saat itu dan kemajuan kemiliteran yang sangat efektif.

Empire: Total War(Definitive Edition) ini telah menghadirkan beberapa fitur terbarunya seperti pertempuran yang terjadi didalam laut dalam 3D.

Tentunya, disini akan memberikan pengalaman bertempur yang sangat seru karena kamu dituntut untuk melawan musuhmu dengan bantuan senjata meriam dan kamu juga dapat mengontrol pasukanmu untuk melawan musuhmu.

Real-Time Strategy (RTS) dalam game ini akan mendukungmu dalam melewati rintangan yang hadir di game ini, termasuk bagaimana kamu bisa menguasai strategi dalam perang.

Stronghold Crusader

rts (6)
Stronghold Crusader (Source: Firefly Studios)

Game RTS ketiga yang terbaik di tahun 20023 adalah Stronghold Crusader. Game ini dikembangkan oleh Firefly Studios dan dirilis oleh Take 2 Intercative dan God Games pada 25 September 2002 silam.

Pada game ini bertemakan Perang Salib yang terjadi di kawasan Timur Tengah dan menghadirkan unit Arab dan bangunan-bangunan yang sangat baru.

Stronghold Crusader memiliki 4 mode game yang terdiri dari 50 misi yang dimana setiap tingkatan misinya akan semakin sulit.

Di sini akan membawa para pemain untuk berpetualang dalam sejarah Perang Salib, tentunya juga pemain bisa membangun kastil sendiri serta kerajaannya pada map yang disediakan.

Uniknya, bisa membuat skenario buatan, dimana kamu bisa membuat game sendiri untuk melawan kerajaan lainnya, menentukan musuh dan mode game serta kamu juga bisa memilih peta.

Command and Conquer: Generals – Zero Hour

Command and Conquer: General Zero Hour
Command and Conquer: General Zero Hour (Source: Windows Report)

Game RTS yang terbaik keempat adalah Command and Conquer: General Zero Hour. Nah, game ini dikembangkan oleh EA Los Angeles dan Aspyr Media serta diterbitkan oleh EA Games dan Macsoft pada 22 September 2002 silam.

Tentunya pada game ini akan membawa pemain pada sebuah mode game terbaru dengan skill baru juga yang disebut Generals’ Challenge.

Nah pada Generals’ Challenge ini, para pemain akan bermain sebagai satu dari sembilan jenderal untuk bertempur dengan jenderal lainnya untuk bisa melawan “Boss” yaitu General Leang.

Di sini juga para pemain bisa menggunakan mode bermain melalui GameSpy untuk Windows serta GameRanger untuk Mac.

Namun, para pemain juga bisa memilih opsi seperti Quick Match untuk melawan pemain lainnya untuk game 1 vs 1.

Ternyata pada game ini juga bisa custom game yang dimana para pemain bisa membuat dan membentuk game mereka sendiri dengan setting yang diinginkan sesuai keinginan nantinya bisa dimainkan dengan pemain lain juga. Seru banget, kan?

Age of Empires III (Definitive Edition)

Age of Empires III Definitive Edition
Age of Empires III Definitive Edition (Source: Steam)

Game kelima terbaik untuk genre Real-Time Strategy (RTS) yaitu Age of Empires III (Definitive Edition). Game ini dikembangkan oleh World’s Edge, Tantalus Media dan Forgotten Empires dan diterbitkan oleh XBox Games Studios pada 15 Oktober 2020 lalu.

Age of Empires III Definitive Edition memberikan pengalaman bermain Real-Time Strategy (RTS) secara singleplayer dan multiplayer.

Para pemain juga bisa menikmati peradaban, pertempuran sejarah co-op serta disajikan oleh grafis 4K Ultra HD yang memberikan keindahan game secara nyata.

Baca juga: Cara Membuat Game Android di HP Anti Repot, Beserta Tipsnya!

Nah, itulah kelima rekomendasi game RTS terbaik untuk PC di tahun 2023. Walaupun game ini dirilis beberapa tahun silam, namun masih sangat worth banget untuk dimainkan lho! Jadi kamu lebih tertarik main yang mana, nih?

Jangan lupa untuk Top Up Steam Wallet murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]