7 Game Tentara Terbaik dengan Konsep Abad Pertengahan

Game tentara abad pertengahan

Game tentara abad pertengahan tidak kalah seru dengan game pertempuran yang mengangkat tema modern dengan segala senjata canggihnya.

Latar abad pertengahan sebenarnya sangat cocok digunakan untuk berbagai game dengan elemen strategi. Dimana mekanisme didalamnya lebih kompleks dengan memuat berbagai elemen yang menarik.

Untuk kamu yang suka game perang, berikut adalah rekomendasi game tentara terbaik dengan latar abad pertengahan yang wajib kamu mainkan!

Baca juga: Going Medieval: Game Simulasi Pembangunan Abad Pertengahan

7 Game Tentara Terbaik dengan Konsep Abad Pertengahan

Membangun kerajaan sambil mengendalikan berbagai unit tentara untuk berperang dan mengambil alih kekuasaan lawan memang selalu terdengar seru.

Tidak kalah seru dengan game perang modern, game dengan latar abad pertengahan juga memiliki daya tariknya tersendiri. Tertarik bermain? Yuk coba game dibawah ini!

Stronghold Crusader 2

Game tentara abad pertengahan - Stronghold Crusader 2
Stronghold Crusader 2. Source: Steam

Game ini adalah sekuel dari game original simulasi kerajaan Stronghold Crusader yang telah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar.

Dibuat dengan teknologi Havok Physics, Stronghold Crusader 2 menampilkan visual 3D dengan efek kastil yang realistis.

Stronghold Crusader 2 berlatar di Timur Tengah pada tahun 1189. Kamu dapat memerintah lebih dari 25 unit pasukan seperti pemanah berkuda dan penombak.

Untuk kamu yang ingin bermain bersama dengan temanmu, game ini juga menyediakan fitur multiplayer dengan maksimal 4 pemain melawan AI.

Age of Empires IV: Anniversary Edition

Game tentara abad pertengahan - Age of Empires IV
Age of Empires IV: Anniversary Edition. Source: Steam

Age of Empires IV: Anniversary Edition adalah game RTS yang dikembangkan oleh Relic Games dan dirilis oleh Xbox Game Studios.

Game ini mengambil latar awal abad pertengahan hingga masa awal Renaissance dengan peradaban pertama kali muncul di tahu 750.

Unit tentara dalam Age of Empires IV: Anniversary Edition dibagi menjadi dua, yaitu mereka yang berada di darat dan di laut.

Dengan menggabungkan elemen city builder didalamnya, kamu harus menguasai strategi penyerangan dan memperkuat pertahanan untuk mengalahkan lawan dengan cepat.

Black Desert

Game tentara abad pertengahan - Black Desert
Black Desert. Source: Steam

Jika kamu mencari game tentara abad pertengahan dengan elemen crafting yang kuat, maka Black Desert mungkin adalah pilihan yang cocok untukmu.

Game yang baru saja dirilis tahun 2023 ini menawarkan game MMORPG open world dengan visual memukau dan detail yang dibuat dengan game engine Pearl Abyss.

Black Desert memberikan kebebasan kustom karakter yang sangat luas, mulai dari postur tubuh hingga tekstur kulit semuanya dibuat realistis dan beragam.

Tidak hanya terlibat dalam pertempuran untuk menguasai kastil milik lawan, disini kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas menarik seperti memancing, memasak, hingga berkuda.

Mount & Blade II: Bannerlord

Game tentara abad pertengahan - Mount and Blade 2 Bannerlord
Mount and Blade 2: Bannerlord. Source: Steam

Rekomendasi game yang selanjutnya adalah Mount & Blade II: Bannerlord. Game ini berlatar 210 tahun sebelum game pendahulunya dan terinspirasi dari periode migrasi dunia.

Dalam game ini kamu akan membangun kelompok tentaramu sendiri untuk melakukan banyak quest di Campaign Map sambil terjun di medan perang.

Tidak hanya memerintah pasukan, kamu juga akan secara langsung terlibat didalamnya dalam sudut pandang orang pertama dan ketiga secara realtime.

Bannerlord juga menyediakan fitur multiplayer PvP yang memungkinkan kamu untuk bermain dalam mode ranked dan kasual dengan pemain dari seluruh dunia.

Crusader Kings III

Game tentara abad pertengahan - Crusader Kings 3
Crusader Kings III. Source: Steam

Sama seperti game pendahulunya, Crusader Kings III adalah game strategi dan simulasi kerajaan yang berlatar di abad pertengahan.

Disini kamu bisa memilih memainkan karakter dari tahun 867 dan 1066. Uniknya, saat karaktermu mati, kamu masih bisa melanjutkan permainan dengan bermain sebagai pewaris mereka.

Gameplay utama dalam Crusader Kings 3 adalah membangun sebuah dinasti selama beberapa abad yang akan berakhir pada tahun 1453.

Disini kamu dapat meraih tujuan dalam game dengan melakukan diplomasi, peperangan, dan saling mengkhianati satu sama lain. 

Going Medieval

Game tentara abad pertengahan - Going Medieval
Going Medieval. Source: Steam

Going Medieval adalah game perang dengan elemen city builder dimana pemain akan mulai membangun kolonimu dimulai dari sebuah perumahan kayu hingga menjadi kastil batu kolosal.

Selama bermain, kamu akan beberapa kali diganggu oleh serangan dari luar. Oleh karena itu, kamu perlu melindungi penduduk desa dengan menciptakan lingkungan yang aman untuk mereka.

Bangunlah berbagai jebakan dan peralatan perang untuk menghalau ancaman dari luar. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan koloni agar mood mereka tetap baik.

Kingdom Come: Deliverance

Game tentara abad pertengahan - Kingdom Come Deliverance
Kingdom Come: Deliverance. Source: Steam

Rekomendasi game yang terakhir adalah Kingdom Come: Deliverance. Game ini mengambil latar sebuah perang yang terjadi di Bohemia pada tahun 1403 di masa pemerintahan King Wenceslaus IV.

Kamu bisa bermain sebagai salah satu atau gabungan dari role Warrior, Bard, dan Thief dengan berbagai penyesuaian skill yang unik.

Peningkatan kemampuan dan statistik tumbuh berdasarkan apa yang pemain pilih dari cabang dialog yang ada. Percakapan dalam game juga dapat mempengaruhi hubunganmu dengan karakter lainnya.

Ada banyak senjata yang bisa kamu gunakan dalam game ini, baik jarak dekat maupun jarak jauh seperti pedang dan panah.

Kamu bisa mendapatkan game ini di Steam. Segera top up saldo Steam Wallet kamu di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!